Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Indah, Beberapa Jenis Batu Diyakini Memiliki Efek Menyembuhkan, Benarkah?

KOMPAS.com - Selain pengobatan medis yang kita kenal, saat ini banyak orang mencoba pengobatan alternatif dan pengobatan komplementer untuk menyembuhkan penyakit maupun mendapatkan kondisi fisik dan mental yang lebih baik.

Pengobatan alternatif bisa mencakup banyak hal, termasuk akupunktur, herbal, yoga, tai chi, reiki, prana, hingga penggunaan kristal untuk menyembuhkan.

Kristal, yang berupa batu-batu indah, bukanlah barang baru dalam peradaban manusia. Kita masih ingat demam mengumpulkan batu akik dan sejenisnya beberapa waktu lalu. Dan belum lama ini, seseorang pria di Tanzania menemukan batu tanzanite langka yang membuatnya menjadi miliarder.

Batu kristal memang lebih sering dipakai sebagai perhiasan. Namun sebagian masyarakat mempercayai ada khasiat tertentu yang dimiliki batu-batu tersebut. Hal ini tidaklah asing, karena dalam pelajaran fisika, kita mengetahui bahwa setiap benda memiliki energi.

Ada banyak jenis kristal yang berbeda yang dipakai dalam dunia crystal healing, masing-masing memiliki kemampuan penyembuhan tersendiri untuk pikiran, tubuh, dan jiwa.

Kristal-kristal ini dianggap mampu mendorong aliran energi yang baik dan membantu membersihkan tubuh dan pikiran dari energi negatif untuk manfaat fisik dan emosional.

Secara historis, kristal disebut-sebut sebagai bentuk pengobatan kuno, dengan filosofi yang dipinjam dari agama Hindu dan Budha.

Namun sejauh ini tidak banyak bukti ilmiah yang mendukung penggunaan kristal dalam penyembuhan. Meskipun demikian, orang masih tertarik pada warna dan keindahan batu-batu itu.

Bila kamu ingin mencoba pengobatan kristal, maka kuncinya adalah mindfulness, terbuka, dan menerima. Ini berkaitan dengan penelitian yang menyebutkan bahwa pikiran seseorang memiliki kekuatan penyembuhan yang jauh lebih besar daripada yang kita ketahui.

Jenis kristal untuk penyembuhan

Meskipun tidak ada banyak riset ilmiah yang membenarkan keampuhan kristal dalam menyembuhkan, namun sejumlah orang mengaku mendapat manfaat dari cara ini.

Jadi, jika kamu penasaran untuk mencobanya, pastikan untuk berpikiran terbuka dan carilah batu yang cocok untuk masing-masing orang.

Untuk membantu memulai, situs Healthline menyusun panduan sederhana dari beberapa kristal yang paling banyak dipakai dan populer. Kristal apa saja itu?

Clear quartz atau kuarsa bening

Kristal bening ini dianggap sebagai "penyembuh utama" karena kemampuan memperkuat energi dengan menyerap, menyimpan, melepaskan, dan mengaturnya. Kristal bening juga disebut bisa membantu konsentrasi dan memori.

Secara fisik, kristal yang jernih ini diklaim dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dan menyeimbangkan seluruh tubuh. Batu ini sering dipasangkan dengan batu lain seperti rose quartz untuk meningkatkan efeknya.

Rose quartz

Seperti namanya, batu merah muda ini berhubungan dengan cinta dan kasih sayang. Ia disebut bisa membantu memulihkan kepercayaan dan harmoni dalam hubungan sekaligus meningkatkan kodekatan. Rose quartz juga diklaim membantu memberikan kenyamanan dan ketenangan saat sedih.

Rose quartz dipercaya mendorong tumbuhnya cinta, rasa hormat, kepercayaan, dan penghargaan dalam diri seseorang - sesuatu yang bisa kita gunakan di zaman sekarang ini.

Jasper

Kristal halus ini dikenal sebagai "pengasuh" karena berguna untuk menguatkan jiwa dan mendukung seseorang melalui masa-masa stres.

Jasper diklaim melindungi seseorang dari energi negatif sekaligus menambah keberanian, kepintaran, dan kepercayaan diri. Ini adalah sifat-sifat yang sangat membantu ketika kita menangani masalah-masalah penting.

Obsidian

Batu yang sangat protektif, obsidian dikatakan membantu membentuk perisai terhadap energi fisik dan emosi negatif.

Ia juga disebut bisa membantu menghilangkan penyumbatan emosi dan meningkatkan kekuatan, kejernihan pikiran, dan belas kasih.

Untuk tubuh fisik, batu ini dapat membantu pencernaan dan detoksifikasi sekaligus berpotensi membantu mengurangi rasa sakit dan kram.

Citrine

Bawa kegembiraan, keajaiban, dan antusiasme ke dalam hidup dengan batu citrine. Kristal ini disebut bisa membantu melepaskan sifat negatif seperti rasa takut, dan pada gilirannya membantu mendorong optimisme, kehangatan, motivasi, dan kejernihan pikiran.

Ia juga dikatakan berguna untuk meningkatkan kreativitas dan konsentrasi.

Turquoise atau pirus

Kristal biru ini memiliki kekuatan yang dikatakan untuk membantu menyembuhkan pikiran, tubuh, dan jiwa.

Secara umum, pirus sering dianggap batu keberuntungan yang dapat membantu menyeimbangkan emosi sekaligus menumbuhkan spiritualitas.

Untuk tubuh, pirus dikatakan bermanfaat bagi sistem pernapasan, tulang, dan kekebalan tubuh.

Mata harimau atau tiger's eye

Jika kamu membutuhkan dorongan kekuatan atau motivasi, batu berwarna emas ini mungkin cocok. Batu tiger's eye disebut membantu menghilangkan rasa takut, cemas, dan ragu.

Tiger's eye juga dikatakan bisa membantu mencapai keharmonisan dan keseimbangan sehingga kita dapat membuat keputusan dengan jelas dan sadar.

Amethyst atau kecubung

Batu ungu ini dikatakan memiliki energi melindungi, menyembuhkan, dan memurnikan. Batu kecubung membantu menghilangkan pikiran negatif dan membawa kerendahan hati, ketulusan, dan kebijaksanaan spiritual. Ia juga berguna untuk menenangkan hati.

Dalam budaya di Nusantara, amethyst sering disebut sebagai kecubung kasihan, yang membuat pemakainya dikasihi orang.

Sementara dari pandangan pengobatan alternatif, kecubung disebut membantu agar bisa tidur nyenyak.

Secara fisik, batu ini digunakan untuk meningkatkan produksi hormon, membersihkan darah, serta menghilangkan rasa sakit dan stres.

Moonstone atau Batu Bulan

Dikenal juga dengan nama batu bulan, moonstone bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan dan kekuatan batin.

Batu ini juga digunakan dalam menenangkan perasaan stres dan perasaan ragu, sehingga kamu dapat bergerak maju dengan lebih yakin.

Moonstone diklaim mendorong pemikiran positif, intuisi, dan inspirasi, selain membawa sukses dan keberuntungan.

Bloodstone atau batu darah

Batu penyembuh yang kuat ini diklaim dapat membantu membersihkan darah dengan menghilangkan energi lingkungan yang buruk dan meningkatkan sirkulasi.

Ia juga mendorong sifat tidak mementingkan diri sendiri, kreativitas, dan idealisme sekaligus membantu kita lebih merasakan kehidupan. Bloodstone membantu menghilangkan perasaan mudah marah, agresif, dan tidak sabar.

Safir

Batu biru ini adalah salah satu batu yang dihargai. Ia disebut dapat menarik kemakmuran, kebahagiaan, dan kedamaian sembari membuka pikiran untuk menerima keindahan dan intuisi.

Sedangkan untuk kesehatan fisik, safir diklaim membantu menyembuhkan masalah mata, kelainan darah, sekaligus meredakan depresi, kegelisahan, dan insomnia.

Rubi atau mirah delima

Batu merah ini dalam masyarakat Jawa diyakini memiliki energi yang istimewa. Ia digunakan membantu mengembalikan vitalitas dan tingkat energi, serta membantu meningkatkan hal-hal seperti sensualitas, seks, dan kecerdasan.

Rubi juga diklaim bisa membantu membawa kesadaran diri dan realisasi kebenaran ke pikiran seseorang. Rubi digunakan pada zaman kuno untuk membantu menghilangkan racun dari darah dan meningkatkan sistem peredaran darah secara keseluruhan.

Bagaimana memilih batu yang cocok?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui kepribadian dan kebutuhan diri sendiri. sekaligus merasakan apa yang dirasa kurang dalam kehidupanmu. Dengan begitu, kristal yang tepat akan bisa membantu melegkapi apa yang dirasa kurang dalam diri.

Setelah itu, biarkan intuisi memilih yang terbaik untukmu. Bisa jadi sebuah batu membuatmu tertarik karena keindahannya, atau kamu bisa merasakan daya tarik lain yang terpancar, sehingga kamu memilihnya.

Kamu bisa memakai batu itu sebagai perhiasan berupa cincin, gelang atau manik-manik. Selain indah, bisa jadi batu-batu itu memberi pengaruh positif untukmu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/26/171958920/selain-indah-beberapa-jenis-batu-diyakini-memiliki-efek-menyembuhkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke