Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nyeri Sariawan? Coba Obat Alami Berikut Ini

KOMPAS.com - Akan selalu ada masa ketika seseorang mengalami sariawan. Mau tidak mau, penyakit yang satu ini memang kerap datang tak diundang.

Untungnya, obat sariawan alami mudah ditemukan dan bisa dibuat dari bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Terutama bagi orang yang sensitif, biasanya sariawan lebih mudah muncul karena berbagai pemicu. Misalnya ketika orang lain biasa-biasa saja saat mengonsumsi jus jeruk, mereka yang sensitif bisa mengalami sariawan karena zat asam dari jus itu bisa “merusak” jaringan di dalam mulut.

Beberapa opsi obat sariawan alami di bawah ini bahan-bahannya mudah ditemukan di rumah dan bahkan bisa kita buat sendiri.

Tapi jangan asal pakai, kamu tetap harus memperhitungkan kondisi diri dan mencari tahu apa kandungan dari obat sariawan alami yang bisa menyembuhkan.

Berikut ini obat sariawan alami yang layak dicoba:

1. Soda kue

Salah satu obat sariawan alami yang paling populer adalah soda kue. Bubuk dalam soda kue mengandung alkaline yang dapat menetralisir kondisi asam, pemicu iritasi pada sariawan.

Tak hanya itu, soda kue juga membantu membunuh bakteri sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. Caranya pun mudah, kamu cukup berkumur dengan 1 sendok teh soda kue yang dimasukkan ke ½ gelas air hangat.

2. Lidah buaya

Tak hanya berkhasiat untuk rambut, rupanya lidah buaya bisa jadi obat sariawan alami. Lidah buaya dapat mempercepat proses penyembuhan dan membuat kamu tidak terlalu merasakan nyeri akibat sariawan.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan mengeringkan area yang terkena sariawan. Kemudian, tempelkan gel lidah buaya dengan sendok bersih ke titik sariawan. Metode ini bisa diulang hingga beberapa kali.

3. Kantong teh

Adakah teh di rumah? Kamu bisa menjadikannya sebagai obat sariawan alami berikutnya. Kamu hanya perlu menempelkan kantong teh yang lembab ke sariawan selama sekitar 5 menit.

Setelah itu, nyeri sariawan akan sedikit reda. Cara ini bisa diulang beberapa kali asal tetap memperhitungkan kebersihan kantong teh yang digunakan.

4. Kumur air garam

Kabar baiknya, berkumur air garam ternyata bukan hanya obat sakit gigi alami saja. Kamu juga bisa mengaplikasikan cara yang sama sebagai obat sariawan. Cukup berkumur dengan garam yang telah dicampur dengan air hangat selama 30 detik.

Air garam ini ternyata serupa dengan saline, salah satu cairan alami tubuh yang menciptakan rasa nyaman seakan “melapisi” sariawan. Jika ingin hasil yang lebih cepat, tak ada salahnya menambahkan kadar garam dalam air kumur.

Semakin tinggi kandungan sodium klorida, akan semakin banyak air yang tertarik dari jaringan sekitarnya. Ada metode osmosis atau perpindahan cairan dari konsentrasi tinggi ke yang lebih rendah. Cara ini membuat luka terbuka pada sariawan lebih cepat sembuh.

5. Teh akar manis

Istilah lain dari akar manis adalah licorice. Bahan ini kerap menjadi kandungan utama teh yang bisa meredakan sariawan. Caranya dengan merebus satu kantong teh akar manis di air mendidih dan tunggu selama 10 menit.

Kemudian, minum rebusan teh akar manis ini. Tapi ingat, cara ini mungkin tidak terlalu bersahabat bagi yang memiliki tekanan darah tinggi. Kandungan akar manis bisa memancing meningkatnya tekanan darah atau menurunkan level potasium.

Selain beberapa obat sariawan alami di atas, sebaiknya kamu juga memilah lebih ketat lagi apa yang dikonsumsi.

Pilih makanan dengan pH yang basa (8-14) atau netral (7). Makanan dengan pH 3-7 cenderung asam dan sebaiknya dihindari untuk sementara.

Mudahnya, makanan yang mengadung pH asam adalah yang telah diproses atau bahkan berbentuk kemasan. Makanan-makanan ini telah ditambahkan kadar keasamannya untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan lebih awet.

Selain makanan dalam kemasan, sebaiknya untuk sementara hindari jus buah dalam kemasan, selai, dan buah-buahan yang cenderung asam. Jangan pula mempertemukan sariawan dengan minuman soda yang mengandung kadar asam tinggi.

Di sisi lain, penderita sariawan sebaiknya mengonsumsi makanan dengan kadar asam rendah seperti roti gandum, cereal, dan biji-bijian. Buah-buahan yang aman dikonsumsi seperti melon dan pisang.

Tidak ada salahnya pula mencatat adakah makanan atau minuman tertentu yang memicu munculnya sariawan. Setiap orang pasti berbeda. Mencatat ini bisa membantu mendeteksi mana makanan atau minuman yang bisa jadi “kawan” atau “lawan”.

Ciri-ciri sariawan

Rasa nyeri biasanya jadi sinyal utama ketika seseorang merasa ada yang tidak beres di dalam mulut mereka.

Ketika berkaca, sariawan akan terlihat seperti bintik putih atau kuning dengan bentuk oval. Tak hanya terasa nyeri ketika tersentuh atau bergesekan dengan gigi, area di sekitar sariawan juga kerap berwarna kemerahan.

Sariawan memang tidak menular. Idealnya, sariawan bisa reda dengan sendirinya dalam waktu 1-3 minggu meski tanpa diobati. Rasa sakitnya pun hanya terasa selama 7-10 hari saja.

Meski demikian, apakah semua orang bisa menunggu selama itu? Belum lagi jika pekerjaan atau aktivitas sehari-hari mengharuskan untuk banyak berbicara yang pastinya terganggu apabila ada sariawan.

Bila obat sariawan alami di atas kurang ampuh dan sariawan terus mengganggu ditambah dengan gejala lain yang menyertai, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mengecek adanya kemungkinan penyakit lain.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/15/140635120/nyeri-sariawan-coba-obat-alami-berikut-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke