Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Manfaat Meditasi bagi Kesehatan

KOMPAS.com - Meditasi adalah proses melatih pikiran agar kita dapat mengendalikan dan membuatnya menjadi lebih fokus.

Meditasi juga dianggap mampu membantu seseorang menghilangkan stres dan memberikan kedamaian pada hati serta pikiran.

Beberapa bentuk meditasi dipercaya dapat meningkatkan citra diri sekaligus membuat hidup pelakunya menjadi lebih positif.

Sebuah studi yang melibatkan 18 sukarelawan mengungkapkan bahwa melakukan meditasi secara rutin dapat menurunkan depresi jangka panjang.

Manfaat meditasi bagi kesehatan

Di samping beberapa manfaat di atas, meditasi juga dipercaya dapat memberikan keuntungan pada kesehatan seseorang yang rajin melakukan kegiatan ini, baik secara fisik maupun mental. Berikut adalah manfaat meditasi yang bisa kita dapatkan.

1. Menjaga kesehatan emosi

Manfaat meditasi yang pertama adalah menjaga kesehatan emosi. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang disinggung sebelumnya, yakni melakukan meditasi secara rutin dapat menurunkan depresi jangka panjang.

Selain itu, meditasi juga dapat menciptakan pandangan hidup yang lebih positif, optimis, dan meningkatkan citra diri yang baik.

Hal ini terjadi karena pada saat seseorang melakukan meditasi, zat kimia sitokin dalam tubuh berkurang. Sitokin sendiri merupakan zat kimia peradangan yang dilepaskan oleh tubuh sebagai respons terhadap stres.

2. Menjaga kesehatan tubuh dan membantu menyembuhkan penyakit

Selain menjaga kesehatan emosi, meditasi juga dipercaya dapat membantu seseorang dalam proses penyembuhan penyakit, terutama penyakit yang dapat semakin buruk kondisinya jika dalam kondisi stres.

Beberapa penyakit yang bisa mendapatkan manfaat dari meditasi, di antaranya kanker, asma, gangguan kecemasan, depresi, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, gangguan tidur, sakit kepala tegang, dan sindrom iritasi usus.

Meski begitu, perlu diingat bahwa penggunaan meditasi sebagai penyembuhan penyakit bukanlah sebagai pengganti pengobatan. Metode ini hanya digunakan sebagai tambahan perawatan. Jangan lupa juga untuk mengonsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter.

3. Membantu meredakan stres

Meditasi dapat membantu meradakan stres dengan mengembalikan tubuh ke dalam kondisi yang tenang sehingga tubuh dapat memperbaiki dirinya sendiri dan mencegah kerusakan baru dari efek stres.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa seseorang yang melakukan meditasi secara teratur dapat mengalami perubahan respons terhadap stres sehingga bisa lebih mudah meredakan dan mencegah stres.

Bahkan, meditasi dapat membantu kita untuk mengarahkan diri dan pikiran saat mulai dihadapi oleh pikiran negatif sehingga membantu diri untuk tetap positif.

4. Mengontrol rasa cemas

Melakukan meditasi secara tertatur dapat membantu kita mengurangi rasa cemas dan masalah kesehatan mental yang erat kaitannya dengan kecemasan, seperti gangguan kecemasan, perilaku obsesif-kompulsif, dan fobia.

Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa meditasi juga dapat membantu seseorang mengatasi rasa cemas yang berkaitan dengan tekanan pekerjaan.

Itu artinya jika kamu seorang pekerja kantoran dengan lingkungan kerja yang penuh tekanan, manfaat meditasi yang satu ini akan dibutuhkan.

5. Memperkuat daya ingat dan mencegah demensia

Sebuah studi menunjukkan bahwa metode meditasi yang menggabungkan antara nyanyian dan mantra dengan gerakan jari yang berulang untuk memfokuskan pikiran, dapat menjaga kesehatan daya ingat seseorang.

Selain menjaga kesehatan daya ingat yang berkaitan dengan usia, meditasi dianggap mampu meningkatkan sebagian ingatan pasien demensia. Melalui manfaatnya yang juga bisa meredakan stres, meditasi bisa membantu mereka yang merawat seseorang dengan demensia.

Tak hanya dapat melatih pikiran untuk lebih fokus dan lebih mampu untuk meredakan stres, meditasi juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Agar bisa merasakan manfaat meditasi di atas, cobalah untuk melakukan meditasi secara teratur.

Seperti lari, meditasi bisa dikatakan sebagai kegiatan yang murah tapi memberikan beragam manfaat. Kamu bisa melakukannya di manapun tanpa memerlukan alat khusus.

Ada beberapa gaya meditasi yang bisa dilakukan. Oleh karena itu, pilihlah gaya meditasi yang paling cocok dengan tujuan kamu melakukannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/16/135043020/ini-manfaat-meditasi-bagi-kesehatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke