Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pandemi Bikin Desain Furnitur Lebih Fungsional dan "Pintar"

KOMPAS.com – Seperti mode, produk furnitur juga memiliki tren yang dipengaruhi oleh gaya hidup. Masa pandemi yang membawa perubahan besar dalam kehidupan banyak orang ikut berpengaruh pada desain furnitur di masa depan.

Pengaruh paling besar adalah saat ini orang menggunakan rumahnya sebagai “kantor” dan juga “sekolah”. Karenanya mebel yang ada di rumah harus bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Pendiri Himpunan Desainer Mebel Indonesia, Bambang Kartono mengatakan, desain yang fungsional dan bisa mendukung smart living akan dicari orang di masa pandemi ini.

“Orang saat ini lebih banyak tinggal di rumah dan lebih hemat. Dari sisi desain furniture akan lebih banyak green design,” katanya dalam acara konferensi pers yang diadakan Abbasource secara virtual (18/8/2020).

Desain yang dianggap baik tidak hanya berhenti pada fungsi suatu produk mebel, tetapi juga menciptakan nilai yang melebihi fungsinya. Nilai itu bisa jadi terkait dengan selera dan gaya hidup.

Chief Community Officer Abbasource, Indra Febriansyah, menambahkan, tren tahun ini para desainer akan membuat furnitur lebih fungsional dan tidak terlalu banyak elemen dekorasi.

“Misalnya tidak banyak lekukan-lekukan yang sifatnya dekoratif. Sementara untuk warna lebih banyak pilihan warna pastel dan juga hijau,” paparnya dalam acara yang sama.

Sementara itu untuk penggunaan material tidak terlalu banyak material baru yang dipakai.

“Padahal biasanya ada material baru yang diperkenalkan. Tahun ini kebanyakan memakai material yang sudah biasa tetapi desainnya inovatif,” ujarnya.

Beberapa studio desain besar juga telah mengeluarkan desain-desain furnitur untuk normal baru. Misalnya saja Artemide yang membuat furniture yang dilengkapi lampu ultraviolet untuk membunuh kuman dan bakteri di permukaan mebel.

Sementara itu JaK Studio memperkenalkan desain sofa multifungsi untuk penduduk di perkotaan dengan lahan tempat tinggal terbatas. Sofa berbentuk L tersebut dengan mudah berganti menjadi ruang kerja. Sofa itu juga bisa dilipat dan dibuka menjadi sofa bed.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/19/212109620/pandemi-bikin-desain-furnitur-lebih-fungsional-dan-pintar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke