Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Menyamarkan Garis Halus Senyuman

KOMPAS.com – Garis senyuman merupakan tanda hidup bahagia yang diisi dengan banyak tawa. Namun begitu, garis yang terlihat jelas mulai dari bagian bawah hidung sampai sisi mulut merupakan salah satu tanda penuaan.

Tak semua orang bisa menerima munculnya garis-garis halus di wajahnya dan berupaya untuk menyamarkan, bahkan menghilangkannya.

Garis senyuman, secara medis disebut nasolabial folds, tidak akan terlihat ketika kita berusia remaja atau usia 20-an. Seiring bertambahnya usia, kadar kolagen dan elastin di kulit pun berkurang.

“Penurunan kadar kolagen itu progresif atau bertahap, tetapi dimulai di usia 30-an. Semakin sering kita menggunakan otot wajah untuk tersenyum, makin cepat terlihat garis senyum,” kata dokter dermatologi dari Yale School of Medicine, Mona Gohara.

Selain itu, seiring dengan usia kita akan kehilangan massa tulang dan lemak di wajah akan menurun, membentuk nasolabial folds.

“Setiap orang akan mendapat garis senyum di sekitar mulut dari ekspresi normal wajah, terutama senyum. Tapi, kemunculannya sedikit berbeda pada tiap orang tergantung faktor genetic dan paparan sinar matahari,” kata Gohara.

Hal ini bukan berarti kita harus berhenti tersenyum untuk mencegah keriput.

“Saya tidak menyarankan orang untuk tak tersenyum. Selain membuat kita jadi terlihat ramah dan menarik, penelitian menunjukkan tersenyum bisa membuat stress dan cemas berkurang. Kita juga jadi lebih nyaman dan bahagia,” katanya.

Cara menyamarkan

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menyamarkan garis halus tersebut jika dirasa mengganggu.

Kita bisa melakukannya dari rumah dengan memilih produk skincare yang mengandung retinol, baik dalam bentuk serum, pelembab, atau krim malam.

Retinol merupakan zat aktif yang efektif merangsang produksi kolagen sehingga volume kulit yang mulai turun dapat kembali kenyal dan kencang.

Jika ingin cara yang lebih instan, Anda bisa melakukannya di klinik kecantikan untuk mendapatkan suntikan filler. Suntikan ini akan “mengisi” area yang mulai kehilangan volumenya dan tampak kendur.

Biasanya suntikan ini bisa bertahan satu tahun. Namun begitu jangan menghilangkan garis senyum ini sama sekali karena ini merupakan bagian alami dari wajah.

Teknik makeup

Trik lain adalah menggunakan teknik makeup agar wajah terlihat mulus.

Makeup artist Laura Geller mengatakan, sangat penting menggunakan primer terlebih dulu agar makeup tidak “pecah” dan garis halus makin kentara.

“Hindari memakai foundation atau bedak terlalu tebal di area mulut. Pilihlah makeup yang mampu memberi efek refleksi cahaya agar garis-garis halus tak terlalu terlihat,” katanya.

Untuk bagian bibir, hindari warna-warna gelap dan lipstick terlalu tebal karena perhatian mata akan lebih tertuju ke bibir.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/11/200448620/tips-menyamarkan-garis-halus-senyuman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke