Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanda Kita Perlu Sendiri dan Mengambil Jeda

KOMPAS.com – Bekerja dari kantor atau dari rumah, ternyata banyak orang merasakan kesibukannya tetap tinggi. Bahkan, bagi mereka yang sudah berkeluarga, selalu ada yang harus dikerjakan dan ditangani.

Kondisi tersebut tentu melelahkan. Walau kita merasa harus memenuhi kebutuhan anak dan pasangan, sangat penting untuk memperhatikan diri sendiri atau self love.

Studi psikologi menunjukkan, cinta diri adalah kunci menuju kesehatan mental dan kepuasan hidup yang lebih besar.

Salah satu cara untuk memperhatikan diri sendiri adalah mengenali sinyal yang diberikan tubuh agar kita bisa jeda untuk merawat diri dan memunculkan versi terbaik Anda setelahnya.

Berikut adalah lima sinyal yang diberikan tubuh dan pikiran:

1. Tak ada yang menarik lagi
Salah satu indikasi awal kita merasa kelelahan dan butuh “me time” adalah ketika kita tak lagi menikmati banyak hal. Kita akan mulai mengeluh merasa bosan atau tertarik lagi pada sesuatu yang biasanya kita tunggu-tunggu.

2. Nafsu makan meningkat
Sebagian besar orang adalah pemakan emosional alias akan “lari” ke makanan saat merasa sedih, bosan, atau cemas. Karenanya, sadari hal ini. Ketika kita belakangan ini selalu ingin makan, mungkin sebenarnya kita sedang ada masalah emosional.

Dengan menyadari apakah kita memang lapar atau sekadar mencari pelarian, kita dapat menentukan solusinya. Kita pun bisa terhindar dari kegemukan.

3. Merasa kewalahan
Ketika pikiran kita sedang tenang, mungkin melakukan beberapa pekerjaan sekaligus bukan hal besar. Namun, ketika hal-hal kecil sudah membuat kita merasa kewalahan dan mudah marah, mungkin yang kita butuhkan adalah istirahat. Cobalah bersantai dan tidak melakukan apa-apa sampai suasana hati menjadi lebih baik.

4. Gampang marah
Sedikit-sedikit marah dan tersinggung adalah tanda lain dari kelelahan fisik dan emosi. Ini berarti kita sudah mencapai batas maksimal dan butuh untuk mundur sejenak. Kita bisa bersantai, berolahraga ringan, atau bermeditasi untuk menjernihkan pikiran. Membuat rencana perjalanan impian juga bisa meningkatkan hormone endorphin.

5. Ingin menyendiri
Mendadak saja kita malas ngobrol dengan orang lain dan diam-diam ke toilet untuk melihat ponsel. Sebenarnya ini merupakan sinyal tubuh kita butuh waktu untuk hening dan sendiri.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/27/074501020/5-tanda-kita-perlu-sendiri-dan-mengambil-jeda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke