Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nusantara Fashion Festival Jadi Panggung untuk Merek Lokal

KOMPAS.com – Menghadapi masa pandemi ini, industri fesyen dan juga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dihadapkan pada tekanan yang besar. Dibutuhkan kreativitas dan dukungan dari semua pihak agar mereka bisa bangkit lagi.

Untuk memberikan panggung bagi pegiat mode dan UMKM mempresentasikan karyanya, Bank BRI menggelar Nusantara Fashion Festival selama bulan Agustus 2020. Ini merupakan perhelatan mode virtual terbesar di Indonesia.

Berkolaborasi dengan lebih dari 300 UMKM serta pegiat industri mode seperti desainer tanah air dan label lokal, acara ini akan menjadi panggung untuk merek-merek lokal.

CEO Samara Media & Entertainment, Ben Soebiakto mengatakan, NUFF 2020 sebagai festival mode virtual terbesar pertama di Indonesia akan menghadirkan konsep ekosistem online yang terintegrasi.

“NUFF 2020 menghadirkan konsep ekosistem online yang terintegrasi, mulai dari live streaming sampai e-commerce, yang dapat dimanfaatkan sebagai platform bagi UMKM serta pelaku industri mode untuk bertemu, berkolaborasi, dan bertumbuh,” katanya dalam siaran pers.

Ia menambahkan, festival mode virtual ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada pegiat industri mode dan menyambut ide-ide kreatif yang dapat memajukan ekonomi kreatif Indonesia.

Setiap desaner akan tampil di panggung virtual dengan tema berbeda. Beberapa desainer ternama yang terlibat antara lain Sebastian Gunawan, Didi Budiardjo, Ghea Panggabean, Eddy Betty, dan masih banyak lagi.

Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani, mengatakan, UMKM mode saat ini telah bertransformasi dan sangat beragam mulai dari pengrajin kain tradisional sampai dengan label lokal modern.

“Kondisi saat ini menuntut adanya inovasi-inovasi untuk membantu industri mode terus bertahan,” jelasnya.

Virtual Fashion Show dan Virtual Gala Show pada 16 dan 17 Agustus 2020 akan mempresentasikan karya dari 75 desainer dan label mode dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia ke-75.

NUFF 2020 juga akan menggelar Charity Auction sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku industri mode yang terkena dampak dari pandemi. Program ini akan melelang produk mode hasil kolaborasi spesial antara seniman dan label lokal.

Seluruh rangkaian NUFF 2020 ini dapat disaksikan secara live stream di nusantarafashionfestival.com.

Semua informasi lebih lanjut terkait NUFF 2020 juga bisa didapatkan di situs tersebut dan akun instagram @nuff.id

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/09/181035220/nusantara-fashion-festival-jadi-panggung-untuk-merek-lokal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke