Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mundur dari Kerajaan, Bagaimana Hubungan Harry dan Ratu Inggris?

KOMPAS.com - Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan untuk mundur dari anggota senior Keluarga Kerajaan Inggris, Maret lalu. Sejak saat itu, topik mengenai relasi Harry-Meghan dengan anggota keluarga kerajaan selalu menarik diperbincangkan.

Termasuk hubungan Harry dengan sang nenek, Ratu Elizabeth II. Bagaimana kondisi hubungan mereka saat ini?

Setelah ibunya, Putri Diana, meninggal, Harry hanya punya sedikit kerabat perempuan yang tersisa.

Bersama sang kakak Pangeran William, Harry kerap mendampingi Ratu menghadiri berbagai acara termasuk acara keluarga seperti kebaktian Natal, pernikahan dan perayaan ulang tahun.

Namun, ada sejumah drama dan berbagai klaim yang mengikuti setelah Harry dan istrinya memutuskan mundur.

Apapun itu, menurut buku yang akan dirilis, "Finding Freedom", relasi keduanya masih baik.

"Terlepas dari kekacauan di luar, Ratu masih salah satu perempuan paling penting di kehidupan Pangeran Harry," tulis buku tersebut.

Buku tersebut merinci tentang momen makan siang pribadi antara Ratu dan Pangeran Harry pada 1 Maret, di tengah keterlibatan resmi terakhir Harry.

Rupanya, acara makan siang ini lebih informal dibandingkan pertemuan sebelumnya.

"Tidak ada agenda apapun. Hanya seorang nenek dan cucunya," kata seorang asisten kerjaaan, seperti dijelaskan dalam buku itu.

Saat duduk di kediaman pribadi Ratu di kastil Windsor tersebut, Harry menegaskan kembali bahwa terlepas dari perasaannya terhadap kehidupan kerajaan, hubungan dengan neneknya tetap kuat. Menurut Harry, sang nenek juga masih memiliki perasaan yang sama dengannya.

Menurut Finding Freedom, saat mereka menyantap makan siang, Ratu menjelaskan kepada Harry bahwa dia akan selalu mendukungnya dalam apa pun yang Harry putuskan untuk lakukan.

Ratu mengatakan pada Harry bahwa bahkan setelah masa percobaan 12 bulan yang ditetapkan, kerajaan masih membuka pintu jika dia dan Meghan ingin kembali bekerja dalam lingkungan kerajaan dan tugas resmi kapan saja.

Saat ini, Harry dan Meghan bersama putra mereka Archie sudah pindah tempat tinggal ke Los Angeles, Amerika Serikat.

Tampaknya dalam waktu dekat mereka tidak akan kembali ke kehidupan lama mereka. Namun untungnya, tampaknya hubungan antara nenek dan cucu ini tetap erat, apa pun langkah yang dipilih Harry.


https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/10/093127520/mundur-dari-kerajaan-bagaimana-hubungan-harry-dan-ratu-inggris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke