Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Parfum Lokal HMNS Ciptakan Aroma yang 'Nempel' di Ingatan

KOMPAS.com - Wewangian bisa membangkitkan kenangan. Setuju?

Hal ini ternyata telah diungkapkan dalam banyak penelitian, lho.

Laman psychologytoday.com, misalnya, menyebutkan adanya sejumlah studi tingkah laku yang menemukan bahwa wewangian dapat memicu ingatan emosional yang lebih jelas dan lebih baik dalam mendorong perasaan "dibawa kembali ke masa lalu" daripada sebuah gambar.

Jawabannya bisa jadi karena anatomi otak. Bau yang masuk pertama kali diproses oleh olfactory bulb, yang dimulai di dalam hidung dan mengalir di sepanjang bagian bawah otak.

Olfactory bulb memiliki hubungan langsung ke dua area otak yang sangat terkait dengan emosi dan memori, yakni amigdala dan hipokampus. Menariknya, informasi visual, auditori (suara) dan sentuhan (sentuhan) ternyata tidak melewati area otak ini.

Inilah mengapa wewangian sangat berhasil dalam memicu emosi dan ingatan. 

Untuk itu, sebagian orang sangat perhatian dan selektif memilih wewangian untuk tubuhnya. Sebab, mereka tahu bahwa wangi yang berkarakter akan lebih diingat oleh orang lain.

Menciptakan parfum yang punya aroma berkarakter dan disukai oleh banyak orang menjadi prinsip utama dari brand parfum lokal asal Jakarta, HMNS (dibaca: Humans).

Founder HMNS, Rizky Arief Dwi menjelaskan, brand ini memiliki prinsip "made for humans", di mana mereka akan berupaya menciptakan parfum dengan wewangian yang cenderung disukai sebagian besar orang.

Satu notes yang terus digunakan oleh brand yang berdiri September 2019 ini dalam setiap produknya adalah "amber". Amber memiliki sifat tahan lama dan pada umumnya akan berbaur dengan aroma badan pengguna parfum tersebut.

Membuat setiap pengguna memiliki karakter wewangian yang unik dan berbeda dari orang lainnya.

"Kami ingin HMNS bisa melengkapi penampilan dan 'statement' seseorang. Ketika seseorang bisa hadir dengan performa terbaiknya, yaitu salah satunya menggunakan parfum dari HMNS, ada hal lain yang orang lain bisa ingat dari dia."

Demikian diungkapkan Rizky kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Nostalgia masa lalu

Rizky dan dua orang pendiri HMNS lainnya juga punya cerita sendiri tentang aroma dan kenangan.

Cerita itu kemudian mereka tuangan dalam varian parfum terbaru mereka, "Farhampton" yang rilis Juli lalu.

Farhampton adalah parfum dengan kategori extrait de parfum atau kelas perfume dengan komposisi pure fragrance paling tinggi, yaitu sekitar 30-45 persen.

Varian dengan warna kemasan serba hitam ini terinspirasi dari How I Met Your Mother, serial kesukaan ketiga pendiri ketika masih duduk di bangku kuliah.

Saat itu, mereka memiliki parfum kesayangan namun parfum tersebut kini sudah tidak diproduksi.

Mereka kemudian bersepakat menghidupkan kembali wangi parfum tersebut lewat brand HMNS, bekerja sama dengan perfumer Indonesia yang juga lulusan terbaik di ISIPCA Perancis.

Botol parfum yang 'handy' dan berbentuk kotak minimalis membuatnya mudah digenggam dan kokoh saat diletakkan di berbagai permukaan.

Dari segi aroma, meski memiliki wangi yang cukup maskulin, namun varian ini tetap bisa digunakan oleh perempuan.

Ini memang sesuai dengan karakter brand HMNS, di mana mereka menciptakan produk parfum dengan karakter maskulin dan feminin. Meski begitu, HMNS mengklaim aromanya akan tetap cocok untuk digunakan siapa saja.

"Yang (kemasan) hitam sifatnya lebih maskulin, dipakai mostly oleh cowok, cewek juga bisa pakai tapi karakternya maskulin," kata Rizky.

"Yang pasti enggak usah khawatir hasilnya akan enggak enak."

Farhampton memiliki karakter amber dengan komposisi notes sebagai berikut:

  • Top Notes: bergamot dan Ripe Fruit.
  • Middle Notes: Lavender dan Orange Blossom.
  • Base Notes: Cedar, Tonka Beans dan Labdanum Amber.

Nah, sudah semakin terbayang aroma hangat dan manis berpadu jadi satu, kan?

Farhampton dengan kemasan 100ml dibanderol dengan harga Rp 335.000 dan tersedia secara online. Informasi mengenai Farhampton dan varian parfum lainnya dari HMNS bisa didapatkan melalui akun media sosial HMNS di Instagram atau twitter @hmns.id.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/10/114006420/parfum-lokal-hmns-ciptakan-aroma-yang-nempel-di-ingatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke