Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Tak Terduga yang Dapat Memperpanjang Usia Wanita

KOMPAS.com - Jika Anda ingin hidup dalam waktu panjang, menjadi seorang wanita sudah merupakan sebuah keberuntungan.

Pasalnya, di seluruh dunia, wanita hidup lebih lama daripada pria. Menurut WHO, secara global, wanita memiliki harapan hidup sekitar 74 tahun.

Selain makan makanan seimbang dan berolahraga, ada sejumlah cara tak terduga lainnya yang dapat meningkatkan harapan hidup.

Jika Anda memiliki keinginan untuk hidup hingga 100 tahun, peneliti telah menemukan berbagai hal berikut dapat membantu wanita lebih panjang umur:

1. Memiliki anak

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health, wanita yang memiliki anak sebelum usia 60 tahun diperkirakan hidup lebih lama daripada wanita yang tidak menjadi orangtua pada usia 60 tahun,

Peneliti Swedia menganalisis data registri nasional lebih dari 1,5 juta orang yang lahir pada awal 1900-an.

Subjek dilacak seiring bertambahnya usia, dan para peneliti menemukan wanita berusia 60 tahun dengan anak memiliki 24,6 tahun harapan hidup yang tersisa, sementara wanita berusia 60 tahun tanpa anak memiliki 23,1 tahun harapan hidup tersisa.

2. Belanja sepuasnya

Kabar baik untuk para wanita, terapi ritel terbukti dapat membantu Anda hidup lebih lama, demikian menurut sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health.

Analisis terhadap lansia Taiwan menyimpulkan, bahwa mereka yang berbelanja setiap hari memiliki risiko kematian 27 persen lebih rendah daripada wanita yang paling jarang berbelanja.

Para penulis mencatat manfaat ini mungkin tidak ada hubungannya dengan aspek keuangan, melainkan manfaat lain yang terkait dengan pengalaman seperti menghindari kesepian dan meningkatkan aktivitas fisik melalui rutinitas berjalan keliling mal.

3. Minum kopi

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine menemukan, wanita yang secara teratur minum kopi berkafein dapat terhindar dari kematian dini.

Wanita yang minum setidaknya dua cangkir kopi berkafein per hari memiliki kemungkinan 25 persen lebih kecil untuk meninggal karena penyakit jantung, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

Namun, penulis penelitian mencatat lebih banyak penelitian perlu dilakukan untuk lebih memahami hubungan minum secangkir kopi dan penurunan angka kematian.

4. Hubungan tanpa cincin

Penelitian menunjukkan, bahwa pria yang bahagia dengan pernikahannya menikmati umur yang lebih panjang daripada pria lajang, tetapi bagi wanita manfaat ini tidak terlalu signifikan.

Hubungan jangka panjang, tanpa cincin, mungkin cukup untuk memberikan manfaat kesehatan dan membuat orang bahagia, demikian menurut The Daily Telegraph.

5. Pertimbangkan usia pria sebelum menikah

Penelitian sebelumnya menunjukkan, bahwa pria dengan istri yang lebih muda memiliki kemungkinan hidup lebih lama.

Namun, ini tidak berlaku untuk wanita dengan suami yang lebih muda, menurut sebuah penelitian.

Sebuah studi dari Max Planck Institute for Demographic Research di Jerman menyimpulkan, semakin jauh perbedaan usia dari sang suami, semakin rendah harapan hidup panjang bagi wanita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/21/161209220/5-cara-tak-terduga-yang-dapat-memperpanjang-usia-wanita

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.