Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Merawat Wajah agar Cerah dan Lebih Glowing

KOMPAS.com - Kemajuan skin care terkadang membuat kita bingung harus memulai dari mana dan harus membeli produk yang mana.

Kita pun mungkin merasa tertinggal saat orang lain melakukan tujuh tahapan perawatan wajah, atau menggunakan produk, seperti essence, face mist, serta tiga serum wajah sekaligus pada malam hari.

Sebenarnya kekhawatiran itu tidak perlu karena cara merawat wajah harus dikembalikan pada hal-hal yang mendasar, yang memang wajib dilakukan setiap hari dan disarankan dilakukan setiap minggu.

Lalu, apa yang seharusnya kita lakukan untuk mendapatkan wajah yang sehat, cerah, dan glowing tanpa harus bertele-tele?

Perawatan wajah harian

Untuk skala harian, cara merawat wajah mendasar berikut inilah yang perlu diterapkan:

1. Gunakan pembersih yang lembut setiap malam

Banyak orang yang ternyata cocok membersihkan wajah menggunakan cleanser satu kali sehari. 

Jika kamu termasuk kelompok tersebut, kamu disarankan untuk melakukannya pada malam hari sebelum tidur agar sisa sunscreen, kosmetik, minyak, dan bakteri dapat tersingkirkan.

Pilihlah pembersih wajah yang lembut dan tidak mengiritasi kulit. Apabila wajah tidak dapat menerima pembersih wajah yang berbusa, cobalah beralih pada cleanser yang tidak berbusa.

2. Coba terapkan double cleansing

Dalam membersihkan wajah di malam hari, kamu dapat mencoba menerapkan double cleansing. Artinya, membersihkan wajah dilakukan dengan dua tahap: menggunakan cleansing oil atau micellar water, kemudian dilanjutkan dengan pembersih wajah yang lembut.

Penerapan double cleansing semakin disukai banyak orang karena sabun pembersih wajah saja dirasa tidak cukup untuk membersihkan kotoran di wajah.

3. Jangan lupakan sunscreen

Banyak orang terlalu sibuk menggunakan produk skincare seperti toner atau serum, namun melupakan bagian yang paling penting: sunscreen atau tabir surya.

Padahal, penggunaan sunscreen setiap hari sifatnya wajib untuk melindungi kulit dari sinar UV. Paparan sinar UV dapat memicu penuaan kulit, peradangan, bintik hitam, kerutan, bahkan kanker kulit.

Kamu bisa mencari produk sunscreen yang memiliki SPF minimal 30. Tak lupa, pilihlah produk yang memiliki label broad spectrum atau memiliki keunggulan melindungi kulit dari UVA dan UVB sekaligus.

Walau lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, penggunaan tabir surya tetap perlu dilakukan.

Selain itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang sunscreen secara berkala. Jika kamu lebih banyak berada di luar rumah, pengaplikasian ulang bisa dilakukan setiap 2 jam sekali.

4. Aplikasikan pelembap

Untuk menutup rangkaian produk perawatan kulit, jangan lupa mengaplikasikan produk pelembap wajah. Menggunakan pelembap juga menjadi kewajiban, terlepas apa pun jenis kulit kita.

Berikut ini beberapa tips memilih produk pelembap berdasarkan jenis kulit:

Cara merawat wajah mingguan

Pada skala mingguan, cara merawat wajah berikut ini sangat dianjurkan:

1. Eksfoliasi untuk singkirkan sel kulit mati

Naiknya popularitas produk-produk AHA dan BHA menunjukkan orang semakin sadar pentingnya eksfoliasi sebagai bagian dari cara merawat wajah mendasar.

Eksfoliasi sekali seminggu sangat membantu menyingkirkan sel kulit mati sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan berseri.

Untuk eksfoliasi, kamu bisa menggunakan asam-asam AHA dan BHA. Untuk BHA, asam yang paling umum kita temukan yaitu asam salisilat. Sementara itu untuk AHA, asam yang umum digunakan yaitu:

  • Asam glikolat
  • Asam sitrat
  • Asam laktat
  • Asam tartarat
  • Asam malat

Untuk eksfoliasi mingguan, kamu bisa menggunakan produk AHA yang memiliki konsentrasi kurang dari 10% agar risiko efek sampingnya bisa dihindari.

Konsentrasi asam salisilat sebagai asam utama BHA biasanya memiliki rentang 0,5% - 5%.

Apabila menggunakan produk AHA dan BHA yang dirancang untuk pemakaian harian, kamu bisa melewatkan eksfoliasi mingguan.

2. Gunakan masker wajah atau pijat menggunakan face oil

Penggunaan masker wajah sebenarnya tak perlu sering-sering dan cukup sekali seminggu saja. Penggunaan masker, seperti yang berbahan clay atau charcoal, membantu membersihkan pori-pori wajah dan mengecilkan penampakannya.

Apabila tak ingin menggunakan masker, kamu cukup memberikan pijatan pada wajah menggunakan face oil.

Cara merawat wajah yang harus dilakukan oleh profesional

Selain cara merawat wajah untuk di rumah di atas, beberapa treatment akan perlu dilakukan oleh dokter, termasuk:

1. Peeling dengan konsentrasi asam yang lebih tinggi

Ekfoliasi menggunakan face acids memang bisa dilakukan di rumah dengan konsentrasi yang cenderung rendah.

Namun, untuk chemical peeling menggunakan konsentrasi tinggi, kita harus meminta bantuan dokter. Dokter dapat memberikan peeling wajah yang lebih menyeluruh pada kulit, namun tetap memerhatikan risiko dan efek sampingnya.

2. Pemberian obat-obatan untuk masalah kulit yang parah

Untuk jerawat yang cenderung ringan, kita bisa mengatasinya menggunakan produk-produk yang dijual bebas.

Namun, pada kasus yang lebih berat, seperti peradangan pada jerawat yang tidak merespons produk biasa, sangat dianjurkan untuk meminta bantuan dokter.

Dokter dapat meresepkan kandungan yang bekerja lebih efektif, seperti antibiotik oral dan topikal, isotretinoin, atau obat-obat pengendali hormon pada jerawat hormonal.

Cara merawat wajah mendasar perlu kita terapkan tiap hari dan tiap minggu. Sebelum bingung dengan seabrek produk perawatan wajah yang banyak macamnya, kita harus mengutamakan pembersih, tabir surya, dan pelembap terlebih dahulu.

Dengan perawatan yang teratur, maka kulit yang sehat dan glowing alias bercahaya akan bisa kita dapatkan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/05/115410020/begini-cara-merawat-wajah-agar-cerah-dan-lebih-glowing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke