Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain demi Kesehatan, Cukup Tidur Bantu Mempertajam Ingatan

KOMPAS.com - Tidur bukan hanya sebagai penghilang kantuk, tapi juga sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh memperbaiki dirinya sendiri, dan berbagai manfaat lainnya.

Menurut penelitian baru dari University of California – San Diego, tidur kemungkinan juga penting bagi kemampuan diri kita untuk belajar, seiring bertambahnya usia.

Tidur bisa memengaruhi ingatan

Para peneliti melakukan studi dengan mensimulasikan dan memeriksa keadaan otak yang berbeda (pikiran saat bangun versus saat tidur), secara khusus melihat bagaimana ingatan baru dikodekan selama tidur — dan bagaimana ingatan lama dipertahankan.

Berdasarkan pengamatan mereka terhadap jaringan saraf selama keadaan otak yang berbeda, tampaknya tidur memainkan peran penting dalam menyimpan ingatan baru dan menyelamatkan ingatan lama dengan mengulanginya.

"Kenangan, bahkan kenangan lama, belum final. Selama kita tidur, otak terus memperbaruinya," jelas profesor dan penulis utama studi Maksim Bazhenov, Ph.D.

"Kami memperkirakan bahwa selama siklus tidur, baik ingatan lama dan ingatan baru secara spontan diputar ulang, yang mana ini mencegah lupa dan meningkatkan kinerja ingatan."

Cukup tidur membantu mempermudah proses belajar

Penemuan ini, menurut Bazhenov, bisa menjelaskan bagaimana otak mampu menyimpan banyak memori.

Anggap saja seperti merekam melalui VHS tetapi ditutup dengan dua film dalam satu kaset; saat kita tidur, neuron tertentu akan mengulang dan menyandikan banyak memori, lama dan baru.

"Kami belajar banyak hal baru setiap hari, dan kenangan itu bersaing dengan kenangan lama," katanya.

"Untuk mengakomodasi semua ingatan, kita membutuhkan tidur, karena tidur memungkinkan berbagai ingatan untuk hidup berdampingan di otak."


Seiring bertambahnya usia, kemampuan kita untuk mencoba hal-hal baru dan menyandikan ingatan baru sangat penting untuk kesejahteraan dan kualitas hidup kita secara keseluruhan.

"Tidur mungkin penting untuk memungkinkan apa yang kita sebut kecerdasan manusia," catat Bazhenov.

"Kemampuan untuk belajar terus-menerus dari pengalaman, untuk menciptakan pengetahuan baru, dan beradaptasi saat dunia berubah di sekitar kita."

Dan selain menyoroti pentingnya cukup tidur, para peneliti mengatakan, mereka berharap temuan mereka ini mendorong lebih banyak penelitian dan pengembangan ke dalam teknologi tidur yang dapat meningkatkan memori dan pembelajaran, terutama seiring bertambahnya usia.

Jadi, jika Anda masih bertanya-tanya mengapa kita wajib cukup tidur dan mendapatkan tidur yang nyenyak, biarkan kenangan dan ingatan menjadi motivasi untuk Anda.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/26/225832520/selain-demi-kesehatan-cukup-tidur-bantu-mempertajam-ingatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke