Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mempercantik Diri Tanpa Make Up

KOMPAS.com - Penampilan yang cantik dan menarik tentunya akan membuat seorang perempuan memiliki rasa percaya diri.

Dalam keseharian, entah itu di lingkungan pergaulan maupun kerja, penampilan memang menjadi hal yang memancing perhatian. Maka, wajar bila setiap orang mencari cara mempercantik diri yang paling cocok dengannya.

Ada banyak pilihan untuk mempercantik diri. Salah satunya adalah melakukan perawatan yang tepat dan cocok dengan kondisi kulit kita.

Cara mudah untuk melakukan perawatan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bahkan ternyata ada di dapur.

Saat ini kita bisa dengan mudah memperoleh skincare yang ramah kulit sekaligus ramah di kantong. Bahkan, kamu mungkin tak menyangka bahwa cara-cara yang memanfaatkan bahan alami berikut ini bisa membuat kulit lebih cantik.

1. Membersihkan wajah dengan minyak zaitun

Tekstur minyak zaitun atau olive oil ini juga membuat sisa makeup di wajah jadi mudah untuk dihapus. Apalagi jika kamu gemar menggunakan produk makeup berjenis matte yang kadang sulit dibersihkan.

Cara menggunakan olive oil untuk membersihkan wajah ber-makeup sangat mudah. Kamu hanya perlu mengusapkan minyak zaitun pada wajah sambil memijatnya perlahan. Kemudian, bilas dengan handuk hangat untuk mengangkat sisa makeup.

Minyak zaitun merupakan pilihan tepat sebagai pembersih kulit wajah, karena tidak menghilangkan kelembapan alami kulit.

2. Menggunakan minyak kelapa sebagai pelembap wajah dan kondisioner rambut

Dengan demikian, minyak kelapa bisa terserap sempurna oleh kulit. Keesokan paginya pun kamu bangun dengan kulit lembap.

Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai kondisioner rambut. Waktu yang paling tepat untuk memakainya adalah sebelum keramas.

Caranya balurkan minyak kelapa pada batang rambut saat kondisi rambut kering. Kamu tidak perlu mengoleskannya pada kulit kepala.

Setelah merata pada batang rambut, tunggu selama 20-30 menit. Kemudian cuci rambut dengan sampo seperti biasa.

Jika ingin menggunakannya setelah keramas, oleskan setengah sendok teh minyak kelapa pada batang rambut. Setelah itu sisir seperti biasa. Rambut pun bebas kusut dan siap untuk ditata.

3. Memakai masker berbahan pisang dan timun

Nah, cobalah untuk memakai masker pisang berikut ini untuk mengurangi produksi minyak pada kulit.

Bahan:

  • 1 buah pisang
  • 10 tetes sari jeruk lemon
  • 1 sendok makan extra virgin olive oil

Cara membuat dan menggunakannya:

1. Lumatkan pisang pada mangkuk kecil.
2. Tambahkan tetesan lemon.
3. Aduk rata hingga menyerupai pasta.
4. Oleskan masker pada wajah secara merata.
5. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih

Namun jika kulit cenderung kering, masker timun bisa menjadi pilihan untuk membantu kulit mempertahankan kelembapan serta mengurangi kekusaman. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk membuat dan menggunakannya.

Bahan:

  • ½ buah mentimun
  • 2 sendok makan lidah buaya (belah batang lidah buaya dan ambil bagian tengahnya yang menyerupai gel)

Cara membuat dan menggunakannya:
1. Blender buah mentimun hingga menjadi pasta.
2. Campurkan dengan gel lidah buaya
3. Blender lagi sampai rata hingga menyerupai pasta.
4. Oleskan masker pada wajah secara merata.
5. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

4. Menggunakan madu dan bawang putih sebagai obat jerawat alami

Antioksidan yang ada di dalamnya adalah vitamin B3, asam lemak omega 6 and sodium ascorbyl phosphate (SAP) yang merupakan turunan vitamin C.

Menurut penelitian, antioksidan alami untuk kulit lebih efektif untuk menghilangkan jerawat, daripada obat jerawat berbahan benzoyl peroxide dan retinoid.

Anda bisa mendapatkan manfaat antioksidan alami dari masker madu. Untuk membuatnya, campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas wajah dan keringkan.

Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan antibakteri, antijamur, antiseptik dan antivirus dari zat allicin.

Zat allicin membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat, mengurangi bengkak kemerahan dan melancarkan sirkulasi darah. Sehingga, kulit pun siap menerima nutrisi.

Kandungan vitamin dan mineral pada bawang putih antara lain adalah vitamin C, vitamin B6, selenium, tembaga dan zinc.

Untuk obat jerawat, haluskan 3-4 siung bawang putih. Tempelkan pada area yang berjerawat selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

Jika kamu merasakan reaksi kulit seperti gatal atau seperti rasa terbakar, segera dan bilas dengan air dan hentikan penggunaan bawang putih untuk jerawat.

5. Menggunakan cuka apel dan teh hijau sebagai toner alami

Untuk menggunakannya sebagai toner, campur cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3. Jika kulit Anda sensitif, tambah jumlah air. Campuran ini bisa kamu gunakan setelah membersihkan wajah, sebelum menggunakan pelembap.

Untuk mengaplikasikan pada wajah, tuang campuran pada kapas dan tepuk-tepuk pada kulit wajah. Diamkan selama 5-20 detik, kemudian bilas dan keringkan wajah.

Selain cuka apel, teh hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai toner. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Penggunaannya pada kulit bisa mengurangi jerawat dan menyehatkan kulit. Sebab, teh hijau mengandung senyawa flavonoid dan tannin, yang aktif melawan bakteri serta mengurangi bengkak karena jerawat.

Untuk membuat toner ini, seduh teh hijau selama 3-4 menit. Setelah dingin, oleskan pada kulit wajah dengan menggunakan kapas atau menggunakan botol semprot. Tunggu hingga mengering di kulit, lalu bilas dan keringkan wajah.

Meski menggunakan bahan-bahan alami, cara mempercantik diri di atas, tetap berisiko menimbulkan reaksi alergi. Jika kulit wajah menjadi gatal, kemerahan, iritasi setelah menggunakannya, segera berkonsultasi dengan dokter.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/16/143152020/5-cara-mempercantik-diri-tanpa-make-up

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke