Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perut Kembung Setelah Olahraga? Kenali 5 Penyebabnya

KOMPAS.com - Hal yang wajar jika saat selesai berolahraga kita akan merasa kelelahan ataupun bersemangat. Tapi, beberapa orang justru merasa lembung setelah berolahraga.

Sebenarnya apa yang kamu rasakan tergantung pada nutrisi, hidrasi, dan bahkan lingkungan. Kelebihan cairan umumnya menjadi penyebab utama seseorang mengalami kembung setelah berolahraga.

Kembung dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Ini dapat mengganggu kemampuan untuk bekerja atau berinteraksi dengan orang lain setelah berolahraga.

Berikut beberapa penyebab kembung setelah berolahraga yang penting untuk diketahui, untuk mencegah terjadi kembali di kemudian hari.

1 Dehidrasi

Efek dehidrasi dapat memaksa perut menahan air untuk mengimbanginya. Itu kemudian dapat menyebabkan kembung, karena respons tubuh terhadap berkurangnya cairan.

Minumlah air yang cukup sebelum berolahraga untuk menghindari dehidrasi dan kembung pada saat bersamaan.

2. Overhidrasi

Terlalu banyak minum air juga dapat menyebabkan kembung. Minum terlalu banyak air selama latihan intensitas tinggi dapat melarutkan natrium dalam tubuh.

Minum terlalu banyak air terlalu cepat saat masih mengeluarkan banyak keringat bisa membuat sel tubuh menahan air, inilah yang kemudian membuat kamu merasa kembung setelah berolahraga.


3. Peradangan

Alasan lain mengapa orang merasa kembung setelah berolahraga adalah adanya peradangan. Itu terjadi ketika tubuh mengirimkan cairan ekstra ke jaringan untuk memperbaiki dirinya sendiri dan untuk mendukung pemulihan.

Tetapi memiliki kelebihan cairan dalam tubuh dapat membuatmu merasa lebih berat daripada sebelum berolahraga.

4. Panas
Selain dari apa yang Anda dikonsumsi sebelum dan selama latihan, lokasi di mana kamu melakukan olahraga juga dapat berperan dalam kembung. Berolahraga di area yang membuat tubuh kepanasan juga bisa membuat kembung.

Ini biasanya terjadi dalam cuaca panas atau di dalam ruangan tanpa ventilasi yang baik. Saat berkeringat, tubuh melepaskan lebih banyak natrium dan air, yang dapat menyebabkan retensi air karena kehilangan cairan.

5. Mulai Latihan Intens
Kembung kemungkinan biasa terjadi pada orang yang baru memulai atau kembali berolahraga. Itu karena tubuh melepaskan lebih banyak hormon stres kortisol selama latihan, yang memengaruhi kadar cairan dan meningkatkan retensi air.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/25/232137820/perut-kembung-setelah-olahraga-kenali-5-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke