Salin Artikel

Manfaat Vitamin B, C dan E untuk Kulit Wajah Sehat

KOMPAS.com - Mengonsumsi vitamin menjadi salah satu unsur yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Vitamin juga memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Beberapa jenis vitamin yang baik untuk kulit, di antaranya vitamin B, C dan E.

Ahli Gizi Winda Ekayanti, MND, APD menjelaskan masing-masing manfaatnya dan sumber yang dibutuhkan.

1. Vitamin B

Beberapa sumber makanan kaya vitamin B antara lain daging, hati, unggas, telur, serta produk susu seperti susu, yogurt dan keju.

Konsumsi makanan tinggi vitamin B dapat membantu regenerasi sel tubuh, termasuk kulit, menjaga sel saraf, serta membuat kulit tampak berkilau alias glowing.

"Jadi, kalau konsumsi vitamin B kompleks setiap hari sangat bagus. Tentunya juga dalam porsi seimbang."

Demikian dijelaskan oleh Winda dalam peluncuran produk skin care Commonlabs, belum lama ini.

2. Vitamin C

Sumber makanan tinggi vitamin C di antaranya adalah kelompok sitrus, seperti lemon, jeruk, nanas, dan mangga. Setiap buah memiliki kandungan vitamin C berbeda.

Makanan tinggi vitamin C adalah sumber antioksidan yang sangat baik bagi tubuh, termasuk kulit.

Seperti menbantu sintesis kolagen, memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

"Beberapa sumber vitamin C juga bisa meregenerasi kulit, mengatasi bintik hitam dan membuat kulit terlihat lebih cerah," papar Winda.

3. Vitamin E

Makanan sumber vitamin E memiliki komponen antioksidan yang tinggi, sehingga mampu membantu regenerasi kulit.

Untuk pemilik kulit sensitif, konsumsi makanan tinggi vitamin E bisa membantu mengatasi peradangan dan menenangkan kulit. Itulah mengapa vitamin E juga banyak digunakan dalam produk perawatan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat vitamin E kita perlu rajin mengonsumsi sayur-sayuran berdaun hijau dan sayur lainnya yang tinggi serat, mengandung fitokimia dan rendah kalori.

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah, namun dalam porsi yang terkontrol, sebab beberapa buah mengandung fruktosa.

Direkomendasikan hanya dua porsi bua setiap harinya.

"Karena tidak boleh terlalu banyak konsumsi fruktosa. Tapi, kalau sayuran boleh," ungkapya.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, penting pula untuk menjaga pola hidup sehat, mengelola stres, rutin berolahraga, dan tidur cukup.

Skin care dengan kandungan vitamin

Penggunaan produk perawatan kulit yang tepat dan sesuai kondisi kulit juga penting untuk membuat kulitmu tetap glowing dan sehat.

Pentingnya vitamin juga dijunjung tinggi oleh Commonlabs, merek perawatan kulit asal Korea Selatan yang baru saja diperkenalkan di Indonesia oleh C&F.

Commonlabs memiliki kandungan vitamin dalam seluruh rangkaian produknya dan meyakini bahwa kecantikan alami dimulai dari kesehatan kulit.

Dalam peluncurannya, tim Commonlabs menjelaskan, produk mereka terdiri dari dua jenis, yaitu single vitamin yang fokus pada satu jenis vitamin, dan multivitamin yang mengandung dua atau lebih jenis vitamin.

Rangkaian produk Commonlabs yang tersedia di C&F saat ini meliputi produk single vitamin B, C, dan E dalam bentuk masker (ggultamin) dan juga ampoule.

“Ggultamin” merupakan gabungan dari kata “madu” dalam bahasa Korea dan “vitamin”, dua bahan utama dalam semua produk maskernya.

Sementara Vitamin B5 Moisture Ampoule dari Commonlabs diklaim mengandung 10,8 persen vitamin B5. Rasio tersebut dianggap mampu secara optimal melembapkan kulit yang letih dan kering.

"Kami fokus pada vitamin sebagai key ingredients. Kami tidak ingin memberikan hasil instan, tapi mencoba mengatasi masalah dari intinya," kata Marketing Manager Commonlabs, Jungmoon Gong, dalam peluncuran produknya.

Produk Commonlabs bisa kamu dapatkan di C&F store, dengan harga Rp 320.000 untuk Vitamin B5 Moisture Ampoule dan Rp 59.000 untuk Ggultamin mask.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/13/125428120/manfaat-vitamin-b-c-dan-e-untuk-kulit-wajah-sehat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.