Salin Artikel

Akibat Pandemi, Google Minta Karyawan Kerja dari Rumah hingga 2021

KOMPAS.com -  Semenjak pandemi Covid-19, berbagai perusahaan di dunia meminta karyawannya bekerja dari rumah.

Bahkan raksasa teknologi Google memperpanjang waktu bekerja dari rumah bagi karyawan mereka.

Pada Senin (27/7/2020) kemarin, Google mengatakan bahwa perusahaan akan meminta para karyawan bekerja dari rumah hingga Juni 2021.

"Untuk memberi karyawan kesempatan membuat rencana ke depan, kami menambah waktu bekerja dari rumah hingga 30 Juni 2021 bagi karyawan yang tidak perlu ada di kantor," kata CEO Google Sundar Pichai.

Awalnya perusahaan mengatakan, karyawan diharapkan kembali ke kantor pada Januari 2021.

Perubahan itu akan memengaruhi hampir seluruh karyawan Google yang berjumlah 200.000 orang, termasuk mereka yang berstatus kontrak maupun karyawan tetap, menurut The Wall Street Journal.

Banyak perusahaan teknologi telah mengumumkan sebagian besar karyawan dapat bekerja dari rumah hingga akhir tahun 2020, dan beberapa perusahaan belum menentukan batas waktu.

Amazon dan Apple telah meminta pekerja kembali pada bulan Januari 2021. Bahkan, Twitter membolehkan karyawan bekerja dari rumah "selamanya" jika mereka mau.

Sama seperti Google, Facebook mengambil pendekatan jangka panjang tentang bagaimana dan kapan karyawan bisa kembali bekerja di kantor.

Pada bulan Mei, CEO Mark Zuckerberg mengatakan Facebook akan meminta sebagian besar dari 50.000 karyawannya bekerja dari rumah secara permanen.

Dalam lima hingga 10 tahun ke depan, Zuckerberg mengatakan ia memprediksi sekitar 50 persen tenaga kerja Facebook akan bekerja remote.

Pada Senin (27/7/2020), jumlah kasus Covid-19 di AS mencapai 4,2 juta kasus, menurut data yang dikumpulkan Johns Hopkins University.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/28/131647120/akibat-pandemi-google-minta-karyawan-kerja-dari-rumah-hingga-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.