Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rentan Merusak Hubungan, Jangan Sepelekan 7 Masalah Berikut

KOMPAS.com - Menjaga sebuah hubungan bukanlah hal mudah. Menghadapi masalah dalam hubungan adalah normal, namun tak sedikit orang yang menyepelekan masalah kecil hingga akhirnya menjadi besar dan dapat mengancam keberlangsungan hubungan.

Berikut beberapa masalah yang jika disepelekan di awal hubungan rentan merusak sebuah hubungan:

1. Ketidakcocokan

Masalah ketidakcocokan adalah salah satu masalah terbesar yang sering dihadapi dalam hubungan.

Misalnya, ketika kamu ingin pergi berpesta, namun pasanganmu hanya mau bermalas-malasan di rumah, atau ketika kamu suka dengan sesuatu yang sifatnya petualangan, namun pasanganmu suka menghabiskan waktu untuk membaca buku.

Setiap orang memang memiliki keunikan masing-masing, sehingga perbedaan adalah hal wajar. Namun, jika kamu dan pasangan nyaris tidak memiliki kesamaan, maka kondisi itu bisa memicu permasalahan di masa depan.

Jika kamu menghadapi situasi ini, cobalah meluangkan waktu untuk memahami satu sama lain dan membicarakan tentang apa yang bisa kalian nikmati bersama.

2. Tidak ada keintiman

Keintiman adalah inti dari sebuah hubungan. Jika kamu sudah merasakan hubungan yang tidak menyenangkan dengan pasangan, apalagi jika terjadi di awal hubungan. Alih-alih menyimpannya sendiri, lebih baik kamu mengomunikasikannya dan mencari solusinya.

3. Berbeda prioritas

Dalam sebuah hubungan, prioritas dapat menyiratkan cinta seseorang terhadap pasangannya. Apakah kamu dalam hubungan jangka pendek maupun panjang, menghormati keinginan pasangan di atas kepentingan yang lain adalah sebuah tanda cinta.

Meski begitu, jika kamu baru saja memulai hubungan dan sudah merasakan punya banyak perbedaan prioritas dengan pasangan, maka kamu perlu membicarakannya kembali. Sebab jika dibiarkan, situasi tersebut hanya akan semakin buruk.

4. Pasangan terlalu mengontrol

Terkadang, seseorang menjadi sangat mengontrol dan terlalu banyak meminta. Situasi ini bisa memicu konflik dan kebingungan.

Jika pasanganmu selalu berusaha mengontrol keputusanmu, maka hubungan tersebut tidak sehat dan rentan mengalami kehancuran.

Dalam setiap hubungan, sikap saling memahami dan merdeka sangatlah penting, dan sebaiknya setiap pasangan memahami nilai mereka.

5. Mengambil ruang pribadi

Rasa cemburu, tidak aman dan keraguan adalah tiga aspek paling negatif dalam sebuah hubungan.

Dalam beberapa kondisi, hal-hal ini seringkali memprovokasi seseorang untuk menginvasi ruang pasangannya atau "memeriksa" pasangannya secara tidak perlu.

Saat kita menjalin hubungan, tidak berarti kita dapat menghilangkan ruang pribadi pasangan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan masalah di masa depan, dan bahkan dapat membuat pasangan kita mengambil langkah drastis yang mengejutkan.

6. Tidak mau berkomunikasi

Komunikasi adalah kunci kesuksesan dalam sebuah hubungan. Jika kamu sudah kehilangan ketertarikan untuk mendiskusikan masalah atau berkomunikasi dengan pasangan, maka waspadai itu sebagai sebuah masalah yang ada dalam hubunganmu.

7. Kurangnya rasa percaya

Loyalitas dan kepercayaan adalah fondasi yang kuat untuk sebuah hubungan. Inilah yang membuat sebuah ikatan tetap hidup.

Meski begitu, jika kamu sudah curiga terhadap pasanganmu atau sebaliknya, maka ini saatnya kamu mempertimbangkan kembali pilihan dalam hidupmu.

Kehilangan kepercayaan dari seseorang sangatlah mudah, tapi mendapatkan kepercayaan adalah hal yang sangat sulit.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/02/075724620/rentan-merusak-hubungan-jangan-sepelekan-7-masalah-berikut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke