Salin Artikel

Amankah Memakai Toilet Umum di Tengah Pandemi Covid-19?

KOMPAS.com - Toilet umum pada dasarnya adalah mimpi buruk bagi para germophobe atau orang-orang yang fobia terhadap kuman - karena gagang pintu yang kotor, toilet yang digunakan oleh banyak orang, dan kurangnya alat pembersih, seperti tisu dan sabun.

Dengan munculnya pandemi Covid-19 tentu menambah lapisan risiko, yaitu penularan virus corona. Jadi, sebenarnya amankah menggunakan toilet umum?

Risiko penyebaran virus corona di toilet umum baru-baru ini disorot dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Physics of Fluids, di mana ia menyatakan partikel-partikel yang ada di toilet - atau tetesan yang dapat naik hingga tiga kaki dari pembilasan toilet - menimbulkan bahaya yang jelas, karena partikel tersebut dapat dihirup oleh siapa pun di dalam toilet.

Tentu saja, selain dari fakta bahwa partikel itu berasal dari toilet, simulasi yang dilakukan dalam penelitian juga menemukan, sisa-sisa virus corona dapat dibawa ke udara dan orang-orang sangat berisiko menghirupnya.

Kabar baiknya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindarinya dan tetap aman.

“Apa yang paling berbahaya dari menggunakan toilet umum? Itu adalah orang-orang yang berada di dalamnya. Virus corona yang berada di tubuh seseorang umumnya belum mati dan berisiko tinggi menular," kata William Schaffner, MD, seorang profesor kedokteran di Divisi Penyakit Menular di Fakultas Kedokteran Universitas Vanderbilt.

Karena itu, ia merekomendasikan untuk memakai masker wajah saat masuk ke toilet umum , dan juga memeriksa lebih dulu kondisi toilet, seberapa ramai orang di dalam toilet atau seberapa panjang antrean di sana.

Dari sana, yang terbaik adalah menunggu sampai kondisi toilet lebih sepi atau bahkan kosong.

Jaga kontak dengan benda yang ada di toilet sesedikit mungkin, dan juga pastikan untuk mencuci tangan dengan benar begitu selesai menggunakan toilet.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/08/234449720/amankah-memakai-toilet-umum-di-tengah-pandemi-covid-19

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.