Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini untuk Mencegah Jerawat Muncul

KOMPAS.com - Salah satu hal yang paling menyebalkan tentang jerawat adalah mereka muncul tiba-tiba dan seringkali membutuhkan waktu lama untuk pergi.

Umumnya, jerawat dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti usia, genetika, stres, gaya hidup, obat-obatan, dan makanan.

Meskipun tidak dapat dihilangkan dalam waktu singkat, para ahli telah merekomendasikan lima jenis makanan berikut untuk meningkatkan kualitas kulit dan mengurangi risiko peradangan, termasuk mencegah munculnya jerawat.

1. Kacang

Kacang pistachio dan Brazil mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan vitalitas kulit. Studi telah menunjukkan, pistachio memiliki efek menguntungkan pada tubuh dengan mengatur kadar insulin yang dapat menyebabkan penurunan jerawat. Selain seng, kacang ini juga mengandung vitamin A, C, dan E.

Kacang brazil, di sisi lain, mengandung antioksidan yang disebut selenium yang dapat membantu meningkatkan jerawat dengan mengurangi peradangan.

Sebuah penelitian menganalisis sampel darah dari 37 pria dan mencatat bahwa mereka yang berjerawat memiliki kadar selenium yang lebih rendah.

2. Buah-buahan

Apel, ceri, pisang, dan raspberry kaya akan vitamin yang memiliki sifat melindungi kulit. Selain itu, menurut Dr. Rachelle Wood, ahli gizi terdaftar dari Kanada, kamu dapat mengonsumsi anggur merah beserta bijinya.

"Buah dan bijinya mengandung bahan kimia alami yang kuat dan antioksidan yang telah terbukti dapat mengobati kondisi kulit yang meradang, seperti psoriasis dan eksim," katanya.

Alpukat tidak hanya kaya akan vitamin E tetapi juga mengandung serat dan minyak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan hormon. Buah ini juga sering digunakan sebagai masker wajah untuk menyegarkan dan melembapkan kulit.

3. Sayuran

Sebagian besar sayuran hijau dan berdaun sangat bagus untuk kulit. Bayam, selada, kangkung, dan brokoli baik dimasukkan dalam daftar makanan sehari-hari karena mengandung banyak vitamin, antioksidan, zat besi, dan kalsium.

Sementara sayuran hijau melindungi kulit terhadap radikal bebas yang memecah kolagen, ahli gizi dan penulis Dr. Kellyann Petrucci menambahkan bahwa produk berwarna oranye seperti kentang dan wortel dapat membantu memulihkan kolagen.

Dosis vitamin A yang sehat dapat menjaga lapisan luar dengan mencegah penyumbatan pori-pori.


4. Teh

Beberapa orang mengklaim, bahwa minum teh spearmint sangat membantu mengurangi jerawat hormonal mereka.

Satu studi juga menunjukkan, teh dapat mengurangi kadar androgen -hormon yang terkait dengan perkembangan jerawat.

Teh kunyit juga telah direkomendasikan untuk efek terapeutik dan anti-inflamasi. Curcumin, bahan dalam kunyit, dapat memainkan peran penting dalam menargetkan bakteri yang menyebabkan jerawat. Bahan ini juga dapat digunakan dalam bentuk produk perawatan kulit berbasis kunyit.

5. Gandum Utuh

Biji-bijian utuh seperti quinoa dapat mengurangi risiko munculnya jerawat, karena rendah indeks glikemik (GI) dan kaya selenium. Contoh lain adalah beras merah yang menyediakan protein, magnesium, vitamin B, serta antioksidan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology menemukan bahwa diet rendah glikemik dan tinggi protein membantu mengurangi jerawat pada 43 partisipan pria selama 12 minggu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/25/221733920/konsumsi-5-jenis-makanan-ini-untuk-mencegah-jerawat-muncul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke