Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Minyak Bulus, Benarkah Bikin Payudara Lebih Besar?

KOMPAS.com - Sudah sering menjadi omongan bahwa minyak bulus disebut dapat membesarkan payudara dan organ reproduksi pria yaitu penis.

Namun perlu dicatat, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan manfaat minyak bulus untuk organ-organ tersebut.

Sebelum membahas lebih jauh lagi tentang khasiat minyak bulus, pertama perlu dipahami bahwa minyak ini merupakan ekstrak dari hewan bulus.

Disebut Amyda cartilaginea dalam bahasa Latin, bulus adalah jenis kura-kura berpunggung lunak dari suku Trionychidae.

Berbeda dengan kura-kura dengan tempurung keras, bulus memiliki punggung lunak yang terdiri dari tulang rawan. Bagian tulang rawan ini dilapisi kulit tebal dan juga licin.

Bulus banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara. Di Indonesia, bulus banyak ditemukan di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Lombok, hingga Sulawesi.

Mengingat popularitas minyak bulus cukup tinggi, ada satu fakta yang cukup menyedihkan: World Conversation Union menyatakan populasi bulus rentan punah.

Khasiat minyak bulus: mitos dan fakta

Tidak mudah mendapatkan minyak bulus. Prosesnya cukup panjang dan rumit. Sejak dulu, warga pedalaman telah banyak menggunakan minyak bulus dan mengolahnya dengan cara konvensional.

Bayangkan saja: untuk mendapatkan minyak bulus, ekstrak minyak bulus harus dijemur selama satu bulan demi mendapatkan kualitas terbaik. Ada juga yang memasaknya hingga bagian minyaknya terpisah dan bisa diambil.

Terlepas dari kontroversi seputar khasiat minyak bulus, penelitian juga mengakui bahwa minyak yang satu ini mengandung vitamin K, A, dan juga E.

Kandungan vitamin di dalamnya membuat khasiat minyak bulus sangat erat kaitannya dengan urusan kulit. Beberapa di antaranya adalah:

Mengobati luka

Mengoleskan minyak bulus pada luka dipercaya dapat menghilangkan bekas luka bahkan mengembalikan kondisi kulit seperti sediakala. Khasiat minyak bulus juga dipercaya dapat menyamarkan selulit atau stretchmarks.

Mengatasi jerawat

Manfaat minyak bulus juga bisa untuk kecantikan. Mengoleskan minyak bulus dipercaya dapat menjaga kelembaban wajah. Penggunaan minyak bulus secara rutin disebutkan dapat menyamarkan jerawat.

Mengencangkan kulit

Kandungan vitamin E yang tinggi dalam minyak bulus membuatnya dapat mengencangkan kulit. Tak hanya kencang, kulit juga menjadi semakin bernutrisi jika rutin diolesi minyak bulus.

Mengobati eksim

Masalah kulit seperti eksim dan gatal-gatal bisa menjadi sangat mengganggu. Minyak bulus diyakini dapat mengobati eksim berkat kandungan vitamin di dalamnya. 

Meski begitu, harus dipahami bahwa banyak bahan lain, terutama dari tanaman, yang juga memiliki manfaat-manfaat di atas, dengan harga lebih murah, lebih mudah didapat, dan tidak mengancam kelestarian bulus.

Nah, khasiat minyak bulus lainnya yang masih menuai perdebatan – namun tidak sedikit juga yang memercayainya – adalah membesarkan penis dan payudara. Namun hingga kini, belum ada satupun penelitian ilmiah yang bisa jadi validasi untuk khasiat tersebut.

Bisa jadi memang rutin memijat payudara dengan minyak apapun – tidak hanya minyak bulus – bisa mengencangkan payudara karena melancarkan aliran darah ke jaringan di payudara. Bahkan minyak zaitun terbukti dapat mengencangkan dan membuat kulit semakin elastis.

Namun untuk khasiat minyak bulus spesifik untuk memperbesar payudara atau penis, lagi-lagi hal ini belum terbukti secara ilmiah. Belum ada uji klinis yang mendukung pendapat ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/19/190114120/minyak-bulus-benarkah-bikin-payudara-lebih-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke