Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ulang Tahun, Ikat Indonesia Luncurkan Koleksi "New Normal Essentials"

KOMPAS.com - Sembilan tahun bukan lah waktu yang singkat dalam perjalanan sebuah merek. Bagi Ikat Indonesia, merek busana siap pakai bernuansa etnik modern, sembilan tahun juga memiliki banyak cerita.

Berawal dari merilis koleksi busana wanita, label mode yang diinisiasi oleh desainer Didiet Maulana itu kini sudah menancapkan kaki di kancah internasional.

Tak hanya itu, Didiet dan Ikat Indonesia secara perlahan telah mengubah pandangan masyarakat luas bahwa kain tenun lebih dari sekadar pajangan atau item mode formal, melainkan bisa juga digunakan kasual untuk busana sehari-hari.

"Dari yang tadinya anak muda enggak relate pakai ini, boro-boro menggabungkan dengan oversized pants, jadi semakin terbuka lagi "oh ternyata kain yang selama ini dipakai untuk dekorasi rumah cocok juga ya untuk bepergian"."

Demikian diungkapkan Didiet dalam virtual press conference, Rabu (29/7/2020).

Seiring berjalannya waktu, Ikat Indonesia terus mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk menghasilkan karya mode yang inovatif. Misalnya dengan Starbuck atau bank BCA.

"Memang sepanjang perjalanannya sangat spesial. Karya Ikat juga sekarang tidak hanya di ready to wear, tapi ada lini Sarupa untuk uniform," papar pria kelahiran 18 Januari 1981 itu.

Koleksi di tengah pandemi

Bertepatan dengan ulang tahun ke-9 pada 29 Juli 2020, Ikat Indonesia tak hanya melihat kilas balik perjalanannya tetapi juga meluncurkan koleksi "New Normal Essentials".

Koleksi ini berawal dari keinginan untuk mendukung keberlanjutan para perajin tenun yang ikut terdampak akibat pandemi Covid-19.

New Normal Essentials adalah set yang berisi kelengkapan dalam menghadapi tatanan normal yang baru saat ini.

Koleksi ini terdiri dari masker dan konektor, sabun tangan dan antiseptik serbaguna yang dikemas dalam sebuah pouch cantik yang memadukan berbagai motif dengan tenun dan lurik.

"Kenapa pouch karena kami merasakan ketika new normal begini mau menaruh masker saja kalau sedang makan di luar, bingungnya setengah mati."

"Di dalam pouch ini ada kantong transparan yang bisa dicuci untuk menaruh masker yang sudah dipakai dan masker baru," ungkapnya.

New Normal Essentials terdiri dari empat desain, yakni Sadira, Kayana, Nida, dan Daliya. Masing-masing memiliki karakteristik desain yang kuat.

Kayana pouch, misalnya, memiliki nuansa monokrom yang memberikan tampilan subtle dan klasik. Desain ini cocok untuk pria maupun wanita serta dapat melebur dengan jenis pakaian apapun.

Sementara Nida pouch memadukan tenun dan lurik berwarna beige. Cocok untuk pribadi yang menyukai warna tenang dan mencari warna-warna netral.

Sabun tangan dan antiseptik dalam koleksi ini juga tak kalah spesial karena merupakan produk organik dengan keharuman cendana.

"Kenapa cendana? Semua orang sekarang tergila-gila dengan sandalwood padahal kita sudah kenal sejak lama, sandalwood ini adalah cendana," kata Didiet.

Koleksi yang dibanderol seharga Rp 359.000 ini akan dijual secara paket di www.ikatindonesia.com dan di beberapa marketplace rekanan. Didiet berencana menjadikan produk ini menjadi sebuah koleksi musiman.

"New Normal Essentials ini nanti dalam satu tahun akan ada beberapa season. Sehingga nanti bisa dikumpulkan semuanya," ungkapnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/29/194000620/ulang-tahun-ikat-indonesia-luncurkan-koleksi-new-normal-essentials

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke