Salin Artikel

Kim Kardashian Buka Suara soal Kondisi Kesehatan Mental Kanye West

KOMPAS.com - Kim Kardashian merilis pernyataan tentang kesehatan mental suami Kanye West melalui akun Instagram miliknya.

Pesan itu diungkap setelah perilaku Kanye tidak menentu selama berminggu-minggu. Hal ini terjadi di tengah kontroversi pencalonan dirinya sebagai Presiden Amerika dan menjelang perilisan album terbarunya mendatang.

Banyak yang berspekulasi bahwa ia sedang menjalani episode mania karena diagnosis gangguan bipolarnya.

Dalam beberapa hari terakhir, Kanye memilih tinggal di properti Cody-nya, Wyoming dan membuat Tweet secara konsisten untuk istri dan ibu mertuanya, Kris Jenner, atas upaya mereka untuk membuat para profesional kesehatan mental turun tangan.

Tweet Kanye pun sangat random seperti mengunggah gambar font untuk kemitraan brand miliknya, Yezzy bersama Gap atau hasil tangkap layar daftar lagu album Donda miliknya. Namun tiba-tiba Tweet itu dihapus.

Kemudian Kanye juga mengungkapkan di Twitter bahwa sang istri, Kim Kadharsian telah berselingkuh dengan Meek Mill.S dan menyebut ibu mertuanya dengan panggilan Kris Jong Un.

Kanye mengungkapkan bahwa Kim Kadharsian memaksanya menjalani perawatan medis untuk kesehatan mentalnya. Sementara Kim justru mengungkap, bahwa keluarga kerap tak berdaya mengatasi masalah mental Kanye.

Kanye juga kembali mengoceh di Twitter, yang sekarang sudah dihapus terkait perseteruannya dengan Drake dan Lil Baby, yang dilaporkan menolak untuk berkolaborasi dengannya. Di sela semua ini, Dave Chappelle mengunjungi Kanye untuk memeriksanya.

Kim merinci betapa rumitnya hidup dan mencintai seseorang dengan gangguan kesehatan mental seperti diagnosis Bipolar pada Kanye, tetapi hal ini justru membutuhkan kesabaran dan pengertian dari Kim.

"Orang-orang yang tidak sadar atau jauh dari pengalaman ini bisa menghakimi dan tidak mengerti bahwa individu itu sendiri harus terlibat dalam proses mendapatkan bantuan, tidak peduli seberapa keras keluarga dan teman-temannya berusaha," katanya.

Dia juga percaya, bahwa diagnosis tersebut juga bagian dari kejeniusannya dan seperti yang kita semua saksikan, banyak dari mimpi besarnya menjadi kenyataan.

Berikut adalah pernyataan lengkap Kim Kadharsian:

Seperti yang kalian ketahui, Kanye memiliki kelainan bipolar. Siapa pun yang memiliki ini atau orang yang dicintai (didiagnosis bipolar) dalam hidupnya, tahu betapa rumit dan menyakitkannya memahami (mereka).

Saya tidak pernah berbicara di depan umum tentang bagaimana ini memengaruhi kami di rumah, karena saya sangat melindungi anak-anak kami dan hak privasi Kanye ketika menyangkut kesehatannya.

Tetapi hari ini, saya merasa saya harus mengomentarinya karena stigma dan kesalahpahaman tentang kesehatan mental.

Mereka yang memahami penyakit mental atau bahkan perilaku kompulsif tahu, bahwa keluarga tidak berdaya kecuali ia masih di bawah umur.

Orang yang tidak sadar atau jauh dari pengalaman ini bisa menghakimi dan tidak mengerti bahwa individu itu sendiri harus terlibat dalam proses mendapatkan bantuan, tidak peduli seberapa keras keluarga dan teman-temannya berusaha.

Saya mengerti bahwa Kanye dapat dikritik karena dia adalah figur publik dan tindakannya terkadang dapat menyebabkan opini dan emosi yang kuat.

Dia adalah orang yang cerdas, tetapi rumit, di mana ia mengalami tekanan seorang seniman dan laki-laki kulit hitam, yang mengalami kehilangan yang menyakitkan dari ibunya, dan harus berurusan dengan tekanan dan isolasi yang diperparah oleh gangguan bipolar-nya.

Mereka yang dekat dengan Kanye tahu hatinya dan memahami kata-katanya beberapa kali tidak sejalan dengan niatnya.

Hidup dengan gangguan bipolar tidak mengurangi atau membatalkan impian atau ide-ide kreatifnya, tidak peduli seberapa besar ketidak yakinan yang mereka rasakan. Itu adalah bagian dari kejeniusannya dan seperti yang telah kita saksikan, banyak impian besarnya terwujud.

Kita sebagai masyarakat berbicara tentang memberi perhatian pada masalah kesehatan mental secara keseluruhan, namun kita juga harus memberi perhatian kepada individu yang hidup bersamanya pada saat-saat mereka sangat membutuhkannya.

Saya dengan hormat meminta media dan publik memberi kami belas kasih dan empati yang dibutuhkan, agar kami bisa melewati ini.

Terima kasih untuk mereka yang telah menyatakan keprihatinannya atas kesehatan Kanye dan atas pengertian kalian semua.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/24/102407720/kim-kardashian-buka-suara-soal-kondisi-kesehatan-mental-kanye-west

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.