Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cukup 10 Menit, Tidur Siang Efektif Perbaiki Mood

KOMPAS.com - Tidak semua orang punya keleluasaan untuk tidur siang setiap harinya. Jika mendapatkan kesempatan itu, tentu sebisa mungkin kita tidur siang, kan?

Tak perlu berjam-jam, sebenarnya tidur siang selama 10 menit saja sudah sangat baik untuk kesehatan.

Justru, tidur terlalu lama selama berjam-jam dapat mengganggu siklus tidur di malam hari. Tidur siang bisa meningkatkan kewaspadaan dan menghindari seseorang merasakan mood swing.

Selain untuk orang dewasa, manfaat tidur siang bagi anak juga dapat meningkatkan IQ-nya.

Ketika seseorang mendapatkan tidur siang yang baik selama 10-20 menit, artinya sudah memasuki tahapan tidur kedua. Tak perlu sampai tahap kelima, sebenarnya ini sudah cukup membuat tubuh kembali segar.

Apabila tidur siang terlalu lama hingga berjam-jam, artinya sudah memasuki fase deep sleep. Fase ini akan membuat otak lebih tidak tanggap merespons stimulus eksternal.

Akibatnya, ketika bangun tidur justru merasa lesu dan bingung. Kondisi ini disebut sleep inertia.

Bahkan jika siklus tidur seseorang tidak teratur di malam harinya, maka gejala-gejala sleep inertia ini bisa jadi lebih parah dan lama.

Lebih jauh lagi, tidur siang dengan durasi terlalu lama bisa membuat seseorang sulit mendapatkan tidur malam yang berkualitas.

Meningkatnya risiko mengalami insomnia dan mood swing ini bisa terjadi apabila seseorang tidur siang lebih dari 60 menit, dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak tidur siang. Faktor lain seperti usia, kondisi kesehatan, dan pola tidur juga turut berperan.

Manfaat tidur siang

Ada banyak bukti ilmiah yang membuktikan bahwa tidur siang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya adalah:

Lebih produktif

Tidur siang singkat selama 10-20 menit bisa meningkatkan produktivitas seseorang. Entah itu untuk melanjutkan pekerjaan atau menuntaskan tugas lainnya.

Hanya dengan tidur siang singkat, seseorang bisa meningkatkan kemampuan psikomotor yang mengandalkan kecepatan.

Selain itu, kewaspadaan dan rentang waktu bereaksi terhadap berbagai stimulus juga menjadi lebih efisien. Ini adalah hasil penelitian dibandingkan dengan orang yang tidak tidur siang sepanjang hari.

Menyerap informasi lebih cepat

Sama seperti manfaat tidur siang bagi anak yang bisa meningkatkan kemampuan akademis mereka, tidur siang sangat baik untuk fokus dan daya ingat seseorang.

Tak hanya itu, penelitian juga membuktikan bahwa seseorang bisa menyerap informasi lebih cepat setelah tidur siang.

Menurunkan tekanan darah

Tidur siang yang baik juga bisa menurunkan tekanan darah secara signifikan. Bahkan, dampak dari tidur siang sama efektifnya seperti perubahan gaya hidup lain seperti mengurangi konsumsi alkohol dan sodium.

Rata-rata, tidur siang dapat menurunkan tekanan darah hingga 5 mmHg, sama seperti efek dari mengonsumsi obat penurun tekanan darah.

Penurunan tekanan darah sebanyak 2 mmHg saja sudah sangat baik menurunkan risiko serangan jantung hingga 10%.

Mood lebih baik

Merasa suntuk atau tidak mood juga bisa hilang berkat tidur siang sejenak. Ketika seseorang tidur selama 10-20 menit, level energinya akan kembali terisi.

Ini membuat seseorang memiliki toleransi lebih baik terhadap kemungkinan merasa frustrasi dan lebih positif menyikapi segala hal.

Selain itu, tidur siang juga membuat seseorang merasa tidak terlalu lelah. Mereka tidak mudah tersinggung, hal yang sangat mungkin terjadi ketika seseorang mengalami insomnia atau sulit tidur di malam hari.

Waktu untuk tidur siang yang baik

Waktu terbaik untuk tidur siang bergantung pada kondisi individu seperti usia dan siklus tidur. Bagi sebagian orang, tidur siang sebaiknya dilakukan antara pukul 13.00-15.00. Jika lebih dari pukul 15.00, dikhawatirkan tidur siang dapat mengganggu kualitas tidur malam.

Sepanjang usia seseorang, kebutuhan durasi tidur seseorang berbeda-beda. Berbeda dengan bayi dan anak-anak yang perlu tidur siang setiap harinya, orang dewasa sebenarnya tidak diwajibkan untuk itu.

Namun lagi-lagi, jika ada keleluasaan untuk melakukannya, jangan lewatkan power nap selama 10-20 menit. Apabila malam harinya merasa kurang tidur, maka durasi tidur siang bisa dibuat lebih panjang sekitar 90-120 menit.

Bagi yang ingin merasakan manfaat tidur siang bagi kesehatan, coba atur jadwal sehingga ada jeda waktu 10-20 menit untuk melakukannya.

Dengan begitu, mood dan energi bisa kembali lagi, dan tubuh terasa lebih bugar.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/11/124823720/cukup-10-menit-tidur-siang-efektif-perbaiki-mood

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke