Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Empat Nenek Modis Jadikan Jalan Raya di China sebagai “Catwalk”

KOMPAS.com – Empat orang mantan model amatir yang sudah berstatus sebagai nenek berkumpul memakai pakaian terbaik mereka, melepaskan masker, dan berjalan bak model di jalan raya yang sibuk di Beijing, China.

Tujuan mereka turun ke jalan lagi adalah untuk memberi pesan bagaimana kehidupan yang normal setelah pandemi Covid-19 berlalu.

Para nenek tersebut dikenal sebagai Glamma Beijing, sebuah grup model paruh baya. Mereka berteman sejak pelatihan modeling 20 tahun lalu. Mereka pernah menjadi sensasi internet setelah video mereka viral di China tahun lalu.

Video berdurasi 15 detik itu menunjukkan mereka mengenakan gaun tradisional China, Qipau, menyasak rambut, serta memakai anting statement berukuran besar. Menurut media setempat, video itu ditonton lebih dari 50 juta kali dalam sehari.

Sejak saat itu, anggota Glamma Beijing, yaitu Lin Wei, Wang Xinghuo, Sun Yang, dan Wang Nianwen yang semuanya berusia di atas 60 tahun, sering berdandan glamor untuk tampil di video berdurasi pendek Douyin (video TikTok versi China) untuk mendulang “likes”.

“Hidupmu suram kalau selalu khawatir menua dan mati,” kata Lin Wei (64) menjelaskan filosofinya tentang menjadi tua dan antusiasnya untuk berpakaian penuh gaya dan berdandan.

“Kamu akan tua, berkeriput, tak punya banyak energi, atau badan jadi gemuk. Namun, itu sesuatu yang tidak bisa dilawan, jadi kamu butuh menghadapinya dengan positif,” ujarnya.

Selama pandemi Covid-19, ketika keempat anggota grup ini harus banyak di dalam rumah, mereka mulai menciptakan video tentang gaya hidup. Kini, mereka mempunyai lebih dari satu juta follower di Douyin.

Setelah pandemi bisa dikendalikan, keempatnya turun ke jalan, berdandan menarik, dan menjadikan jalan raya sebagai catwalk-nya.

“Kecantikan ada di setiap usia. Kamu bisa jadi muda dan modis, atau feminin. Kamu juga bisa tampil elegan seperti para nenek ini,” tulis Liu Jing yang memotret aksi Glamma Beijing dan mengunggahnya di media sosial.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/17/123600620/empat-nenek-modis-jadikan-jalan-raya-di-china-sebagai-catwalk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke