Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Mengusir Kebosanan dengan Menata Rumah ala IKEA

KOMPAS.com - Tidak ada manusia yang bebas dari kebosanan, namun rasa bosan di masa pandemi Covid-19 mungkin berbeda dari yang pernah kita alami sebelumnya.

Mengubah tampilan rumah dan menyesuaikan perabotan bisa menjadi salah satu solusi mengusir kebosanan dan stres setelah menjalani rutinitas harian di rumah selama berbulan-bulan.

"Masa adaptasi kebiasaan baru tentunya membawa banyak perubahan di seluruh aspek kehidupan kita. Salah satu faktor penting untuk menunjang produktivitas saat melakukan aktivitas bekerja atau sekolah dari rumah adalah tersedianya ruang yang nyaman."

"Untuk itu, IKEA ingin mendorong lebih banyak orang untuk berani berubah dengan mulai menata ulang ruangan dalam rumah agar berkegiatan di rumah saja tetap menyenangkan dan produktif," demikian diungkapkan oleh Public Relations Manager IKEA Indonesia Ririn Basuki.

Lalu, harus mulai dari mana? Simak tips menciptakan suasana baru di rumah ala IKEA berikut ini.

1. Ruang keluarga

Ruangan ini kerap dijadikan tempat melepas penat setelah seharian bekerja atau sekolah dari rumah. Oleh karena itu, penting untuk menata ulang kembali ruangan ini agar lebih nyaman bagi seluruh keluarga.

Salah satu tips yang dapat dilakukan adalah menempatkan perabot multifungsi. Selain karena fungsinya, kehadiran perabot multifungsi juga dapat mempercantik interior sebuah ruangan.

Misalnya, sofa bed yang dilengkapi dengan beberapa bantal dan selimut kecil untuk menemani waktu bersantai seperti menonton film.

Untuk menciptakan suasana hati yang tenang, pilihlah warna-warna hangat seperti krem, beige, atau putih.

2. Sulap ruang tamu jadi ruang kerja

Caranya, cukup dengan menambahkan beberapa perabot, seperti meja lipat untuk meletakkan laptop atau barang lainnya, papan memo untuk menempelkan pengingat, kotak penyimpanan (storage box) untuk menyimpan dokumen dan berbagai kabel charger, hingga menambahkan pencahayaan yang nyaman dengan standing lamp.

Terakhir, jangan lupa mengatur posisi meja kerja agar lebih menarik jika akan digunakan untuk meeting secara online.

3. Dapur

Cobalah mengatur ulang dapur untuk memberikan suasana baru. Misalnya, dengan menggunakan alat makan bernuansa putih yang tampak lebih bersih. Cara ini juga bisa membuat kita lebih fokus pada makanan.

Mengatur pencahayaan menjadi lebih redup juga dapat menciptakan suasana yang nyaman dan hangat di sekitar meja, terutama ketika berbagi makan malam keluarga.

Anda bisa mencoba menggunakan lampu gantung yang ditutup dengan lentera kertas sehingga mengeluarkan cahaya yang lebih lembut dan menenangkan.

Meja berbentuk persegi panjang dengan posisi kursi berhadapan juga bisa menciptakan suasana yang lebih hangat karena anggota keluarga akan saling berhadapan.

4. Teras

Trik yang bisa dilakukan adalah mencari suasana kerja baru, tak harus keluar rumah, tapi Anda bisa memanfaatkan area teras.

Untuk memperbaiki suasana hati, kita bisa menata beberapa tumbuhan hijau di dalam pot rotan dan meletakannya di teras, sehingga suasana menjadi lebih segar.

Tumbuhan hijau diketahui dapat memancing lebih banyak inspirasi dan ide kreatif. Selain menaruh tumbuhan hijau, kita juga bisa menambahkan aromaterapi yang dapat meningkatkan semangat kita, seperti scented candle atau diffuser juga bisa membuat area tersebut menjadi lebih nyaman.

5. Kamar tidur

Mulai lah dengan mengganti sprei dengan bahan dan warna lembut, seperti warna-warna pastel.

Jika Anda suka tidur dengan lampu menyala, jangan lupa untuk memilih lampu dengan cahaya yang redup agar suasana lebih hangat dan membuat tidur menjadi lebih lelap.

Meletakkan meja kecil di sisi samping tempat tidur juga penting untuk meletakkan ponsel atau perangkat elektronik lainnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/26/141651520/5-tips-mengusir-kebosanan-dengan-menata-rumah-ala-ikea

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke