Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencegah Hilangnya Penglihatan pada Anak-anak Lewat Sabun Shea

KOMPAS.com - Di banyak negara berkembang, lebih dari 500.000 anak kehilangan penglihatan setiap tahun karena kekurangan vitamin A. Gizi dan nutrisi yang buruk menyebabkan anak-anak ini tidak mendapatkan sumber vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan dan perkembangan mata.

UNICEF, Badan dunia yang mengurusi anak-anak sudah sejak lama mengurangi risiko kehilangan penglihatan pada anak-anak dengan berusaha memenuhi kebutuhan vitamin ini.

Untunglah upaya ini mendapat bantuan berbagai pihak, salah satunya dari L'Occitane, brand skincare asal Provence, Perancis.

Sebenarnya L'Occitane sudah sejak tahun 1997 menaruh perhatian pada mereka yang kesulitan melihat, dengan menyertakan huruf braile pada kemasan produknya.

Lalu pada tahun 2000, L'Occitane Foundation meneruskan aksinya dengan mendukung upaya menghindari kebutaan lewat program Union for Vision dengan target menyelamatkan penglihatan 10 juta anak sampai tahun 2020.

Upaya yang dilakukan pun beragam, salah satunya dengan donasi. Yang terbaru, L'Occitane menghadirkan sabun yang disebut solidarity soap. Hasil penjualan sabun berbentuk jantung hati ini akan disumbangkan seluruhnya untuk program Union for Vision.

Sabun yang dijual seharga Rp 105.000 ini dibuat menggunakan bahan-bahan tumbuhan alami dengan wangi madu dan orange blossom, serta diperkaya dengan shea butter yang dikenal khasiatnya dalam melembutkan kulit.

Menurut L'Occitane, satu sabun yang terjual akan bisa membantu pemenuhan kebutuhan vitamin A selama setahun untuk 3 anak, guna mencegah mereka menjadi buta.

Bersama sabun ini, L'Occitane juga menghadirkan Shea Intensive Hand Balm yang mengandung 25% shea butter, lebih banyak dari produk hand cream sebelumnya.

Dengan kulit yang lembap, kulit pun akan lebih mudah terhindar dari masalah-masalah seperti tanda penuaan. Namun di balik itu, pemakaian shea butter yang tepat juga mampu memulihkan inflamasi pada kulit sampai membuat kulit menjadi sangat lembut.

Shea butter berasal dari lemak kacang pohon shea. Meskipun termasuk produk dari kacang-kacangan, tetapi shea butter biasanya aman untuk segala jenis kulit dan tidak memicu reaksi alergi.

Ini disebabkan karena shea butter memiliki kadar protein yang sedikit sehingga jarang memicu alergi. Selain itu, shea butter juga tidak membuat kulit berminyak sesudah pemakaian. Berikut adalah beberapa manfaat shea butter:

1. Melembapkan kulit

Manfaat shea butter yang sudah dikenal adalah melembapkan kulit dengan kandungan asam lemaknya yang mudah meresap dan mencegah kulit menjadi kering, serta memperbaiki lapisan luar dari kulit.

2. Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen penting untuk menjaga kesehatan kulit, salah satu manfaat shea butter adalah menghalangi kerusakan serat kolagen dalam kulit yang dapat membuat kulit terlihat lebih padat.

3. Mencegah jerawat

Meskipun shea butter mengandung asam lemak yang seolah dapat meningkatkan kadar minyak dalam kulit, faktanya shea butter justru bermanfaat untuk mengurangi minyak berlebih di kulit dan membantu mencegah munculnya jerawat.

4. Melindungi kulit dari sinar matahari

Meskipun jarang digunakan secara mandiri sebagai sunscreen, tetapi kita dapat menambahkan shea butter di kulit yang sudah diolesi sunscreen untuk meningkatkan proteksi terhadap sinar matahari. Shea butter diperkirakan memiliki SPF 3 sampai 4.

5. Menanggulangi sunburn

Tidak hanya sebagai pelindung tambahan sunscreen, manfaat shea butter yang menarik adalah mengatasi sunburn atau terbakarnya kulit akibat sinar matahari berlebih.

Senyawa antiradang dalam shea butter mampu mengurangi pembengkakan dan kemerahan, sementara kandungan asam lemaknya dapat melembapkan kulit yang terkena sunburn.

6. Mengurangi bekas luka dan stretch mark

Bekas luka dan stretch mark dapat merusak penampilan, untungnya salah satu manfaat shea butter adalah menyamarkan bekas luka dan stretch mark dengan cara menghentikan terbentuknya jaringan parut dan meningkatkan produksi sel kulit yang sehat.

7. Mengatasi nyeri otot

Nyeri otot sehabis olahraga? Oleskan saja shea butter di tempat yang terasa nyeri. Shea butter bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan ketegangan pada otot akibat penggunaan berlebih.

8. Meringankan kondisi kulit tertentu

Beberapa kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dan sebagainya dapat diperbaiki dengan mengoleskan shea butter yang dapat mengurangi rasa gatal dan melembutkan kulit.

9. Mengurangi kerutan di kulit

Tidak hanya bekas luka dan stretch mark, manfaat shea butter lainnya adalah untuk menyamarkan kerutan di kulit. Meningkatkan sel kulit baru dan kolagen dapat mengurangi kemunculan kerutan akibat faktor luar dan usia.

10. Mengatasi gigitan serangga

Dari gigitan serangga sampai sengatan lebah, shea butter dipercaya sejak zaman dahulu untuk mengurangi pembengkakan akibat gigitan atau sengatan serangga. Namun, belum ada penelitian yang membuktikan manfaat shea butter ini.

11. Membantu regenerasi sel kulit

Kandungan antioksidan dan khasiat shea butter dalam melembapkan kulit berperan dalam membantu pembentukan sel kulit baru dan mengurangi sel-sel kulit mati.

12. Membantu penyembuhan luka

Senyawa asam lemak pada shea butter dapat melindungi luka dari iritasi dan mengurangi peradangan. Selain itu, shea butter juga bermanfaat untuk meningkatkan proses pembentukan jaringan baru di kulit.

13. Mencegah ruam popok

Di dalam shea butter terdapat senyawa antijamur dan antiradang yang dapat digunakan sebagai alternatif alami untuk mengatasi ruam popok akibat jamur. Shea butter juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan regenerasi sel kulit.

14. Melindungi kulit dari radikal bebas

Kandungan vitamin A dan E yang tinggi antioksidan berkontribusi untuk melindungi sel kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit dan membuat kulit menjadi kusam.

15. Anti-aging alami

Manfaat shea butter yang menggiurkan adalah dapat menjadi anti-aging alami untuk kulit. Hal ini karena shea butter mampu meningkatkan regenerasi kulit dan melembutkannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/02/224548620/mencegah-hilangnya-penglihatan-pada-anak-anak-lewat-sabun-shea

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke