Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Urutan Memakai Skincare agar Kesehatan Kulit Terjaga

KOMPAS.com - Memakai skincare adalah salah satu rutinitas perawatan wajah yang tidak boleh terlewat. Akan tetapi, urutan pakai skincare ternyata ada aturannya, lho!

Demi kulit wajah yang sehat dan awet muda, langkah-langkah memakai skincare harus benar-benar kamu perhatikan agar tidak sampai salah urutan.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas produk yang digunakan sehingga hasilnya terjamin memuaskan.

Produk perawatan kulit atau skincare adalah serangkaian produk perawatan yang mendukung kesehatan kulit.

Skincare sendiri ada berbagai jenisnya, mulai dari pembersih wajah, pelembap, hingga tabir surya.

Lalu, manakah yang harus dipakai lebih dahulu, pelembap atau sunscreen? Essence atau serum wajah lebih dahulu? Toner atau serum duluan?

Selain itu, langkah pakai skincare pada pagi hari juga ternyata beda lho dengan urutan di malam hari. Yuk, cari tahu di sini!

Urutan pakai skincare yang tepat pada pagi hari

Ada sedikit perbedaan langkah pemakaian skincare pada pagi dan malam hari. Pada pagi hari, perawatan akan berfokus pada produk skincare untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV matahari dan polusi udara. 

1. Membersihkan wajah

Langkah pertama dari urutan skincare pada pagi hari adalah cuci muka pakai sabun pembersih khusus (facial wash atau facial foam).

Cuci muka setelah bangun pagi bertujuan untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk semalaman saat tidur.

Jika wajah sudah bersih, produk-produk selanjutnya yang akan digunakan menjadi lebih mudah menempel dan meresap ke dalam kulit wajah.

2. Toner wajah

Urutan skincare berikutnya adalah pakai toner. Penggunaan toner dapat membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak berlebih yang mungkin masih bandel menempel setelah kita membersihkan wajah.

Bagi si kulit berjerawat, memakai toner dengan kandungan tertentu juga dapat membantu meredakan peradangan, mengempiskan jerawat, serta mencegah kemunculan jerawat baru di kemudian hari.

Toner juga membantu mengembalikan pH kulit yang hilang saat tahapan mencuci muka. Selain itu, toner dapat membantu mempersiapkan kulit sebelum menggunakan produk skincare lainnya, seperti serum dan pelembap.

3. Essence

Bagi yang keranjingan skincare, tentu sudah tidak asing lagi dengan produk essence. Ya, banyak perempuan yang mewajibkan essence sebagai salah satu rejime produk perawatan wajah hariannya.

Essence adalah cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif tinggi yang bertujuan untuk melembapkan kulit dan membantu produk skincare selanjutnya agar dapat meresap lebih baik ke dalam kulit.

Essence juga dapat membantu menenangkan dan menutrisi kulit, serta mencegah penuaan. Hal ini berkat kandungan asam hialuronat, gliserin, dan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Kamu dapat menggunakan essence sesudah memakai toner atau sebelum menggunakan serum wajah. Caranya, cukup tuang beberapa tetes essence ke telapak tangan, lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan.

4. Serum wajah

Selanjutnya kamu bisa menggunakan serum wajah. Serum wajah adalah cairan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi sehingga dianggap lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembap atau krim wajah.

Cara penggunaannya, tuangkan sedikit serum wajah, lebih kurang seukuran kacang polong, ke telapak tangan. Lalu, oleskan serum tersebut ke seluruh permukaan wajah hingga leher secara merata.

Tepuk-tepuk area wajah dan leher secara perlahan agar serum wajah dapat menyerap ke dalam kulit dengan sempurna.

Untuk hasil yang maksimal, profesor dari departemen dermatologi Harvard Medical School, Dr Maryam M Asgari, menekankan bahwa serum harus dioles di atas kulit yang sudah bersih. Setelah terserap benar, barulah dilanjutkan dengan menggunakan pelembap atau moisturizer.

5. Pelembap atau moisturizer

Mengoleskan pelembap atau moisturizer adalah tahapan pemakaian skincare berikutnya. Moisturizer bertujuan untuk melembapkan kulit wajah serta menghaluskannya.

Bagi pemilik kulit wajah kering, pilihlah pelembap dengan tekstur krim. Tekstur krim yang lebih tebal bisa dipilih oleh pemilik kulit wajah normal dan kulit wajah kombinasi.

Sementara itu, pelembap bertekstur cair atau gel cocok digunakan oleh tipe kulit wajah berminyak.

Cara menggunakannya, ambil pelembap dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran kacang polong ke telapak tangan. Oleskan pelembap pada area pipi terlebih dahulu, lalu oleskan ke atas menuju dahi dengan gerakan memijat.

Lewati penggunaan pelembap apabila toner atau serum wajah sudah cukup melembapkan kulit, terutama bagi yang memiliki kulit wajah berminyak.

Gunakanlah produk pelembap yang sesuai dengan jenis kulit serta target masalah yang kamu alami.

6. Tabir surya atau sunscreen

Menggunakan tabir surya atau sunscreen adalah urutan pemakaian skincare terakhir yang wajib kita gunakan setiap harinya, terutama saat pagi hari.

Produk perawatan kulit yang satu ini dapat membantu melindungi wajah dari penuaan akibat paparan sinar matahari. Kita disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30.

Oleskan sunscreen ke seluruh permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan memutar searah jarum jam secara perlahan. Pastikan untuk mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah.

Setelah rangkaian pemakaian skincare di pagi hari selesai, kamu bisa langsung menggunakan produk make up atau riasan wajah yang diinginkan.

Meski tidak terlalu jauh berbeda dengan pemakaian skincare di pagi hari, tetap ada beberapa produk skincare tambahan yang perlu digunakan di malam hari. Berikut adalah tahapan penggunaannya.

1. Make up remover

Tahapan pemakaian skincare di malam hari yang paling penting adalah menggunakan make up remover. Ya, selalu bersihkan produk make up atau kosmetik yang kamu gunakan selama seharian beraktivitas saat malam hari.

Hal tersebut bertujuan untuk mempertahankan kesehatan kulit dan mencegah dampak negatif dari produk make up yang tersisa.

Kamu dapat menggunakan make up remover berbahan dasar minyak guna menghapus make up yang mengandung minyak.

Akan tetapi, bagi pemilik kulit wajah berminyak sebaiknya gunakan make up remover berbahan dasar air agar wajah tidak semakin berminyak.

2. Produk pembersih wajah

Membersihkan wajah di malam hari setelah seharian berkegiatan di luar penting untuk memastikan tidak ada lagi sisa make up, minyak, dan kotoran yang tertinggal di wajah.

Kamu bisa menggunakan micellar water setelah menghapus make up dengan remover khusus. Kemudian, lanjut cuci muka dengan sabun pembersih yang sesuai dengan tipe kulit wajah . Bilas bersih menggunakan air mengalir.

3. Scrub wajah atau eksfoliasi

Tahapan pemakaian skincare di malam hari selanjutnya adalah melakukan eksfoliasi atau scrub yang bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

Perlu diketahui bahwa melakukan eksfoliasi wajah tidak boleh dilakukan setiap malam. Cukup hanya 1-2 kali dalam seminggu.

4. Toner

Toner bisa digunakan setelah mencuci muka dengan sabun pembersih. Pilihlah toner wajah yang mengandung asam laktat, asam hialuronat, dan gliserin guna memberikan efek melembapkan pada kulit sepanjang malam.

5. Serum wajah dan essence

Sama seperti step cara pakai skincare di pagi hari. Setelah menggunakan toner, kamu bisa memakai essence dan kemudian serum wajah.

Baik serum wajah dan essence sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yakni melembapkan dan menghaluskan kulit wajah.

Sesudah essence meresap dengan sempurna ke dalam kulit, barulah menggunakan serum wajah.

6. Krim mata atau eye cream

Krim mata atau eye cream adalah salah satu produk perawatan kulit paling penting dalam pemakaian skincare di malam hari. Terutama bagi Anda yang memiliki masalah mata panda, kantung mata, serta kerutan di area mata.

Pilihlah eye cream yang mengandung konsentrat tinggi, seperti antioksidan dan peptida. Gunakan dengan cara mengoleskannya ke area bawah mata secara perlahan.

7. Krim malam (night cream) dan sleeping mask

Krim malam berfungsi sebagai pengganti pelembap yang biasa kita gunakan di pagi hari. Krim malam biasanya memiliki kandungan serta fungsi yang lebih khusus, baik itu melembapkan kulit, menyamarkan kerutan, atau memudarkan noda.

Sementara itu, sleeping mask adalah produk perawatan kulit di malam hari yang bersifat opsional, tetapi juga tetap memberikan efek positif bagi kulit wajah.

Langkah memakai dua produk skincare ini dapat membantu melembapkan kulit wajah selama tidur semalaman. Oleskan krim malam secukupnya pada permukaan wajah hingga leher seraya memijat wajah dengan perlahan.

Setelah krim malam meresap benar, oleskan sleeping mask. Sleeping mask tidak udah dibilas seperti pemakaian masker wajah pada umumnya. Biarkan meresap semalaman.

8. Face oil

Bagi pemilik kulit kering, sempurnakan tahapan pemakaian skincare di malam hari dengan menggunakan face oil.

Penggunaan face oil disarankan saat malam hari karena untuk menghindari kulit terlihat terlalu berminyak dan lengket.

Tuang beberapa tetes face oil ke telapak tangan, lalu tepuk-tepuk ke seluruh permukaan wajah. Untuk hasil yang maksimal, jangan lagi menggunakan produk perawatan wajah lainnya setelah memakai face oil.

Bagi yang memiliki kulit wajah berminyak dan cenderung mudah berjerawat, sebaiknya hindari menggunakan face oil. Pasalnya, kulit wajah yang semakin berminyak rentan menimbulkan jerawat.

Tahapan-tahapan di atas merupakan urutan pemakaian skincare yang tepat setiap hari. Jadi, apakah urutan cara pakai skincare kamu selama ini sudah tepat atau belum?

Hal penting yang perlu diketahui dalam memakai skincare baik pada pagi dan malam hari adalah gunakan produk dengan tekstur yang paling ringan ke yang paling berat.

Misalnya, pakai produk dengan bahan dasar air terlebih dahulu baru menggunakan produk berbahan dasar minyak.

Namun, perlu diketahui juga bahwa tidak semua orang pasti cocok dengan step pemakaian skincare di atas.

Jika kamu ragu, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan rekomendasi produk perawatan kulit sesuai kondisi kulit beserta urutan pemakaian skincare yang tepat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/19/123458720/urutan-memakai-skincare-agar-kesehatan-kulit-terjaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke