Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Perlengkapan Bayi yang Perlu Disiapkan Ibu Baru

KOMPAS.com - Momen menantikan kelahiran anak selalu menyenangkan. Anda akan bertanya-tanya mirip siapa wajahnya ketika lahir nanti dan bersemangat menyiapkan semua kebutuhan si kecil.

Apalagi, bagi para calon ibu baru, selain bersemangat tapi seringkali juga bingung memilih barang apa saja yang harus disiapkan untuk si kecil dan dirinya setelah melahirkan nanti.

Seperti dikatakan Vasudev Kataria, Senior Vice President Mothercare Indonesia, memiliki anak untuk pertama kalinya adalah pengalaman berharga dan tak terlupakan yang mengubah hidup orangtua khususnya Ibu.

“Banyak hal harus dipersiapkan untuk menyambut kehadiran buah hati. Mothercare siap membantu dan mendampingi melalui masa transisi tersebut, dengan menyediakan semua kebutuhan Ibu dan anak. Mothercare saat ini juga sedang menggelar seasonal savers dengan potongan hingga 50% ,” kata Vasudev melalui siaran pers yang diterima Kompas.com.

Untuk membantu para Ibu baru, berikut empat kategori perlengkapan yang harus dimiliki versi Mothercare:

1. Perlengkapan tidur bayi

Saat bayi tidur, otaknya tumbuh dan berkembang, sehingga tidur yang berkualitas sangat penting untuk perkembangan otak bayi.

Maka lingkungan, tempat dan pakaian yang nyaman diperlukan agar anak dapat tidur lebih nyenyak.

Barang yang diperlukan untuk mendukung bayi agar tidur lebih nyenyak adalah sleepsuit yang merupakan baju tidur yang tertutup hingga kaki, swaddle blanket yang merupakan kain bedong yang membantu bayi merasa aman saat ia menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah tempat tidur bayi dengan rangka yang kuat dan kasur yang empuk, serta baby bouncer yang memungkinkan bayi duduk dengan semi berbaring dengan efek menenangkan dan bahkan dapat membuat mereka tertidur.

2. Perlengkapan menyusui

Hal utama yang harus dimiliki oleh Ibu menyusui adalah breastpump, breast pad, tempat penyimpanan susu bisa dalam botol atau breastmilk storage bag, dan cooler bag untuk menyimpan susu saat bepergian.

Nipple cream juga perlu disiapkan di rumah. Oleskan pada area puting setelah menyusui dan setelah membilas liur bayi dan menepuknya sampai kering. Jangan lupa, bersihkan area puting terlebih dahulu sebelum kembali menyusui.

Untuk menyusui lebih nyaman, perlu juga untuk menyiapkan nursing pillow. Pilih bantal menyusui yang sesuai dengan tubuh Anda, agar tubuh dan kepala bayi bisa diposisikan pada ketinggian yang sama dengan puting.


3. Bepergian dengan bayi

Tak bisa dipungkiri, bepergian dengan bayi membutuhkan banyak perlengkapan tambahan dan terkadang penuh tantangan.

Baby carrier atau gendongan dapat mempermudah ibu untuk beraktivitas dan juga mendukung postur alami bayi.

Pengunaan car seat juga tak boleh diabaikan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Pediatrics, menunjukkan untuk anak-anak baru lahir hingga 3 tahun, duduk di kursi belakang tengah 43% lebih aman dibandingkan duduk di samping di belakang. Pastikan pula car seat menghadap ke depan bukan ke belakang.

Sedangkan untuk stroller, Anda bisa memilih stoller atau kereta dorong dengan senderan yang dapat diturunkan hingga mendatar, karena bayi baru lahir belum dapat duduk atau mengangkat kepala.

Kemudian, siapkan 1 atau tas penyimpanan yang memiliki banyak ruang seperti saku yang cukup besar untuk membawa semua kebutuhan bayi.

4. Kebersihan

Tisu basah hampir tak bisa dipisahkan dengan kebutuhan menjaga kebersihan bayi. Pilih tisu bayi tanpa alkohol dan bebas paraben yang aman untuk kulit bayi.

Sedangkan untuk menjaga kebersihan botol dan peralatan makan bayi, penting untuk menggunakan sterilizer untuk mencegah penyebaran bakteri atau kuman.

Untuk kebutuhan mandi bayi, pilih bak mandi bayi dengan ketinggian yang nyaman, sehingga memungkinkan melakukan kontrol lebih besar, karena bayi baru lahir belum mampu menopang kepalanya sendiri.

Untuk memudahkan, sebelum berbelanja, ada baiknya membuat catatan perlengkapan apa saja yang harus dibeli, selain meminimalisir kemungkinan lupa, juga memudahkan dalam memperkirakan budget.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/22/234216220/4-perlengkapan-bayi-yang-perlu-disiapkan-ibu-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke