Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan yang Sebaiknya Kita Ikuti

KOMPAS.com - Sistem pencernaan manusia bekerja hampir 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu. Sayangnya, banyak orang tidak terlalu memperhatikan kesehatan bagian tubuh satu ini.

Ketika masalah seperti kembung, mual, diare, konstipasi, bahkan hingga kanker usus muncul, orang baru sadar betapa pentingnya sistem pencernaan.

Oleh karena itu, sebelum masalah pencernaan datang, kita wajib menjaga kesehatannya.

Caranya mudah. Kita cukup berkomitmen untuk mengatur pola makan sekaligus mengubah gaya hidup agar bisa berdampak positif bagi sistem pencernaan. Bonusnya, tubuh akan jadi lebih sehat dan bugar. Siapa yang tak mau?

Cara menjaga kesehatan pencernaan

1. Pilah dan pilih apa yang dimakan

Ini penting karena segala jenis tambahan pada makanan ini bisa menyebabkan peradangan pencernaan.

Makanan dengan tambahan pemanis yang mengandung gula tambahan justru dapat menambah jumlah bakteri berbahaya di pencernaan.

Ketika rasio bakteri baik dan bakteri jahat tidak seimbang, maka dapat menyebabkan gangguan usus besar hingga Crohn’s disease.

2. Perkaya asupan serat

Orang yang terbiasa mengonsumsi makanan tinggi serat akan mengurangi risiko mengalami GERD, gangguan usus besar, atau luka di lambung.

Sehari-hari, menu kaya serat bisa diperoleh dari oat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan olahan whole grain lainnya yang kaya nutrisi. Imbangi pula dengan banyak mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya prebiotik.

3. Tetap terhidrasi

Untuk mencegah konstipasi dan masalah pencernaan lainnya, idealnya minum 1,5-2 liter cairan setiap harinya. Ini bergantung pada jenis aktivitas dan kebutuhan tubuh masing-masing.

Selain air putih, sayuran dan buah yang kaya air seperti timun, zucchini, tomat, melon, stroberi, atau peach juga bisa jadi alternatif makanan sehat dan baik untuk pencernaan.

4. Kelola stres

Saat tubuh stres dan berada dalam mode fight or flight, maka darah dan energi justru akan dialihkan meninggalkan sistem pencernaan.

Tak hanya itu, pencernaan dan otak sangat terhubung. Apa yang terjadi di otak, juga akan berpengaruh pada sistem pencernaan.

Pilih cara mengelola stres yang paling sesuai dengan diri masing-masing. Entah itu dengan berolahraga, melakukan meditasi, yoga, berkebun, dan banyak aktivitas positif lainnya.

5. Makan dengan mindful eating

Jika ingin melakukan mindful eating, perhatikan seluruh makanan yang ada di hadapan serta konsumsi dengan sungguh-sungguh.

Ini artinya tidak terburu-buru, fokus tanpa ada distraksi hal lain, pilih tiap gigitan dan nikmati seluruh bagian makanan seperti tekstur, temperatur, dan rasanya.

6. Aktif bergerak

Gerakan dan gaya gravitasi membantu makanan tercerna dengan baik. Itulah mengapa tidak disarankan untuk langsung berbaring setelah makan, tapi lakukan aktivitas ringan seperti berjalan.

Orang yang aktif bergerak dapat mencegah terjadinya keluhan pencernaan seperti konstipasi dan gangguan usus besar. Bonusnya, tubuh pun terasa lebih bugar.

Setiap saat, dengarkan seluruh sinyal tubuh, utamanya dari pencernaan. Jangan jadikan momen makan sebagai pelampiasan atau emotional eating. Justru sebaliknya, makanlah dengan sungguh-sungguh, tidak terburu-buru, dan kunyah makanan hingga benar-benar lumat.

Tinggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang menjadikan pencernaan sebagai tumbalnya. Ingat betapa berjasanya sistem pencernaan bagi kondisi tubuh seseorang, jadi sudah selayaknya berterima kasih dengan menjaganya lewat asupan yang sehat serta menjauhkannya dari kebiasaan buruk.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/21/131810820/6-cara-menjaga-kesehatan-pencernaan-yang-sebaiknya-kita-ikuti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke