Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tidur Lebih Nyenyak dengan Aroma Lavender

KOMPAS.com - Daerah Provence di Perancis dikenal karena keindahannya, salah satunya adalah berkat hamparan ladang lavender yang banyak dijumpai di sana.

Bunga berwarna ungu kebiruan ini memang sangat cantik sehingga membuat banyak orang tertarik melihatnya. Selain itu, bunga ini juga dianggap mampu mengusir nyamuk karena aromanya yang khas.

Tapi tunggu dulu, manfaat bunga lavender ternyata tidak hanya itu saja. Masih ada banyak kegunaan lainnya yang baik bagi kesehatan kita.

Lavender adalah tanaman bunga yang termasuk ke dalam famili Lamiaceae. Bunga ini diyakini telah ada sejak 2.500 tahun yang lalu, dan berasal dari Mediterania, Timur Tengah, serta India.

Selain sebagai pengharum, sejak zaman dulu lavender juga banyak dijadikan ramuan herbal untuk berbagai penyakit. Beberapa manfaat bunga lavender untuk kesehatan, antara lain:

1. Aromaterapi

Bunga lavender paling sering digunakan sebagai aromaterapi karena wanginya yang khas. Aroma dari bunga ini diyakini dapat membantu meningkatkan suasana hati dan ketenangan.

Bunga lavender juga dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan rasa sakit yang ringan.

Sebuah studi dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa penggunaan lavender secara topikal dapat mengurangi keparahan kram menstruasi.

2. Membantu menyembuhkan luka

Bunga lavender dapat membantu menyembuhkan luka dan mengurangi rasa sakit karena ekstraknya mengandung linalyl asetat dan linalool, yang merupakan komponen penting antiperadangan.

Adanya antioksidan dalam lavender juga dapat berkontribusi dalam menyembuhkan luka, meski kita sebaiknya tidak meneteskan minyak lavender langsung pada luka terbuka.

Selain itu, bunga ini juga mengandung polisakarida yang bisa membantu menyembuhkan penyakit radang.

Ketika PMS, banyak wanita merasakan berbagai gejala, salah satunya adalah emosi yang berubah-ubah.

Sebuah studi yang melibatkan 17 wanita berusia 20 tahunan dengan gejala PMS ringan hingga sedang menunjukkan bahwa menghirup aroma terapi lavender dapat mengurangi gejala emosional yang terjadi saat pramenstruasi.

4. Melawan infeksi jamur

Sebuah studi dalam Journal of Medicine Microbiology menemukan bahwa minyak bunga lavender efektif dalam memerangi infeksi jamur.

Minyak tersebut memiliki efek antijamur dan bekerja dengan cara menghancurkan membran sel jamur.

Para peneliti juga menunjukkan jika minyak lavender dapat mematikan berbagai jenis jamur yang bisa menyebabkan penyakit kulit dan kuku.

Selain itu, ketika dioleskan pada kulit, minyak lavender juga menunjukan hasil positif dalam membantu mengatasi eksim, jerawat, sengatan matahari, dan ruam popok.

5. Mengatasi rambut rontok

Bunga lavender dapat membantu mengatasi kerontokan rambut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lavender dapat meningkatkan pertumbuhan rambut hingga 44 persen setelah 7 bulan perawatan.

Sementara, penelitian lain menemukan bahwa mengoleskan minyak lavender pada punggung tikus dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut selama 4 minggu. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan temuan ini.

6. Memperbaiki kualitas tidur

Insomnia menjadi masalah tidur yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Sebuah studi di British Association of Critical Nurse pada tahun 2017 menunjukkan bahwa minyak lavender dapat menjadi obat yang efektif dalam meningkatkan kualitas tidur bagi orang yang kesulitan tidur.

Bahkan dahulu pada abad ke-14 Raja Charles VI selalu meminta agar bantalnya diisi dengan bunga lavender agar ia bisa tidur lebih nyenyak.

Brand perawatan asal Inggris itu, baru-baru ini mengeluarkan produk bernama French Lavender Pillow Mist yang bisa membantumu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Tidak perlu mengisi bantal dengan bunga lavender seperti Raja Charles, produk baru ini dikemas dalam botol sehingga kita tinggal menyemprotkannya pada bantal yang akan dipakai untuk tidur.

French Lavender Pillow Mist dari The Body Shop bisa didapatkan seharga Rp 249.000 untuk kemasan 100 ml.

Mungkin produk ini bisa membuatmu tidur lebih nyenyak, sesuatu yang sangat kita perlukan untuk menjaga kesehatan, terutama di saat ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/05/144720820/tidur-lebih-nyenyak-dengan-aroma-lavender

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke