Salin Artikel

Amankah Kembali Berolahraga di Gym? Ini Tipsnya

KOMPAS.com - Selain pusat perbelanjaan dan tempat hiburan, sarana umum lainnya yang juga sudah mulai dibuka untuk publik adalah pusat kebugaraan (fitness center).

Risiko penularan di tempat gym dianggap lebih besar karena kita akan berkumpul dengan banyak orang dalam suatu ruangan. Selain itu, kita juga akan menggunakan alat secara bergantian.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung, sejumlah pusat kebugaran memberlakukan protokol keamanan dan kebersihan yang diterapkan memasuki era kenormalan baru (new normal).

Celebrity Fitness dan Fitness First, misalnya, menerapkan sejumlah protokol baru seiring dengan dibukanya pusat kebugaran mereka di beberapa kota.

"Kami telah menyiapkan pengalaman latihan baru dengan tingkat keamanan dan kebersihan yang tinggi. Tim kami akan memperkenalkan beberapa protokol yang berfokus kepada aplikasi mobile untuk melakukan booking kelas atau akses gym, social distancing, kebersihan pribadi dan kebersihan fasilitas fitness."

Demikian diungkapkan oleh Managing Director Celebrity Fitness dan Fitness First Indonesia, David Prosser melalui keterangan tertulis.

Bagi Anda yang ingin mulai berolahraga di gym, empat hal penting berikut juga bisa menjadi acuan demi menjaga keamanan selama berolahraga:

1. Booking akses gym dan kelas

Untuk menghindari kontak antara staf dan member Celebrity Fitness dan Fitness First memberlakukan pemesanan (booking) akses gym dan kelas lewat aplikasi mobile.

Aplikasi mobile akan mencatat pemesanan ini dan membantu para staf dalam menjaga kapasitas klub maksimal 50 persen, seperti saran dari pemerintah pusat mengenai kegiatan berkelompok sosial.

Periode pemesanan kelas di Celebrity Fitness dan Fitness First dibuka 48 jam sebelum kelas dimulai dan ditutup 20 menit sebelum kelas dimulai.

Jika di tempat Anda berolahraga tidak memiliki fasilitas sejenis, cobalah untuk menghubungi nomor telepon pusat kebugaran tersebut dan buatlah pemesanan sebelum Anda pergi berolahraga.

2. Pembatasan jarak

Protokol jaga jarak tentunya akan diberlakukan di semua tempat, tidak terkecuali pusat kebugaran.

Manajemen Celebrity Fitness dan Fitness First mewajibkan semua member menjaga jarak minimal 2 meter satu sama lain selama berolahraga di dalam studio dan 1,5 meter di semua area lain di dalam klub.

Untuk itu, kegiatan sosial seperti latihan kontak dekat dan sesi foto bersama tentu juga tidak disarankan.

Selain itu, beberapa peralatan seperti treadmill dan sepeda statis juga ditata ulang sehingga member hanya bisa menggunakan alat dengan posisi berselang-seling dan tetap menjaga jarak. Peraturan sama juga diberlakukan di dalam ruangan loker.

3. Menjaga kebersihan

Seluruh pihak yang beraktivitas di area pusat kebugaran akan melalui pengecekan suhu tubuh sebelum masuk.

Untuk mengurangi kontak fisik saat pertukaran kartu membership di pintu masuk, member dapat melakukan check-in dan check-out sendiri dengan memindai kartu ke mesin kartu pemindai.

Member juga diwajibkan untuk menandatangani formulir pernyataan kesehatan sebelum memulai berolahraga dan siap mengikuti semua protokol kebersihan klub. Termasuk di antaranya memakai masker, mencuci tangan, serta membawa handuk dan perlengkapan olahraga sendiri, seperti yoga mat, yoga hammock, boxing gloves and alat suspension.

4. Kebersihan alat dan ruangan

Ketika hendak berolahraga kembali di pusat kebugaran, pastikan ruangan olahraga dan peralatannya telah dibersihkan dengan baik.

Celebrity Fitness dan Fitness First sendiri melakukan inspeksi sebelum klub dibuka untuk memastikan bahwa sistem listrik, mekanik, aliran air, AC dan juga filtrasi udara berjalan dengan baik.

Staf juga akan memastikan semua studio latihan dibersihkan setelah kelas selesai dan sebelum kelas selanjutnya dimulai.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/03/160243420/amankah-kembali-berolahraga-di-gym-ini-tipsnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.