Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yang Perlu Disiapkan Orang Muda Hadapi Dunia Kerja

KOMPAS.com – Anjloknya pertumbuhan ekonomi membuat banyak perusahaan melakukan berbagai penghematan, termasuk dalam rekrutmen tenaga kerja. Usaha mencari kerja pun makin kompetitif, termasuk para sarjana yang baru lulus.

Meski begitu, bukan berarti orang muda hanya bisa berdiam diri saja sampai pandemi berlalu. Justru ini adalah saatnya memperbanyak skill agar bisa memenangi persaingan.

Sebelum krisis, generasi muda berusia 15-24 tahun tiga kali lebih besar mudah terpapar pengangguran dibanding orang dewasa, dan sering ada periode transisi sekolah-kerja yang berkepanjangan.

Menyambut World Youth Skill Day yang diperingati setiap 15 Juli, AkzoNobel Indonesia yang bermitra dengan SOS Children’s Village mengadakan sesi mentoring secara virtual untuk 150 anak muda Indonesia.

Presiden Direktur AkzoNobel Decorative Paints Indonesia, Indra Laban, mengatakan, pembekalan ini diharapkan bisa membantu para peserta untuk menjadi generasi yang tangguh dan pandai menghadapi tantangan.

“Kami memahami fase kenormalan baru yang mau tidak mau turut mempengaruhi generasi muda. Paling berdampak adalah dalam memiliki keahlian dan kesulitan mendapatkan pekerjaan nantinya,” kata Indra dalam siaran pers.

Dalam program virtual mentoring ini, seluruh peserta dilatih agar lebih tangguh dan juga pembekalan untuk masuk ke dunia kerja, termasuk paint academy serta pelatihan soft-skill.

“Merespon pandemi yang terjadi, dalam sesi ini kami membekali mereka dengan kemampuan mengenai dunia bisnis, cara untuk beradaptasi dan berani menghadapi kegagalan,” kata Vandy Makki, sebagai fasilitator utama sesi online dan juga selaku AkzoNobel HR Director Indonesia & Papua New Guinea.

Dengan pengawasan ketat dari para pembimbing dan fasilitator oleh SOS Children’s Villages, pada Februari awal tahun ini, telah diselenggarakan sesi untuk mengkomunikasikan sembilan kompetensi yang dibutuhkan agar menjadi karyawan yang lebih baik seperti, inisiatif, fleksibilitas, kerjasama tim, keinginan untuk belajar, kejujuran, cara berkomunikasi dengan baik, ketahanan, pengelolaan diri sendiri, dan pembawaan diri.

Secara global, hampir 3.000 anak muda telah dilatih selama kemitraan berlangsung, dengan lebih dari 700 sukarelawan AkzoNobel turut ambil bagian.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/19/205631020/yang-perlu-disiapkan-orang-muda-hadapi-dunia-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke