Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui 4 Manfaat Nanas untuk Kesehatan

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang lebih sadar untuk menjaga kesehatan. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi dan vitamin.

Jika kamu menerapkan pola makan sehat, sayur dan buah tentu masuk dalam daftar menu makanan sehari-hari. Di musim panas ini, kamu bisa mempertimbangkan untuk lebih sering mengonsumsi buah nanas.

Bukan hanya enak, segar, dan murah, nanas diketahui memiliki empat manfaat baik untuk kesehatan:

1. Melancarkan Pencernaan

Ini karena nanas mengandung banyak bromelain, yaitu sekelompok enzim yang membantu memecah protein dalam saluran pencernaan kita, yang membuatnya lebih mudah diserap dan karenanya membantu pencernaan kita.

Selain itu, bromelain juga dapat membantu mengganggu perut, peradangan dan bahkan pembengkakan hidung.

2. Melawan Penyakit

Karena nanas sarat dengan antioksidan seperti flavonoid, mengonsumsinya juga dapat membantu mengurangi risiko pengembangan berbagai jenis penyakit, bahkan sesuatu yang fatal seperti kanker.

Bromelain juga berperan dalam peran ini dan penelitian menunjukkan bahwa kanker di kulit, sistem lambung, dan usus kita terhenti.

3. Meningkatkan Imunitas

Tahukah kamu bahwa satu cangkir nanas memeenuhi kebutuhan vitamin C harian? Bersama dengan bromelain, vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan, sambil menekan segala peradangan dalam proses tersebut.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi mereka yang ingin mengurangi beberapa kilo, nanas mungkin bisa membantu. Ini karena meski rasanya manis, nanas rendah kalori, membuatnya menjadi alternatif yang bagus untuk memenuhi keinginan makan manis.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/15/235139820/ketahui-4-manfaat-nanas-untuk-kesehatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke