Salin Artikel

Dampak Covid-19 Bagi Jantung Kita

KOMPAS.com - Penderita Covid-19 yang telah pulih dan bisa beraktivitas kembali, kemungkinan akan mengalami beberapa perubahan pada tubuh mereka.

Selain paru-paru, organ jantung juga terkena dampak akibat virus yang menginfeksi lebih dari 24 juta orang di seluruh dunia itu.

Hal itu ditemukan lewat studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Jerman dan diterbitkan ke dalam JAMA Cardiology.

Peneliti memeriksa kondisi jantung 100 pasien yang baru pulih dari virus corona.

Dari 100 orang yang diteliti, 78 orang menunjukkan tanda komplikasi jantung, dan 60 orang mengalami peradangan miokard otot jantung.

Miokarditis bisa menyebabkan nyeri dada, kelelahan, serangan jantung, serta menjadikan aktivitas fisik sebagai bahaya yang dapat mengancam tubuh kita.

Akibatnya, mereka yang pernah terinfeksi Covid-19 akan mengalami komplikasi selama bertahun-tahun.

Penulis studi mengingatkan, diagnosis dini dengan magnetic resonance imaging (MRI) sangat penting untuk mengobati atau menghentikan kerusakan inflamasi secara terus-menerus.

Studi ini merupakan studi pertama yang melibatkan pasien virus corona dan melakukan uji coba kepada para pasien untuk mengetahui kerusakan jantung.

Penderita Covid-19 yang mengalami komplikasi jantung

Dalam riset ini, kondisi pasien Covid-19 yang diteliti bervariasi, mulai dari penyakit yang sudah ada sebelumnya, serta tingkat keparahan penyakit.

Sebanyak 53 pasien merupakan laki-laki, dan usia rata-rata mereka 49 tahun. 67 pasien melakukan perawatan di rumah, dan sisanya dirawat di rumah sakit.

Pada 67 pasien yang dirawat di rumah, 18 orang tidak menunjukkan gejala dan 49 lainnya memiliki gejala ringan atau sedang.

Para peneliti menggunakan metode pemeriksaan MRI untuk mencari tanda penyakit jantung dan peradangan miokard. Mereka menemukan, kedua kondisi itu terjadi di semua kelompok pasien yang diteliti.

Kendati Covid-19 merupakan penyakit pernapasan, peradangan yang ditimbulkan pada tubuh bisa merusak jantung.

Studi ini dipimpin oleh Eike Nagel, MD, dan Valentina O. Puntmann, MD, PhD, dari University Hospital Frankfurt, Jerman.

Studi diterbitkan pada 27 Juli dan segera dimasukkan ke dalam literatur akademis lainnya.

Sebelumnya beberapa peneliti mengkritik studi ini karena penanganan data yang keliru dan angka yang tidak konsisten. Namun hal itu sudah dikoreksi dan kesimpulan dalam studi dinilai valid.

Ada beberapa kondisi di mana Covid-19 dapat menyerang jantung, menurut penasehat di Harvard Medical School.

Penyumbatan pembuluh jantung, infeksi, demam, dan peradangan yang disebabkan oleh Covid-19 bisa mengganggu kestabilan plak lemak di dalam pembuluh jantung.

Di samping itu, Covid-19 bisa mempercepat gangguan kondisi jantung yang sudah ada.

Covid-19 juga meningkatkan kebutuhan metabolisme beberapa organ, kapasitas kerja paru-paru berkurang, sehingga jantung kekurangan oksigen.

Terkadang, Covid-19 langsung menyerang jantung, sehingga memicu peradangan secara tiba-tiba.

Komplikasi jantung bisa membatasi aktivitas kita

Peradangan pada jantung dapat membuat kemampuan seseorang untuk beraktivitas menjadi terbatas.

The National Heart, Blood and Lung Institute dan Myocarditis Foundation merekomendasikan agar penderita radang miokard otot jantung untuk membatasi olahraga berat hingga mendapat izin dari dokter.

American College of Cardiology merekomendasikan atlet dengan miokarditis membatasi latihan mereka selama 3-6 bulan di bawah bimbingan dokter sampai peradangan berkurang.

Studi ini menunjukkan, komplikasi Covid-19 tetap ada pada seseorang yang pernah terinfeksi kendati orang tersebut telah lama pulih.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/28/165402220/dampak-covid-19-bagi-jantung-kita

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.