Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Manfaat Metode Kangaroo Mother Care untuk Bayi Baru Lahir

KOMPAS.com - Kehadiran bayi tentu akan membuka lembaran baru dalam hidup kita sebagai orangtua. Begitu juga untuk bayi kecil yang baru hadir ke dunia. Ia perlu menyesuaikan diri dengan kehidupan dunia, setelah sembilan bulan berada di dalam perutrahim yang penuh kehangatan.

Karena itu, di masa awal kehidupannya, seringkali bayi masih membutuhkan kehangatan untuk membuatnya merasa nyaman.

Metode kangaroo mother care umumnya bisa membantu bayi baru lahir merasa nyaman. Metode ini juga menawarkan banyak manfaat untuk bayi baru lahir, apalagi jika bayi lahir prematur.

Ayah dan ibu sama-sama bisa melakukan metode ini. Caranya pun mudah, siapakan bayi tanpa busana kecuali popok, kemudian letakkan di dada kita, tutupi dengan selimut.

Gagasan metode kangaroo mother care dikembangkan di Kolumbia pada 1970-an untuk membantu mengatasi angka kematian bayi prematur yang tajam.

Kini, banyak dokter dan bidan merekomendasikannya untuk bayi prematur maupun bayi yang lahir cukup bulan.

Bidan bersertifikat Shellie Hawk, menjelaskan manfaat dari kontak kulit ke kulit dan menawarkan petunjuk langkah demi langkah untuk membantu orangtua dan bayi mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman ikatan yang luar biasa ini.

Bagaimana kangaroo mother care membantu bayi dan orangtua?

"Kelahiran adalah kejutan besar bagi bayi," kata Hawk.

"Berlatih kangaroo mother care, terutama setelah bayi lahir, membantu memudahkan transisi bayi dari rahim - tempat yang hangat, nyaman, dan tenang ke dunia luar yang lebih dingin dan lebih keras."


4 Manfaat Kangaroo Mother Care untuk bayi baru lahir:

1. Membantu menstabilkan bayi yang baru lahir

Terutama untuk bayi prematur, menerapkan kangaroo mother care dapat membantu meningkatkan tingkat saturasi oksigen, yang membantu menstabilkan jantung dan laju pernapasan.

2. Meningkatkan kualitas tidur bayi

Perawatan kangguru atau kangaroo mother care, yang bertujuan meniru rahim, adalah pengalaman yang menenangkan bagi bayi.

“Sebagian besar bayi tertidur dalam beberapa menit setelah diletakkan di dada ibu atau ayah mereka,” kata Hawk.

3. Meningkatkan pertumbuhan dan pertambahan berat badan

Kontak kulit-ke-kulit antara bayi dan orangtua membantu mengatur suhu tubuh bayi.

Semakin sedikit energi yang digunakan bayi untuk mengontrol suhu, semakin banyak energi yang dapat diarahkan untuk peningkatan berat badan dan aktivitas pertumbuhan.

4. Lebih baik untuk menyusui

"Ketika bayi diletakkan di atas perut ibunya, dia benar-benar merangkak mencari payudara ibunya," kata Hawk.

Jadi kontak kulit ke kulit membantu ibu dan bayi membentuk rutinitas menyusui lebih cepat, dan juga membantu meningkatkan produksi ASI.

Manfaat Kangaroo Mother Care untuk ibu dan ayah:

Menurut Hawk, bayi bukan satu-satunya yang mendapat manfaat dari kangaroo mother care atau perawatan kangguru.

Seperti halnya menyusui, metode kangaroo mother care dapat meningkatkan oksitosin, hormon perasaan-baik yang dapat melawan penurunan estrogen dan progesteron yang terjadi setelah melahirkan.

Selain itu, metode kangaroo mother care dapat meningkatkan ikatan antara orangtua dan bayi, serta meningkatkan kepercayaan diri orangtua dalam mengasuh dan merawat anak.

Tips melakukan Metode Kangaroo Mother Care:

Metode kangaroo mother care atau perawatan kanguru bekerja paling baik di lingkungan yang tenang tanpa lampu terang. Sebelum memulai, matikan lampu dan jaga agar lingkungan senyap. Lalu, bersiaplah untuk melakukan metode ini dengan bayi:

1. Lepaskan baju dan bra, ganti dengan baju berritsleting atau kancing di bagian depan (atau gaun rumah sakit yang terbuka di depan).

2. Letakkan bayi (hanya memakai popok dan topi) di atas dada dengan posisi tegak.

3. Tutupi bayi dengan selimut atau baju ibu.

4. Pegang bayi dengan gaya kanguru selama satu jam, setidaknya empat kali per minggu.

“Tidak peduli bagaimana orangtua melakukannya, perawatan kanguru dapat menciptakan pengalaman ikatan yang tenang dan nyaman, bahkan dapat membantu mengatasi pengalaman melahirkan yang sulit,” kata Hawk.

Jika ingin melakukannya setelah proses melahirkan, bicarakan hal ini dengan dokter atau bidan yang akan membantu proses kelahiran nanti.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/16/204955420/4-manfaat-metode-kangaroo-mother-care-untuk-bayi-baru-lahir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke