Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan dengan Bahan Dapur

KOMPAS.com - Banyak orang mendambakan tubuh yang lebih langsing dan sehat, namun tidak ingin menggunakan obat-obatan.

Jika kamu termasuk di antaranya, ada cara tradisional yang bisa membantu menurunkan berat badan yaitu dengan berbagai macam rempah-rempah.

Namun supaya tidak mengonsumsinya secara asal-asalan, ada baiknya kita pahami dulu penjelasan ilmiah mengenai rempah-rempah yang bisa digunakan sebagai cara tradisional menurunkan berat badan.

Apa sajakah rempah-rempahan yang bisa membantu meraih berat badan ideal?

1. Fenugreek

Sebuah penelitian berskala kecil membuktikan bahwa mengonsumsi ekstrak biji fenugreek dapat menurunkan asupan lemak hingga 17%, dibandingkan dengan obat plasebo. Hal ini menyebabkan turunnya porsi kalori yang kita konsumsi.

2. Cabe rawit

Beberapa riset menemukan, komponen capsaicin yang dikandung cabe rawit dapat meningkatkan metabolisme, sehingga jumlah kalori yang dibakar tubuh menjadi lebih banyak.

3. Jahe

Sebuah riset yang diikuti oleh 14 partisipan telah membuktikan bahwa suplemen yang mengandung jahe dapat menurunkan berat badan dan lemak di perut secara signifikan.

4. Oregano

Dengan ukurannya yang kecil, oregano ternyata mengandung komponen carvacrol yang dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Dalam sebuah riset pada hewan uji, tikus yang mengonsumsi makanan berlemak tinggi dengan kandungan carvacrol mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh secara signifikan.

Sayangnya, penemuan ini masih didasari oleh penelitian pada hewan uji. Riset pada manusia masih diperlukan untuk membuktikannya sebagai cara tradisional menurunkan berat badan yang efektif.

5. Ginseng

Sebuah penelitian berskala kecil membuktikan, mengonsumsi ginseng asal Korea sebanyak 2 kali dalam sehari, selama 8 minggu, mampu menurunkan berat badan para partisipan.

Namun penelitian berskala besar masih diperlukan untuk membuktikan kemampuan ginseng dalam menurunkan berat badan.

6. Kunyit

Sebagian besar manfaat kunyit untuk kesehatan datang dari senyawa curcumin yang dikandungnya.

Sebuah riset yang melibatkan 44 partisipan dengan obesitas membuktikan, mengonsumsi curcumin sebanyak 2 kali dalam sehari, selama sebulan, bisa membantu membakar lemak dan menurunkan lemak di perut sebanyak 5%.

Perlu diingat juga, riset tersebut menggunakan kadar kurkumin yang jauh lebih banyak dibandingkan jumlah kurkumin yang dikandung kunyit.

7. Kayu manis

Tidak hanya itu, sebuah riset juga membuktikan kalau kayu manis juga dipercaya menstabilkan kadar gula darah, untuk mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.

Berbagai kehebatan kayu manis inilah yang membuatnya dapat dicoba sebagai cara tradisional menurunkan berat badan.

Meskipun berbagai rempah-rempahan ini dapat dicoba sebagai cara tradisional menurunkan berat badan, bukan berarti efeknya akan langsung dirasakan.

Ditambah lagi, berbagai penelitian yang mendukung kehebatan rempah-rempah tersebut masih perlu diperkuat untuk membuktikan efektivitasnya.

Kunci utama dalam meraih berat badan ideal tak lepas dari pola hidup sehat, seperti makan buah dan sayur, istirahat secara teratur, hingga rajin olahraga.

Jangan anggap berbagai cara tradisional menurunkan berat badan di atas dapat “menyulap” badan kamu menjadi langsing dalam satu malam!

Kebiasaan yang bisa bantu turunkan berat badan

Tidak hanya olahraga secara teratur. Masih banyak kebiasaan lain yang bisa bantu turunkan berat badan, seperti:

Tidak melewatkan sarapan

Jangan pikir dengan tidak sarapan, berat badan akan turun dengan cepat. Nyatanya, dengan mengonsumsi makanan sehat di pagi hari, rasa lapar tidak akan menyerang di siang harinya. Hal ini bisa membuat kita makan lebih sedikit, dibandingkan jika tidak sarapan.

Menambah asupan buah dan sayur

Buah dan sayur tidak mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Selain itu, buah dan sayuran mengandung serat yang banyak! Ketiga aspek ini dapat membantu kita meraih berat badan ideal dengan cepat.

Aktif bergerak

Aktif bergerak tidak melulu mengharuskan kamu berolahraga berat. Beranjak dari bangku kantor, dan berjalan kaki untuk mencari makan siang juga termasuk dalam kategori aktif bergerak.

Dengan aktif bergerak, tubuh akan membakar kalori lebih banyak, sehingga berat badan ideal dapat diraih.

Mengonsumsi air ecara teratur

Terkadang, kita menganggap rasa haus sebagai rasa lapar. Jangan sampai salah, terkadang rasa haus yang kamu rasakan, bisa “berkamuflase” mernjadi rasa lapar. Maka dari itu, jangan sampai tertipu dan minumlah air secara teratur agar tetap terhidrasi.

Selalu melihat informasi pada label pada makanan

Mulai saat ini, biasakan untuk melihat label pada makanan sebelum menyantapnya. Dengan begitu, kita bisa tahu jumlah kalori atau lemak yang didapatkan dari makanan tersebut. Ditambah lagi, kita jadi tahu makanan yang sehat dan tidak, dengan meneliti informasi tersebut terlebih dahulu.

Selain mencoba berbagai cara tradisional menurunkan berat badan dengan rempah-rempah di atas, jadikanlah pola hidup sehat sebagai kebiasaan. Dengan begitu, perjuangan menuju berat badan ideal tidak akan sia-sia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/15/133756320/cara-tradisional-menurunkan-berat-badan-dengan-bahan-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke