Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Mal dalam Jaringan Lippo Malls Dibuka Kembali

Jaringan mal yang dikelola oleh Lippo Malls di DKI Jakarta pun mulai beroperasi sejak Senin (15/01/2020), dengan jam buka mulai pukul 12.00-20.00 WIB.

Jaringan mal tersebut adalah, Cibubur Junction, Gajah Mada Plaza, Lippo Mall Kemang, Lippo Mall Puri, Lippo Plaza Kramat Jati, Plaza Semanggi, Pluit Village, dan Tamini Square.

Kendati demikian, sejumlah tenant seperti bioskop, tempat bermain anak, pusat kebugaran, spa and reflexology, bar/lounge, klinik kecantikan, salon and barbershop, dan waxing masih belum beroperasi, dan menunggu keputusan lanjutan.

Terkait dengan pembukaan tersebut, manajemen Lippo Malls menyiapkan prosedur kebersihan dan keamanan pengunjung serta karyawan.

Seluruhnya mengacu pada protokol kesehatan untuk mendukung kebijakan pemerintah di masa transisi.

Di samping membatasi kapasitas pengunjung menjadi 50 persen, prosedur kebersihan dan keamanan yang disiapkan Lippo Malls antara lain:

1. Pemeriksaan suhu tubuh dengan thermal gun dan scanner sebelum memasuki area mal dengan batas maksimal adalah 37,5 derajat Celcius.

Jika suhu tubuh berada pada batas atau melebihi batas maksimal, maka ditetapkan larangan masuk area mal.

2. Mewajibkan penggunaan masker selama berada di area mal.

3. Menyediakan hand sanitizer tanpa kontak tangan di beberapa titik untuk memberi kemudahan menjaga kebersihan tangan.

Tempat tersebut tersedia di pintu masuk mal, area customer service, ATM Center, vending machine, lift, dan beberapa area strategis lainnya.

Tak lupa, manajemen pun mengingatkan pengunjung menggunakan hand sanitizer setidaknya setiap satu jam sekali.

4. Menerapkan prosedur jaga jarak (physical distancing) dengan jarak minimal 1,5 meter, khususnya di area pintu masuk, saat berbelanja, dan menunggu antrean di kasir.

Demikian pula saat antrean di customer service, food court, dan pada saat menggunakan lift atau eskalator.

5. Melengkapi fasilitas lift tanpa kontak tangan/touchless dengan sensor sentuh ataupun menggunakan pedal kaki.

Selanjutnya, Lippo Malls juga mendisinfeksi beberapa fasilitas publik seperti toilet, lift, eskalator, mushola, dan area publik lainnya sesering mungkin pada jam operasional mal.

Hal serupa diulangi pada saat penutupan mal dan sebelum mal buka.

Menurut Nidia Ichsan, Corporate PR dan Reputation Management Lippo Malls Indonesia, Lippo Malls telah melakukan persiapan detail pada setiap mal yang dikelola saat akan kembali beroperasi.

"Mulai dari proses pembersihan secara berkala untuk menjaga area mal selalu higienis, Lippo Malls juga menyiapkan prosedur kesehatan sesuai aturan pemerintah bagi pengunjung, karyawan mal atau karyawan tenant," kata Nidia.

"Di masa pandemi ini, kesehatan menjadi prioritas utama Lippo Malls, dan juga sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial kami untuk mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19."

Ia pun berharap, pengunjung mal nantinya dapat melakukan aktivitas di dalam mal tanpa mengabaikan prosedur, tetap disiplin, dan bertanggung jawab.

"Kami juga akan melakukan pengawasan secara ketat agar pengunjung menjalankan tahapan prosedur dengan baik, mulai pengecekan suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan, dan tetap menjaga jarak sesuai aturan," ujar dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/15/151601220/8-mal-dalam-jaringan-lippo-malls-dibuka-kembali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke