Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Karyawan Facebook Bisa WFH hingga Juli 2021

KOMPAS.com - Kebijakan bekerja dari rumah dalam waktu yang lebih lama, kebanyakan sampai tahun depan, dipilih oleh beberapa perusahaan besar. Facebook pun mengumumkan mereka akan memperpanjang kebijakan work from home (WFH) bagi karyawan hingga Juli 2021.

Raksasa media sosial itu bergabung dengan perusahaan lain seperti Google, yang juga mengizinkan karyaan untuk bekerja remote hingga musim panas tahun depan.

"Berdasarkan panduan dari ahli kesehatan dan pemerintah, serta keputusan dari diskusi internal kami tentang masalah ini, kami mengizinkan karyawan bekerja dari rumah hingga Juli 2021."

Demikian kata jurubicara Facebook Nneka Norville dalam sebuah pernyataan.

"Selain itu, kami memberi karyawan tambahan 1.000 dollar AS untuk membeli kebutuhan bekerja di rumah."

Pada bulan Maret lalu, 48.000 karyawan Facebook mulai bekerja remote sejak gelombang pertama anjuran WFH dimulai.

Awalnya, perusahaan mengumumkan karyawannya akan bekerja dari jarak jauh hingga akhir tahun 2020. Namun, kasus penularan Covid-19 belum juga menunjukkan tanda akan mereda.

Selain Facebook, beberapa perusahaan lain juga meminta karyawannya bekerja dari rumah, seperti Google dan Twitter.

Twitter bahkan mengumumkan mereka akan mengizinkan karyawannya bekerja dari rumah secara permanen jika berkenan.

Kembali ke Facebook, kepada The Verge, sang CEO Mark Zuckerberg mengungkap bahwa perusahaannya tengah merencanakan agar setengah dari seluruh tenaga kerjanya bekerja remote secara permanen dalam waktu dekat.

Zuckerberg mengatakan, dalam survei internal perusahaan, 40 persen dari 48.000 stafnya berminat untuk bekerja dari rumah secara permanen.

Perusahaan sedang menawarkan posisi kepada karyawan yang ada untuk bekerja remote sampai akhir tahun ini, dan berharap setengah dari seluruh karyawan bekerja dengan cara tersebut dalam waktu 5-10 tahun mendatang.

"Kami akan menjadi perusahaan yang paling condong ke depan dalam bekerja remote pada skala kami," kata Zuckerberg.

Langkah yang diambil Facebook menandai perubahan besar dari kebijakan sebelumnya, di mana perusahaan menawarkan bonus hingga 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 220 juta kepada karyawan yang secara sukarela bekerja di kantor pusat perusahaan.

Kebijakan serupa akan tetap ada, namun perusahaan menyebut karyawan yang memutuskan bekerja dari rumah secara permanen akan mendapat pengurangan gaji jika mereka pindah ke daerah dengan biaya hidup lebih rendah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/10/103434120/karyawan-facebook-bisa-wfh-hingga-juli-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke