Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Warna di Rumah Bisa Pengaruhi Suasana Hati

Beberapa warna bisa membuatmu merasa bahagia dan terinspirasi,-sementara warna yang lain mungkin perlahan akan membuatmu merasa terpuruk.

Belum lagi, belakangan ini sebagian dari kita bekerja dari rumah karena pandemi virus corona.

Nah, mungkin kini adalah waktu yang tepat untuk menambahkan warna-warna tertentu di rumah dan mempertimbangkan efeknya terhadap suasana hati.

Elisabeth VanDyk, konsultan warna Dulux mengatakan, warna di seluruh interior rumah, entah di dinding atau pada peralatan rumah dan dekorasi, dapat menciptakan minat di area tertentu.

Selain itu, warna pun bisa membantu mendorong aliran dari kamar ke kamar.

Artinya, skema warna yang secara efektif mengalir dari kamar ke kamar perlu dilakukan tanpa pengulangan.

Ruang harus dinamis tetapi tidak terlalu mengganggu. Perlu ada jumlah cahaya yang seimbang, tekstur, kontras dalam rona, serta gerakan atau pola.

Elisabeth VanDyk mengatakan, warna dapat memiliki dampak besar pada perasaan saat berada di dalam rungan tersebut.

Beberapa warna dapat membuat seseorang bahagia dan tenang, warna yang lain dapat membuat seseorang juga merasa gelisah, stres, dan bahkan sedih.

Dalam menata rumah, Elisabeth menuntun kita melewati rona-rona yang seharusnya kita rangkul di seluruh zona utama di tempat tinggal kita.

Dia juga memperingatkan kita akan palet warna yang mungkin harus kita hindari.

1. Ruang kerja

Ruang kerja di rumah tak ubahnya seperti kantor pusat yakni, tempat di mana kamu mungkin menghabiskan banyak waktu sepanjang hari untuk bekerja.

Pertimbangkan warna apa yang ada di sana, apakah penataan furnitur bisa membuat menciptakan ruang lebih, dan apakah di ruangan itu terdapat tanaman hijau atau tidak.

Jika kamu terus-menerus merasa stres dan kewalahan saat menghabiskan waktu di ruang itu, mungkin kamu bisa pertimbangkan untuk menukar tata letak dan mengatur warna kembali.

Lalu, pemandangan tanaman hijau telah terbukti dapat membuat pekerja lebih produktif dan lebih bahagia.

Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah mengganti posisi meja, sehingga kamu bisa melihat pemandangan dari jendela.

Atau, pertimbangkan untuk menambahkan tanaman hijau di dalam ruangan.

2. Ruang tamu

Ruang tamu bisa juga menjadi tempat di mana sebagian besar waktu di rumah akan dihabiskan.

Ini adalah tempat dengan fungsi yang tak terhitung jumlahnya, dari bersantai dengan buku yang bagus dan menonton film, hingga membuat kenangan dengan keluarga dan bertemu dengan teman-teman.

Ini adalah latar belakang untuk momen-momen kecil kehidupan, dan karenanya, ruangan ini harus memiliki palet warna demi mencerminkan naik turunnya kehidupan dan perubahan yang konsisten.

Di ruang tamu, kamu diundang untuk berkreasi dengan penggunaan warna pada peralatan rumah tangga dan dekorasi.

Biasanya terdiri dari seni, pernak-pernik, barang pajangan, dan perabotan dengan warna lembut, yang menjadikan warna netral ideal untuk dinding.

Jika kamu mencari sesuatu yang berbeda, Elisabeth memberikan saran untuk memasukkan unsur warna hijau di ruang tamu.

“Unsur warna hijau di dalam rumah membantu menghubungkan kita dengan alam,” kata dia.

"Semua orang tahu tentang manfaat bagi kesejahteraanmu yang dimiliki alam, dan kamu bisa menghadirkan kesan fresh ini dengan memasukkan warna hijau di dalam rumahmu,” ujar dia.

Kamu bisa mencoba meletakkan sofa hijau dan padukan dengan tanaman hidup yang bisa hidup di dalam ruangan.

3. Kamar tidur utama

“Memilih palet warna yang tepat untuk kamar tidur akan membuat tidurmu lebih nyenyak”, kata Elisabeth.

Pilihannya, kamu bisa mencoba warna biru lembut, merah muda, netral berwarna abu-abu, hijau yang menenangkan, lavender, dan kuning lembut, karena semuanya terbukti menghasilkan rasa tenang.

"Saya suka menggunakan skema warna yang berbeda di kamar tidur utama yang tidak terlihat di seluruh rumah."

"Ini akan memberi pertanda pada otak bahwa kamu akan masuk ke kamar tidur, yang berarti sudah waktunya tidur, bukan bekerja,” ujar Elisabeth.

4. Dapur

Sering dianggap sebagai jantung rumah, dapur seharusnya terasa seperti tempat untuk kebahagiaan dan berbagi.

Apakah kamu berbagi sepotong kue terakhir, atau memulai haru dengan sarapan bersama.

Untuk membantu mendorong perasaan ini, Elisabeth menyarankan kuning sebagai warna yang ideal untuk ruang ini.

"Kuning membawa optimisme dan harapan, jadi membiarkannya masuk ke dapurmu menciptakan kebahagiaan dalam keseimbangan yang tepat,” ujar dia.

Menghadirkan warna kuning bukan berarti kamu harus mengecat dinding dapur dengan warna kuning pisang yang cemerlang.

Tetapi, lebih baik memasukkan warna dengan menghadirkannya di toples-toples bumbu dapur atau dengan bunga berwarna kuning di atas meja.

5. Ruang belajar

Ingin mendekorasi ruang belajar untuk memicu motivasi dan kreativitas yang optimal? Cobalah warna-warna cerah seperti jingga dan kuning.

”Sebuah ruang belajar atau rumah dengan warna-warna ini, selain menciptakan perasaan bahagia dan membangkitkan semangat, akan mensimulasikan sisi kiri otak,” ujar dia.

"Ini akan menghasilkan pemikiran yang lebih jelas, lebih analitis, dan lebih cepat, dan berpotensi akan membantumu mengidentifikasi masalah lebih cepat, serta meningkatkan pengambilan keputusan,” lanjut dia.

6. Ruang olahraga

Tidak selalu diperlukan ruang merah, tetapi mereka yang memiliki ruang untuk gym di rumah mungkin ingin mempertimbangkan untuk memilih warna yang energetik di ruang ini.

"Warna-warna tertentu seperti merah dan jingga dapat meningkatkan tekanan darah dan membuatmu merasa seolah-olah perlu melakukan aksi dan menyelesaikan sesuatu,” kata dia lagi.

"Dan meskipun ini bagus untuk gym di rumah, berhati-hatilah, warna ini tidak ideal untuk diletakkan di tempat di mana kamu ingin bersantai, seperti ruang tamu atau kamar tidur,” lanjutnya.

7. Kamar tidur anak-anak

Tidak ada banyak aturan dalam mendekorasi kamar tidur anak-anak dengan warna, tetapi ada beberapa nuansa utama yang perlu dipertimbangkan.

Ingin menciptakan ketenangan? Coba warna merah muda.

"Pink semakin banyak digunakan di sekolah dan bahkan penjara dan rumah sakit karena efeknya yang menenangkan," kata Elisabeth.

"Menggunakan warna merah muda di rumah, baik dalam dekorasi atau aksesori, akan memiliki efek yang sama,” imbuh dia.

Nuansa lain yang perlu dipertimbangkan termasuk warna jingga untuk motivasi, warna biru untuk efek menenangkan, dan warna kuning untuk memicu imajinasi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/17/070407020/bagaimana-warna-di-rumah-bisa-pengaruhi-suasana-hati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke