Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

50 Ide Padu Padan Busana Hijab ala Ayudia dan Uniqlo

KOMPAS.com – Tak sedikit wanita yang baru pertama kali memutuskan berhijab mengganti seluruh isi lemarinya dengan membeli baru busana muslim yang tertutup. Padahal, dengan teknik padu padan yang tepat koleksi busana lama pun masih bisa dipakai.

Pengalaman membuang pakaian lama sebelum berhijab juga dialami oleh aktris Ayudia C.

“Jangan langsung buang baju-baju lama karena masih bisa dipakai. Enggak sesusah itu kok untuk mix and match,” kata Ayudia dalam acara peluncuran Uniqlo Modest Wear Manual yang dilakukan secara virtual (18/6).

Berkolaborasi dengan Uniqlo, Ayudia meluncurkan 50 ide padu padan busana modest yang minimalis tapi elegan. Panduan tersebut telah dicetak menjadi buklet dan bisa didapatkan di toko Uniqlo atau melalui website.

Dalam buklet tersebut juga tercantum dengan jelas nama tiap item dan juga harganya sehingga memudahkan konsumen yang ingin melakukan pembelian.

Beragam gaya busana kreasi Ayu tersebut sangat fungsional dan nyaman dikenakan sehari-hari atau untuk ke kantor dengan warna-warna aman.

“Aku membuat 50 look ini dari 400 item koleksi pilihan Uniqlo. Buatku tidak terlalu susah membuat padu padan ini karena aku sudah sering memakai produk Uniqlo,” ujarnya.

Dari beragam produk Uniqlo, Ayu mengatakan paling menyukai kaus model kerah tinggi (turtle neck).

“Buatku ini must have item. Aku paling suka memberi aksen turtle neck dan hijab dimasukkan ke dalam. Ini langsung memberi kesan yang berbeda,” katanya.

Empat panduan

Dalam mempersiapkan 50 inspirasi busana modest tersebut, Ayu menerapkan empat langkah yang menjadi panduan dan dapat disesuaikan dengan kepribadian masing-masing.

Pertama adalah menggunakan teknik layering atau bertumpuk. Untuk kemeja lengan pendek misalnya, ditutup dengan outer panjang seperti blazer, jaket, atau pun coat linen.

Kedua adalah pemilihan warna. Menurut dia, untuk mendapat tampilan modest fashion yang elegan, sebaiknya padukan warna monokrom dengan warna sama tetapi beda material, atau padukan dengan gradasi warna lebih terang atau gelap.

“Jika ingin bermain lebih dari satu warna, padukan maksimal tiga warna senada dalam satu tampilan agar tetap terlihat simple,” katanya.

Langkah ketiga adalah pemilihan hijab yang minimalis. Potongan hijab yang nyaman dan minimalis, menurutnya, dapat memberikan keseimbangan pada keseluruhan tampilan.

Terakhir adalah permainan pola. Cara ini cukup efektif untuk mendapat tampilan yang gaya namun tidak terlalu berlebihan. Misalnya saja memilih pola sederhana seperti polkadot kecil, garis tipis, yang dikombinasikan dengan bahan polos tapi paduan warnanya tepat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/20/161800020/50-ide-padu-padan-busana-hijab-ala-ayudia-dan-uniqlo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke