Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sikat Gigi Manual Vs Sikat Gigi Elektrik, Mana yang Lebih Baik?

KOMPAS.com - Bagi banyak orang menyikat gigi secara manual adalah cara terbaik untuk membersihkan gigi. Padahal, belum tentu lho. Apalagi, jika kita tak menerapkan teknik menyikat gigi dengan benar.

Bahkan, menurut dokter gigi Sam Koo, seorang ahli bedah gigi di Klinik Elias Mall Q&M Dental Group, Singapura, sikat gigi elektrik kemungkinan lebih efektif membersihkan gigi.

“Sikat gigi elektrik mengurangi tingkat teknik yang diperlukan untuk menyikat gigi secara efisien, karena kamu hanya perlu tahu di mana harus meletakkannya dan untuk berapa lama,” katanya.

"Studi klinis telah menunjukkan, bahwa dibandingkan dengan sikat gigi manual, sikat gigi elektrik bekerja lebih baik dalam menghilangkan plak dan dengan demikian menurunkan risiko penyakit gusi."

Tidak hanya itu, sikat gigi elektrik juga dapat mencegah kita menyikat gigi terlalu keras.

Hal itu mungkin kedengarannya bukan masalah besar, tetapi menurut Dr Koo, menyikat gigi dengan keras bukan hanya merusak gigi, sehingga dapat menyebabkan gigi berlubang dan bahkan sakit gigi, tetapi juga resesi pada gusi, yang selanjutnya dapat menyebabkan gigi sensitif.

Meski demikian, bukan berarti kamu tidak perlu berhati-hati saat menyikat gigi dengan sikat gigi elektrik.

“Sikat gigi elektrik memang dapat mencegah kita menyikat terlalu keras, karena bergerak secara otomatis. Namun, itu juga sangat tergantung pada seberapa keras kamu menekan kepala sikat gigi ke gigimu. "

Ia menambahkan, bahwa sikat gigi elektrik juga memungkinkan kita untuk menyikat gigi dalam waktu yang cukup, karena umumnya sikat gigi elektrik dilengkapi dengan fungsi pengatur waktu.

Dan meskipun harga sikat gigi elektrik sangat mahal jika dibandingkan sikat gigi manual, ini bisa dianggap sebagai investasi.

“Selain biaya yang lebih tinggi dan kebutuhan pengisian daya sesekali, menurut saya tidak ada kerugian nyata untuk menggunakan sikat gigi elektrik,” katanya.

Jika kamu tertarik untuk membeli sikat gigi elektrik, Dr Koo menyarankan untuk memilih kepala sikat yang kecil dengan bulu halus yang padat, karena memungkinkan manuver yang lebih mudah di bagian belakang mulut.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/14/214909520/sikat-gigi-manual-vs-sikat-gigi-elektrik-mana-yang-lebih-baik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke