Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Berlutut Saat Lagu Kebangsaan AS, Jersey Jonathan Isaac Laku Keras

Isaac mengundang perhatian karena dia menjadi pemain NBA pertama yang berdiri -sementera yang lainnya berlutut, ketika lagu kebangsaan AS dikumandangkan di awal pertandingan.

Tak hanya itu, Isaac pun tak mengenakan kaus "Black Lives Matter" seperti yang lainnya, saat berada di pinggir lapangan.

Keputusan dan sikap dia ternyata mendatangkan dampak tersendiri, ketika kejadiannya sudah berlalu di akhir pekan kemarin.

Dua hari setelah pertandingan Magic yang digelar pada Jumat, penjualan jerses Isaac melonjak di toko cinderamata NBA.

Pada hari itu, tercatat angka penjualan jersey Isaac berada di urutan kedua terbanyak setelah mega bintang Lakers, Los Angeles, LeBron James.

Dia mengalami sobekan di lutut kiri -lutut yang sama di mana dia pernah menderita cedera parah pada Januari lalu.

Seharusnya, cedera di bulan Januari itu mengakhiri kiprah Isaac di musim 2019/2020. Namun karena pandemi Covid-19 menyebabkan kompetisi NBA tertunda, dan ada waktu bagi Isaac untuk pulih dan bermain lagi. 

Sayangnya, memasuki kuarter keempat dalam pertandingan hari Minggu, dia kembali harus meninggalkan lapangan dengan bantuan kursi roda. 

Isaac sempat menjelaskan mengapa dia tetap berdiri saat lagu kebangsaan AS dikumandangkan.

"Aku percaya dengan Black Lives Matter," kata dia usai pertandingan Jumat lalu.

“Banyak yang mempengaruhi keputusan saya, dan di antaranya adalah, saya berpikir berlutut dan mengenakan kaus Black Lives Matter tak melulu sejalan dengan spirit yang ada."

"Jadi saya merasa seperti -buat saya pribadi, apa yang saya yakini dengan mengambil sikap itu adalah, meski saya percaya bahwa isu ini penting, tetapi saya pun merasa itu adalah keputusan yang harus saya buat."

"Saya tidak merasa harus mengenakan baju itu, dan berlutut seiring dengan dukungan terhadap semangat tersebut. Saya percaya, -bagi diri saya sendiri, hidup saya telah ditopang oleh Injil, Yesus Kristus, dan semua orang diciptakan menurut gambar Allah."

"Oleh karena itu kita semua ada di dalam kemuliaan Allah," tegas dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/04/160620620/tak-berlutut-saat-lagu-kebangsaan-as-jersey-jonathan-isaac-laku-keras

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.