Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Menata Ruang agar Tampak Lebih Luas

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu masalah yang dihadapi pasangan muda zaman sekarang adalah rumah yang berukuran kecil.

Meski demikian, rumah atau tempat tinggal kecil bukan berarti tidak menarik. Bila kita bisa mengaturnya dengan benar, maka rumah kecil pun bisa nyaman dan menawan.

Beberapa cara mengakali rumah atau ruang kecil agar tampak luas adalah dengan mengatur pencahayaan, warna, pengaturan letak, serta pemilihan barang yang ada di ruangan itu.

Menurut Michael Nikolic, creative leader di IKEA of Sweden, ada tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menata ruang agar tampak lebih luas dan berkarakter. Apa saja?

1. Cat dinding warna cerah, pilih perabot warna berani dan motif unik

Salah satu trik untuk menghadirkan kesan agar ruangan terlihat lebih luas adalah mengecat dinding dengan warna cerah. Hindari warna gelap yang dapat menyerap cahaya dan membuat ruangan terkesan lebih sempit.

Pilih warna pastel yang dapat menciptakan suasana ceria, atau warna tegas seperti merah dan kuning yang dapat memantulkan cahaya sehingga membuat ruangan terasa lebih luas.

Pastikan pula perabot yang dipilih cocok untuk melengkapi warna dinding yang cerah. Jangan ragu untuk memilih perabot dengan warna yang berani dan memiliki aksen unik.

Dengan begitu, ruangan kecil tidak akan terasa membosankan bahkan dapat memberikan statement yang unik.

2. Gunakan sekat dan hindari penggunaan pintu

Kita misalnya bisa menggunakan penyekat untuk memisahkan dapur dan ruang tamu. Maksimalkan kegunaanya dengan menggantungkan pakaian atau hiasan, yang juga dapat menambah karakter pada ruangan sederhana.

3. Gunakan perabot multifungsi untuk menghemat ruang

Penggunaan perabot dengan desain praktis menjadi kunci untuk membuat ruang sempit terasa lebih luas. Lupakan perabot besar yang memakan banyak ruang, tapi pilih perabot dengan rangka sederhana dan memiliki punggung terbuka.

Selain itu, pilihan perabot dengan fungsi ganda juga sangat diutamakan. Misalnya kursi atau meja yang berfungsi juga sebagai tempat penyimpanan.

Koleksi IKEA SammanKoppla

Perabot dan aksesoris rumah minimalis dalam koleksi ini diberi sentuhan street style melalui pola-pola berani yang terinspirasi oleh pemandangan kota Bangkok dan mode grafis Greyhound Original.

“Kami memahami keinginan pelanggan dalam menonjolkan karakteristik mereka melalui dekorasi rumahnya. Akan tetapi, hal yang sering menjadi tantangan adalah ukuran rumah dan dana yang terbatas, di mana sering kita temui di kota-kota besar. Menanggapi tantangan ini, konsep multifungsi dari Greyhound Original merupakan solusi yang tepat,” kata Michael Nikolic.

Konsep besar Greyhound Official adalah bergaya sederhana namun dengan sentuhan kreatif. Di apartemen berukuran kecilpun, penghuni tetap bisa menghadirkan kesan luas dan nyaman, sekaligus berkarakter, melalui koleksi Sammankoppla.

“Bagi kami, berkolaborasi dengan IKEA merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Dari proyek ini, kami belajar tentang bagaimana IKEA menjelajahi hal baru dan menerjemahkan ide tersebut ke dalam perabot rumah tangga yang terjangkau dan mudah diakses oleh pelanggan,” ungkap Founder and Creative Director Greyhound Original, Bhanu Inkawat.

Koleksi Sammankoppla dijual secara terbatas mulai Agustus 2020 di IKEA Alam Sutra, IKEA Sentul City dan website IKEA. Koleksi terbatas ini tersedia dalam 17 jenis produk, mulai dari harga Rp19.900 hingga Rp1.499.000.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/12/153403320/tips-menata-ruang-agar-tampak-lebih-luas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke