Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Pola Asuh Anak ala Ratu Inggris yang Bisa Ditiru

KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II telah memimpin Kerajaan Inggris selama sekitar 69 tahun, setelah ayahnya, Raja George V, meninggal pada 1952.

Terlepas dari perannya sebagai Ratu, perempuan kuat ini juga merupakan ibu dari empat orang anak dan nenek dari delapan orang cucu.

Ada beberapa gaya pola asuh Ratu Elizabeth yang mungkin bisa kita terapkan kepada anak-anak kita, apa saja?

1. Mengasuh anak sebagai tugas penting

Seorang ibu memiliki banyak peran, mulai dari seorang guru, sahabat, hingga tempat anak mengadu. Bagi Ratu, seorang ibu mengemban tugas penting yang amat besar, bahkan mungkin pekerjaan paling penting dari pekerjaan lainnya.

Kepada aktris Kate Winslet di sebuah momen pada 2012 lalu, Ratu juga sempat merespons bahwa ia mencintai tugasnya menjadi seorang ibu.

"Itu adalah satu-satunya tugas yang berarti," ungkapnya, seperti dilaporkan Good Housekeeping.

2. Berbagi passion

Ratu dikenal sangat mencintai binatang dan menyukai aktivitas berkuda. Ia sudah berkuda sejak masih kecil, yang membuatnya punya passion besar terhadap olahraga.

Bahkan, Ratu masih terlihat mengendarai kuda di sekitar Kastil Windsor ketika berusia 94 tahun.

Passion itu dibagikannya kepada anak-anaknya. Putri Ratu, Princess Anne adalah salah satu yang mengikuti jejaknya dalam menjadi penunggang kuda andal.

3. Mengajarkan nilai uang

Ratu mungkin merupakan salah satu wanita terkaya di dunia, namun ia memahami nilai uang dan tidak sembrono dalam mengeluarkannya. Ini menjadi pelajaran yang baik bagi anak-anaknya.

Pihak kerajaan sempat mengungkapkan kepada HELLO! bahwa Ratu sangat pandai mengatur pengeluaran dan selalu mempertimbangkan untuk menabung. Nilai ini amat tertanam di lingkungan kerajaan.

"Etos keseluruhan di dalam Istana Buckingham adalah menabung. Bahkan ketika kamu tidak mematikan lampu di ruangan kerja saat makan siang, orang-orang akan mendiamkanmu dan menganggapmu orang yang menghamburkan uang," ujar sumber tersebut.

4. Beraktivitas di luar ruangan

Ratu juga dikenal senang beraktivitas di luar ruangan dan menikmati kebunnya di Istana Buckingham, Kastil Windsor, Kastil Balmoral, dan Sandringham.

Kebiasaan tersebut ia turunkan kepada empat orang anaknya. Itulah mengapa kita sering melihat keluarga Ratu berjalan bersama di kebun-kebun mereka.

Pangeran Charles bahkan memiliki passion besar dalam berkebun, sesuatu yang tak diragukan lagi pasti diturunkan dari kecintaan sang ibu terhadap alam.

5. Selalu melakukan yang terbaik

Ratu selalu berusaha tampil sempurna dalam penampilan. Pernahkah kamu melihat Ratu tampil dengan busana kasual? Tidak, bukan?

Lihat saja dress atau coatdress yang digunakannya bersama sepatu formal, perhiasan, sarung tangan, dan bahkan lipstik.

Di masa-masa mudanya, yang terlihat dari sejumlah seri, Ratu juga selalu cerdas dalam berbusana. Hal ini diajarkan kepada anak-anaknya yang selalu tampil rapi.

Anak laki-lakinya tak pernah lupa memasukkan pakaian ke dalam celana dan mengenakan sepatu lengkap beserta kaus kaki, sementara Putri Anne selalu tampil cantik menggunakan dress, cardigan dan jas.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/02/132426620/5-pola-asuh-anak-ala-ratu-inggris-yang-bisa-ditiru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke