Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Pengobatan Alami untuk Menghilangkan Ketombe di Kulit Kepala

KOMPAS.com - Kulit kepala yang kering, gatal dan terasa bersisik adalah kondisi di mana kita memiliki ketombe. Meski tidak berbahaya atau menular, kondisi ini bisa membuat kita tidak nyaman.

Menggaruk rambut terus-menerus karena rasa gatal, akan membuat ketombe jatuh ke baju yang kita pakai. Hal itu bisa memengaruhi penampilan kita, apalagi jika kita sedang berkencan.

Pada dasarnya, sampo anti ketombe bisa memecahkan masalah pada kulit kepala, namun kita bisa menggunakan cara lain untuk menghilangkan ketombe.

Penyebab utama ketombe

Biasanya ketombe terdapat di bagian belakang kepala, sepanjang garis rambut depan, dan di sekitar telinga, kata Joshua Zeichner, MD, Direktur Cosmetic and Clinical Research di Department of Dermatology di The Mount Sinai Hospital.

Zeichner mengatakan, ketombe adalah hasil reaksi tubuh terhadap sejenis jamur yang hidup secara alami di kulit kita, termasuk kulit kepala.

Saat jamur tumbuh terlalu banyak, hal itu menyebabkan reaksi kekebalan inflamasi yang memicu pengelupasan kulit.

Saat cuaca panas dan lembap, keringat dan minyak menumpuk di kulit kepala dan menjadi tempat yang ideal bagi jamur untuk tumbuh, kata Zeichner.

Jumlah jamur yang banyak, menandakan lebih banyak peradangan dan kulit kepala yang mengelupas.

Pengobatan alami yang tersedia untuk ketombe biasanya bekerja dengan berfokus pada pengurangan jamur berlebih, yang dapat menghilangkan ketombe.

Berikut lima cara pengobatan alami yang bisa kamu coba:

1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh atau tea tree oil digunakan sebagai obat untuk berbagai kondisi jamur dan bakteri karena memiliki sifat antimikroba, yang bisa membunuh dan menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, kata Zeichner.

Sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Dermatology menguji sampo non-tea tree oil dan sampo dengan kadar tea tree oil lima persen pada 126 peserta.

Dari studi tersebut, ditemukan mereka yang menggunakan sampo tea tree oil mengalami perbaikan dalam tingkat keparahan ketombe 41 persen dibandingkan mereka yang menggunakan sampo non-tea tree oil.

Zeichner menganjurkan agar kita tidak menggunakan minyak pohon teh dalam bentuk murni, karena dapat menyebabkan iritasi.

Dia merekomendasikan untuk menambahkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam sampo yang biasa kita gunakan saat keramas, dan kemudian cuci rambut seperti biasa.


2. Cuka sari apel

Selain diminum untuk memberi manfaat kesehatan, cuka sari apel juga dapat menghilangkan ketombe dengan dua cara, kata Zeichner.

Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur, yang membunuh jamur penyebab ketombe. Selain itu, cuka sari apel mengecilkan pori-pori dan menghilangkan minyak berlebih.

Hampir sama seperti minyak pohon teh, cuka sari apel tidak boleh digunakan secara langsung.

Zeichner menyarankan agar kita mengencerkan cuka sari apel dengan air dan mengoleskannya ke kulit kepala, membiarkannya sekitar lima menit sebelum membilasnya.

Kita dapat menggunakan campuran air dengan cuka sari apel, atau kurangi cuka sari apel jika kulit kepala kita sangat sensitif.

3. Baking soda

Baking soda mengatasi ketombe dengan dua cara. Bahan pengembang ini terbukti memiliki sifat antijamur ringan, dan juga dapat mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit terluar.

Artinya, baking soda bermanfaat bagi orang yang memiliki penumpukan sel kulit mati di kulit kepala, kata Kaveri Karhade, MD, dokter kulit bersertifikat di San Francisco Bay, AS.

Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan penumpukan dan menciptakan lingkungan lebih sehat di kulit kepala.

Karhade menyarankan untuk mencampurkan sekitar satu sendok makan baking soda ke dalam sampo biasa, atau campurkan dengan air.

Pijat dan gosok kulit kepala dengan campuran baking soda dengan sampo atau air, lalu bilas hingga bersih.

Karhade tidak merekomendasikan pemakaian baking soda sesering mungkin, karena baking soda memiliki pH tinggi dan dapat merusak rambut kita.


4. Minyak kelapa

Menurut Karhade, minyak kelapa juga memiliki sifat antijamur, sehingga dapat mengurangi jumlah jamur penyebab ketombe di kulit kepala.

Belum ada penelitian yang mendukung minyak kelapa untuk mengatasi ketombe, tetapi minyak kelapa terbukti memiliki khasiat antijamur.

Di samping itu, minyak kelapa dapat meredakan peradangan di kulit kepala, karena bersifat anti-inflamasi.

Karhade mengatakan, minyak kelapa dapat menembus batang rambut karena molekulnya sangat kecil dan menyehatkan rambut, sehingga kita bisa menangani masalah kulit kepala dan merawat rambut di saat bersamaan.

Ambil dua sendok makan minyak kelapa dan pijatkan ke kulit kepala dengan ujung jari, kata Karhade.

Dia merekomendasikan untuk membiarkan minyak kelapa di kulit kepala selama satu hingga dua jam agar minyak benar-benar meresap. Kemudian, kita bisa keramas dengan sampo biasa.

5. Lidah buaya

Menurut Karhade, gel pada lidah buaya memiliki sifat sebagai pelembap, sehingga dapat membantu mengatasi rasa gatal yang menyertai kulit kering di kulit kepala.

Selain itu, penelitian menunjukkan lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat mengurangi jamur di kulit kepala dan mencegah timbulnya ketombe.

Ambil gel lidah buaya dan oleskan ke area kulit kepala yang bermasalah. Biarkan sekitar 30 menit sebelum dibilas.

Kita bisa menggunakan gel lidah buaya murni dari tanaman lidah buaya segar atau gel lidah buaya kemasan.

Jika lima langkah pengobatan di atas tidak berhasil, kita masih bisa menggunakan sampo yang khusus untuk menghentikan ketombe.

Namun, apabila pengobatan dan sampo tidak menghilangkan ketombe, segera temui dokter kulit bersertifikat untuk membuat rencana perawatan.

Pengobatan ketombe secara rumahan belum tentu efektif bagi semua orang. Dan perlu lebih banyak penelitian untuk menentukan seberapa efektif pengobatan ketombe yang kita lakukan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/23/183501620/5-pengobatan-alami-untuk-menghilangkan-ketombe-di-kulit-kepala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke