Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uniknya Cara Gamers Peringati Kemerdekaan RI

BANDUNG, KOMPAS.com – Ada beragam cara masyarakat dalam memeringati HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Beberapa di antaranya sangat unik, seperti yang dilakukan warga Bandung, Surya Anugerah.

Ia bersama teman-teman gamersnya mengadakan upacara bendera dalam permainan online Final Fantasy XIV.

“Kemungkinan diikuti puluhan orang. Karena masih ada yang bekerja, upacaranya digelar nanti malam jam 20 WIB,” ujar Surya kepada Kompas.com di Bandung, Senin (17/8/2020).

Surya menjelaskan, setiap tahun, upacara bendera ini rutin dilakukan. Namun ia sendiri baru bisa berpartisipasi pada peringatan HUT RI tahun ini.

Jadi, bagi Surya, upacara bendera di dalam games adalah pengalaman pertamanya bagi dia. Nantinya lokasi games di-setting seperti untuk upacara bendera.

Ada lokasi yang di-setting menjadi lapangan, tiang dan bendera merah putih, pemimpin dan petugas upacara, serta kelengkapan lainnya. Semua dalam permainan di settingan games Final Fantasy XIV.

“Upacara ini diikuti oleh orang-orang yang biasa main games Final Fantasy XIV. Bagi yang tertarik nanti tinggal daftar aja ke komunitasnya,” ungkap dia.

Surya mengatakan, permainan ini memiliki komunitas yang solid. Lewat permainan ini, dirinya mendapat teman hingga link baru.

Untuk bergabung memainkan Final Fantasy XIV, seseorang harus membayar Rp 400.000 per 60 hari. Sebab games ini termasuk yang berbayar.

“Ada game time card dari AS dan Eropa. Kalau untuk yang Eropa Rp 400.000 per 60 hari,” tuturnya.

Secara tidak langsung, game ini menciptakan komunitas-komunitas yang dipimpin oleh satu orang. Mereka berkomunikasi saat permainan berlangsung membentuk strategi mengalahkan musuh.

Di luar permainan, mereka pun masih berkomunikasi dalam grup chat. Kelompoknya sendiri terdiri dari 140 orang. Namun yang aktif main sekitar 30-40 orang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/18/083928420/uniknya-cara-gamers-peringati-kemerdekaan-ri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke