Salin Artikel

Tips Aman Berkunjung ke Klinik Kecantikan di Tengah Pandemi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai membuat sebagian orang masih was-was untuk kembali beraktivitas normal, termasuk dalam hal melakukan perawatan kesehatan.

Banyak dari kita yang mungkin menunda kunjungan ke rumah sakit atau klinik karena kondisi pandemi.

Termasuk kunjungan ke klinik kecantikan. Apakah situasinya cukup aman untuk berkunjung ke klinik perawatan kulit?

"Tentu saat ini, baik klinik maupun pasien, sangat memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku," demikian diungkapkan oleh Founder Klinik Dermaplus, dr. Monika Hadimuljono, Sp.KK, Rabu (9/9/2020).

Monika menjabarkan protokol kesehatan yang diberlakukan di Klinik Dermaplus, antara lain:

1. Pasien membuat janji terlebih dahulu sebelum datang ke klinik. Menurut Monika, hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan pasien di klinik.

"Diusahakan pasien satu dan lainnya tidak bertemu," kata dia.

2. Pasien akan dianjurkan mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Kemudian, pasien melakukan pengukuran suhu ketika datang ke klinik serta mengisi formulir apakah pernah melakukan perjalanan atau merasakan gejala seperti demam, pilek, batuk, hingga sakit tenggorokan.

Apabila pasien merasakan salah satu atau lebih dari gejala tersebut, maka akan disarankan untuk pulang dan menjadwalkan ulang kunjungan ke klinik.

3. Klinik akan bertanya apakah pasien sudah melakukan rapid test atau swab test. Jika belum, maka akan dianjurkan mengambil tes terlebih dahulu untuk keamanan bersama.

4. Tim dokter dan staf di klinik menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dan memastikan menjaga jarak dengan pasien, sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Termasuk di ruang tunggu pasien.

5. Semua ruangan akan disterilisasi dengan ultraviolet dan disemprot cairan disinfektan secara berkala. Seprai dan peralatan yang digunakan juga diganti untuk setiap pasien.

Monika memastikan kliniknya menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Jika kamu berencana mengunjungi klinik kecantikan dalam waktu dekat, pastikan klinik yang akan kamu kunjungi juga memberlakukan protokol serupa.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/10/093945620/tips-aman-berkunjung-ke-klinik-kecantikan-di-tengah-pandemi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.