Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perlengkapan yang Wajib Dimiliki Pesepeda, Sudahkah Kamu Punya?

KOMPAS.com - Jika kita baru pergi ke toko sepeda untuk pertama kali, kita akan dihadapkan dengan berbagai pilihan yang membingungkan.

Tanpa persiapan atau minimnya informasi, kita bisa saja keluar dengan membeli barang yang tidak diperlukan, dan justru melewatkan barang atau perlengkapan penting.

Karena itu, simak panduan di bawah ini terkait perlengkapan wajib serta pendukung untuk pesepeda.

Perlengkapan wajib/utama

1. Sepeda

Pertama-tama, pastinya kita harus menentukan sepeda yang kita inginkan dan sesuai dengan keperluan.

Kamu bisa membeli road bike, urban bike, atau sepeda lipat bila akan bersepeda di jalan aspal yang mulus. Namun bila ingin off road, maka sepeda gunung akan lebih cocok.

Sebagai pemula, pertimbangkan apakah sebaiknya membeli sepeda standar kemudian meng-upgradenya? Atau kita ingin berinvestasi lebih untuk sepeda yang lebih mahal?

2. Helm

Bersepeda tanpa helm tidak akan membuat kita tampak keren. Maka, kalau kita punya sepeda, helm adalah perlengkapan wajib.

Bukan masalah kita berkendara di jalan yang sibuk, jalur gunung, atau jalur sepeda. Jika jatuh dari sepeda, helm dapat mencegah kemungkinan terburuk. Pastikan memilih helm yang cocok bagi kita dan mampu melindungi kepala dengan benar.

3. Kacamata

Memakai kacamata ketika bersepeda tidak hanya melindungi mata dari sinar matahari. Kacamata membantu menghalau angin dan mencegah mata iritasi.

Selain itu, kacamata juga menjaga mata kita dari tabrakan serangga, terpaan hujan, dan material lain seperti debu.

Sebagian besar kacamata bersepeda mempunyai lensa yang dapat diganti, sehingga kita hanya perlu menyesuaikan cuaca atau cahaya dengan lensa yang dibutuhkan.

4. Gembok sepeda

Jika kita akan meninggalkan sepeda di tempat parkir, maka kuncilah. Gembok sepeda tidak terlalu mahal, namun bisa meminimalkan risiko sepeda dicuri dan menghemat uang kita dalam jangka panjang.

5. Cover sepeda

Apabila kita tidak punya garasi atau tempat penyimpanan sepeda di dalam rumah, belilah cover atau penutup untuk melindungi sepeda dari cuaca panas dan hujan.

Jika sepeda tidak dibungkus dengan kain penutup saat diparkir di luar, beberapa minggu kemudian kita akan melihat kerusakan pada cat-nya atau bisa lebih buruk.

Warna memudar, rantai berkarat, dan korosi pada baut bisa terjadi karena cuaca. Karena itu, cari cover sepeda yang cocok untuk menjaga sepeda tetap kering.

6. Botol  minum

Bersepeda merupakan olahraga yang membuat kita berkeringat. Jika kamu bersepeda dalam jarak yang cukup jauh, maka sebaiknya mengganti keringat yang keluar dengan minum agar tidak mengalami dehidrasi.

Karenanya diperlukan botol minum yang dapat dibawa dengan mudah, baik di dalam tas maupun di frame sepeda.

7. Pompa ban dan perkakas lain

Rasanya membuang waktu jika kita harus mengakhiri perjalanan dengan membawa sepeda ke bengkel karena ban bocor atau masalah lain.

Kita butuh alat (pembuka ban dan kunci-kunci) serta pengetahuan untuk menangani perbaikan sepeda yang paling umum.

Pompa ban yang bagus dengan ukuran kecil agar mudah dibawa, perkakas dan ban dalam cadangan akan memudahkan kita selama bersepeda.

8. Lampu dan reflektor

Bersepeda tidak harus dilakukan pada pagi atau siang hari. Kadang-kadang kita perlu bersepeda ketika hari sudah gelap, misalnya saat pulang kantor.

Bila kondisi jalan gelap, maka pesepeda tanpa lampu atau refleltor bisa tidak terlihat pengguna jalan lain. Karenanya buatlah dirimu dan sepedamu terlihat dengan lampu dan reflektor.

Umumnya orang memasang dua lampu untuk sepeda, yakni lampu depan untuk menerangi jalan, dan lampu belakang yang lebih redup agar orang lain melihat kita.

Perlengkapan pendukung

1. Jersey dan celana sepeda

Item terpenting dari perlengkapan pendukung yang bisa kita beli untuk bersepeda adalah celana sepeda dan jersey yang menyerap keringat.

Celana sepeda yang baik akan membuat kita lebih nyaman, bertenaga, dan penuh kendali saat berada di atas sepeda.

Selain itu, celana khusus sepeda juga memungkinkan kita berkendara dalam waktu lebih lama karena dilengkapi bantalan.

2. Topi khusus sepeda

Topi khusus bersepeda memiliki fungsi dan gaya, melindungi mata dari sinar matahari serta keringat dan hujan, dan membuat kita tetap hangat di hari yang dingin.

Dengan adanya helm, topi sepeda bukanlah suatu item yang harus dimiliki. Namun topi jenis ini bisa membantu saat kita tidak ingin orang memperhatikan rambut yang basah karena keringat.

3. Pedal clipless dan sepatu sepeda

Pedal clipless dan sepatu sepeda akan membuat kayuhan lebih efisien dan nyaman saat bersepeda. Sol sepatu yang kaku akan mentransfer tenaga dari kaki ke pedal.

Namun jika kita baru pertama kali bersepeda, kita perlu membiasakan diri bersepeda dengan sepatu dan pedal jenis ini. Bila telah terbiasa, kamu akan merasakan manfaatnya, terutama jika harus bersepeda jarak jauh.

4. Sistem komputer sepeda

Komputer sepeda yang dipasang di stang bisa melacak jarak dan kecepatan bersepeda dari waktu ke waktu.

Sistem komputer sepeda yang lebih canggih akan melacak metrik perjalanan kita, menunjukkan waktu dan jarak tempuh, lokasi, tenaga, serta banyak lagi.

5. Jaket sepeda

Jaket sepeda adalah item yang sangat diperlukan untuk membuat kita nyaman saat mengendarai sepeda, bahkan di cuaca buruk.

Sebagian besar jaket sepeda berbobot ringan dan tahan air, sehingga mampu menghalangi angin, udara dingin, dan hujan masuk ke tubuh kita.

Bahkan beberapa perusahaan membuat jaket sepeda yang bisa digulung dan dimasukkan ke saku pakaian, sehingga kita selalu siap jika terjadi keadaan darurat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/04/191645520/perlengkapan-yang-wajib-dimiliki-pesepeda-sudahkah-kamu-punya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke