Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Sederhana Mengenali Minyak Zaitun Asli

KOMPAS.com - Minyak zaitun dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, namun manfaat itu hanya bisa dirasakan jika kamu mengonsumsi minyak zaitun asli.

Mengingat banyaknya jenis maupun merek minyak zaitun yang saat ini beredar di pasaran, bagaimana cara membedakan minyak zaitun asli dengan yang palsu?

Minyak zaitun asli mengandung asam lemak dan antioksidan yang baik untuk mencegah datangnya berbagai penyakit, seperti penyakit kardiovaskular, kelainan saraf, hingga kanker paru-paru dan usus.

Kandungan ini juga membuat minyak zaitun memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dibanding minyak tumbuhan lain.

Oleh karena itu, banyak produsen nakal yang ‘mengoplos’ minyak zaitun asli dengan minyak tanaman lain maupun minyak zaitun yang kualitasnya lebih rendah. Hal ini dikhawatirkan memicu efek yang justru membahayakan bagi tubuh.

Apa yang dimaksud dengan minyak zaitun asli

Minyak zaitun pada dasarnya merupakan minyak yang dihasilkan dari perasan buah zaitun (Olea europa L) lewat cara mekanik dengan suhu tertentu sehingga tidak banyak mengubah kandungan pada minyak.

Menurut International Olive Council, pembuatan minyak zaitun asli tidak melalui perlakukan apa pun, selain pencucian, dekantasi, sentrifugasi, dan penyaringan.

Berdasarkan kriteria tersebut, jenis minyak zaitun asli alias murni yang dapat dikonsumsi oleh manusia, antara lain:

1. Extra Virgin Olive Oil (EVOO)

Extra virgin olive oil merupakan minyak zaitun asli dengan derajat yang paling bagus sehingga harganya juga paling mahal dibanding minyak zaitun lainnya.

Ciri khas EVOO adalah mengandung asam oleat tidak lebih dari 0,8 gram tiap 100 gram minyak.

Semakin kecil kandungan asam oleat pada minyak zaitun, maka semakin baik kualitas minyaknya.

Pasalnya, itu mengindikasikan nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak banyak berubah sehingga menghasilkan manfaat yang lebih optimal.

2. Virgin Olive Oil

Virgin olive oil atau minyak zaitun murni ini yang mengandung asam oleat tidak lebih dari 2 gram dalam tiap 100 gram minyaknya.

3. Ordinary Virgin Olive Oil

Ordinary virgin olive oil atau minyak zaitun biasa mengandung asam oleat yang tidak lebih dari 3,3 gram dalam tiap 100 gram minyaknya.

Bagaimana cara membedakan minyak zaitun asli dengan palsu?

Untuk benar-benar memastikan minyak zaitun yang asli, perlu dilakukan tes yang rumit di laboratorium. Hal ini dikarenakan minyak zaitun asli itu sendiri merupakan campuran berbagai zat yang kompleks, yaitu tracylglyserols (TAGs), gliserida parsial, sterol, alkohol, asam triterpene, dan lain-lain.

Meskipun demikian, kita tetap dapat mengenali minyak zaitun asli dengan dua cara sederhana, yaitu:

1. Pilih yang berlabel extra virgin olive oil

Seperti disebut di atas, EVOO merupakan minyak zaitun asli dengan kualitas terbaik sehingga kita sangat disarankan untuk memilih minyak zaitun yang labelnya bertuliskan demikian.

Sebaliknya, hindari minyak zaitun yang bertuliskan ‘light’, ‘pure’, atau ‘minyak zaitun’ saja karena kemungkinan besar minyak zaitun itu mengalami proses refinasi dengan zat kimia.

Ingat, harga extra virgin olive oil mungkin lebih tinggi dari minyak biasa, yakni bisa mencapai Rp130.000 per liter. Jika ada minyak zaitun yang dibanderol dengan harga jauh di bawah itu, bisa jadi itu bukan minyak zaitun asli.

2. Rasa yang ringan

Jika sudah pernah merasakan minyak zaitun asli, kamu biasanya akan bisa mengenali minyak zaitun yang oplosan maupun palsu. Minyak zaitun asli memiliki aroma yang khas, ringan, agak pedas, ataupun meninggalkan aroma rumput setelah diminum begitu saja.

Sebaliknya, minyak zaitun palsu akan terasa berat, berminyak, hambar, dan meninggalkan aftertaste yang tidak nyaman di mulut.

Oleh karena itu, pastikan mencoba EVOO yang asli agar tidak tertipu minyak zaitun palsu di kemudian hari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/23/143659720/cara-sederhana-mengenali-minyak-zaitun-asli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke