Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakaian Anak Berbahan Plastik Daur Ulang dari H&M

KOMPAS.com - H&M Indonesia meluncurkan koleksi pakaian anak yang terbuat dari botol plastik bekas yang didaur ulang.

Botol plastik itu dikumpulkan dari masyarakat melalui kampanye daring bertajuk "Cleaning-Up for the Future" bersama Danone-AQUA ke seluruh dunia sebagai kelanjutan dari inisiatif bottle2fashion yang telah diinisiasi sejak tahun 2017.

Inisiatif tersebut digagas untuk memperkenalkan proses produksi yang sirkular dengan memanfaatkan botol plastik bekas sebagai bahan baku yang lebih berkelanjutan dan memanfaatkannya kembali menjadi produk fesyen untuk dikenakan sehari-hari.

"Inisiasi itu diwujudkan 2017 dengan beberapa produk kecil, seperti kaos kaki dan sarung tangan, dalam arti recycle materialnya kecil. Pada 2020 ini kami mau scale up ke koleksi yang lebih besar dan sudah tersedia di toko-toko H&M."

Demikian diungkapkan oleh Regional Sustainability Manager H&M Group Production Office H&M Indonesia, Anya Sapphira, pada virtual press conference, Rabu (26/8/2020).

Dari botol menjadi pakaian


Koleksi pakaian anak yang diluncurkan terdiri dari basic wear berupa hoodie, dan bawahan berupa celana training, untuk anak usia 1,5 hingga 10 tahun. Tersedia beberapa warna pilihan yang bisa dipilih sesuai selera.

Tak menutup kemungkinan, ke depannya H&M akan memperluas penggunaan bahan yang lebih berkelanjutan untuk kategori produk pakaian lainnya.

"Untuk kids wear ini 100 persen recycle, karena (ukurannya) lebih kecil jadi lebih banyak yang bisa diproduksi. Tapi tidak menutup kemungkinan ke depannya bisa ke departemen lain," ungkap Communications and Sustainability Manager for H&M Indonesia, Karina Soegarda.

Pembuatan

Proses pembuatan pakaian berbahan botol plastik daur ulang ini berawal dari pengumpulan botol yang dibawa ke Recycling Business Unit (RBU) dampingan Danone-AQUA di Tangerang Selatan untuk dipilah, dicacah dan dibersihkan.

Cacahan plastik kemudian dikirim ke fasilitas produksi H&M Indonesia untuk diproses menjadi serat polyester dan diubah menjadi berbagai produk fesyen.

Kolaborasi ini diharapkan bisa menginspirasi para pelaku industri fesyen lainnya, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), untuk sama-sama menggunakan bahan-bahan yang lebih berkelanjutan untuk koleksinya.

Salah satu caranya adalah bermitra dengan pabrik yang memproduksi kain-kain daur ulang.

"Kalau kolektif melakukannya bersama, skalanya bisa lebih besar dan teknologi yang diadopsi bisa lebih advance," ucap Anya.

Adapun koleksi pakaian anak dari kampanye "Cleaning-Up for the Future" ini dibanderol dengan harga Rp 199.999 - 299.999.

Koleksi tersebut akan dipasarkan di situs dan gerai penjualan H&M yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di Eropa, Amerika Serikat, Asia, Afrika, dan negara-negara di Oseania.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/27/131227220/pakaian-anak-berbahan-plastik-daur-ulang-dari-hm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke